Tahun Baru Karier Baru, Coba Sederet Profesi Menjanjikan yang Bisa Dipelajari Otodidak Ini

Selasa, 02 Januari 2024 | 10:20
Shutterstock

profesi pekerjaan

Nextren.com– Momen tahun baru sering dimanfaatkan sebagaiawalan untuk memulai sesuatu yang baru. Tidak terkecuali,meniti karierbaru.

Resolusi mendapat pekerjaan baru ternyata banyak dimiliki oleh pekerja di Indonesia. Hal itu tercatat dalam riset berjudul “Global Leadership Study” (2016) yang digagas oleh Dale Carnegie.

Riset yang melibatkan 14 negara, termasuk Indonesia, tersebut menunjukkanbahwalebih dari 20 persen tenaga kerja di Indonesia berencana pindah tempat kerja pada tahun baru. Bahkan, 13 persen mengaku sedang mencari pekerjaan baru.

Fenomena tersebut, salah satunyadilatarbelakangi oleh keinginan untuk mencari pengalaman dan tantangan baru di bidangprofesiatau perusahaan lain.

Baca Juga: Kebiasaan Buruk Ini Ditinggalkan Bill Gates dan Elon Musk Sebelum Meraih Sukses

Tidak ada salahnya untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba untuk terjun ke karier baru. Terlebih, di era digital seperti sekarang, ada banyak pilihan profesi menjanjikan yang bisa jadi pilihan.

Sekalipun karier tersebut belum pernah ditekuni sebelumnya, Anda bisa mempelajarinya secara otodidak dengan bantuan teknologi digital. Apa saja? Simak rekomendasi berikut.

1. Konten kreator

Saat ini, profesi sebagai konten kreator bukan lagi hal baru. Bahkan, sudah banyak orang yang berhasil membuktikan bahwa profesi ini cukup menjanjikan.

Sebut saja konten kreatoryangberhasil menggaet jutaan penonton lewat konten video di YouTube, seperti David Brendi (GadgetIn), Agung Hapsah, dan Atta Halilintar.

Baca Juga: Cara Buat Kesimpulan Otomatis Video YouTube, Tanpa Transkrip Manual Loh!

Dilansir dari lamanLifePal,rata-ratabayaranclick per mile(CPM) YouTube yang diperoleh kreator Indonesia adalah Rp 7.000 per 1.000views. Artinya, jika konten Anda ditonton sebanyak satu juta kali, Anda akan mendapat Rp 7.000.000.

Memulai karier sebagai konten kreator sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Anda yang tidak memiliki pengalaman di bidang ini dapat mempelajari cara-caranya melalui internet.

Hal penting yang perlu dilakukan sebelum menjadi seorang konten kreator adalah menyiapkan konsep konten. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam menentukan target audiens dan media sosial yang cocok digunakan.

Selain itu, untuk membuat konten lebih apik dan menarik, Anda juga wajib memiliki perangkat yang mumpuni, sepertikamera,stabilizer, danring light.

2. Desain grafis

Shutterstock

Ilustrasi desain grafis.

Anda yang memiliki kemampuan di bidang desain dapat menjadikan profesi desainer grafis sebagai pilihan. Bahkan, saat ini desainer grafis menjadi salah satu pekerjaan lepas (freelance job) paling populer di dunia.

Anda yang belum memiliki kemampuan mahir di ranah desain tidak perlu khawatir. Saat ini, banyak tersebar tutorial menggu nakanaplikasi desain daneditingdengan mudah, mulai dari Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, hingga Corel Video Studio.

Untuk itu, Anda membutuhkanlaptopmumpuni yang dapat menjalankan beragamaplikasi-aplikasi tersebutdengan lancar. Bila perlu, lengkapi kebutuhan penyimpanan denganhard diskyang mampu menampungdata dalam jumlah besar.

3. Gamer

Seiring dengan perkembangan era digitalisasi,bermaingametidak hanya menjadi sekadar hobi diwaktu luang, tetapi juga bisa menjadi pekerjaan utama dengan sumber penghasilan yang tidak main-main.

Baca Juga: Seberapa Besar Potensi Karir di Dunia Esports? Ternyata Bukan Cuma Pemain Game Loh!

Untuk diketahui, seoranggamerdapat menghasilkan uang melalui berbagai cara, mulai dari konten streaming, konten video,endorsement,sponsorship, hingga turnamene-sports.

Salah satugameryang terbukti mencetak keberhasilan lewat kontengamingadalah Jess No Limit. Menurut data dari platform analisisSocial Bladeper 9 Desember 2021, Jess No Limit mampu menghasilkan sekitar Rp 215 juta per bulan.

Penghasilan tersebut merupakan akumulasi dari jumlah penonton dan iklan di akun YouTube-nya. Jumlah tersebut bisa bertambah apabila disertai jumlah penghasilan dariendorsement,sponsorship, dan turnamen.

Untuk memulai karier sebagaigamer, Anda harus memilikiskill gamingyang kuat, terutama padagameberjenisrole-playing game(RPG).Skilltersebut mencakup mempelajari polagame, menyusun strategi, dan membuat pertahanan.

Baca Juga: Hindari Lag Main Game Mobile Lewat Fitur Khusus di Oppo Reno6

Selain itu, Anda juga membutuhkan perangkat pendukung lainnya, sepertismartphoneataulaptop gamingyang mumpuni, perangkatheadset, dankursigaming.

Memulai karier baru di tahun baru memang tidak mudah. Akan ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi. Oleh sebab itu, dalam meniti karier baru, diperlukan persiapan matang dan strategi untuk menghadapi tantangan tersebut.

Baca Juga: Lonjakan Trafik Natal dan Tahun Baru 2024 di XL Axiata Bisa 2-3x Lipat

Editor : optimization

Baca Lainnya