Review Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro, Cocok Buat Ruang Tamu & Simple

Sabtu, 11 Desember 2021 | 19:00
Bagus

Xiaomi Air Purifier 4 Pro

Laporan wartawan nextren, Ida Bagus Rai Artha Kusuma

nextren.com - Bagi yang tinggal di kota besar, memiliki rumah yang asri, sejuk, dan bersih dari segala kuman dan bakteri adalah keinginan banyak orang.

Faktor kebersihan di rumah pun tiba-tiba menjadi tren yang populer dan didukung oleh sejumlah alat yang mendukungseperti Smart Air Purifier.

Salah satunya adalah Xiaomi Smart Air Purifier Pro 4 yang memiliki kemampuan cukup tinggi untuk membersihkan ruangan yang cukup luasseperti ruang tamu dansimple untuk digunakan.

Baca Juga: Xiaomi Hadirkan TWS Baru Redmi Buds 3 dan Buds 3 Lite, Apa Bedanya?

Baca Juga: Review Xiaomi 11T Pro, HP Flagship Fitur Premium Harga Rp 6 Jutaan

Unboxing

Kotak pembelian Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro memang cukup besar karena menyesuaikan dengan ukuran unitnya.

Bagus

Isi kotak kemasan Xiaomi Air Purifier 4 Pro

Dalam kotak tersebut pengguna akan mendapatkan satu unit Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro, kabel power, filter yang masih tersegel, dan tentu saja buku manual.

Untuk selanjutnya nextren akan membahas cara instalasi dari Xiaomi Smart Air Purifier 4 Prod dan pengalaman mengoperasikannya yang tergolong sangat mudah.

Cara Instalasi

Sebelum memasangkan kabel power, pengguna perlu mengeluarkan filter Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro terlebih dahulu untuk dikeluarkan dari segel dan dimasukkan ke tempat semula.

Untuk memudahkan pengguna,tutup tempat filter menggunakan magnet yang mudah untuk dilepas pasang namun tetap kuat.

bagus

Tempat mencolokkan kabel power di Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro

Baca Juga: Pengalaman Beli SIM Card Amerika T-Mobile, Pasang di Xiaomi 11T Pro

Lalu kabel power bisa langsung dicolokkan di bagian bawah belakang air purifier dan disambungkan ke sumber listrik.

Setelah itu pengguna bisa langsung mengaktifkan air purifier dengan menekan tombol power sentuh di layar berbentuk lingkaran di bagian depan.

Bagus

Lokasi tombol power di Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro

Selain tombol power, di sebelahnya terdapat tombol berganti mode kecepatan fan, mulai dari sleep, automatis, 3 mode putaran juga tersedia ataupun mode manual.

Selain dioperasikan via tombol di layar, Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro juga bisa dikendalikan melalui aplikasi Mi Home.

Desain

Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro memiliki bentuk yang sederhana dan simple, meskipun memiliki ukuran yang cukup besar yaitu sekitar 27 x 27 x 67 cm.

Namun ukuran yang besar memang sesuai dengan kemampuan air purifier untuk digunakan pada ukuran ruangan yang cukup luas dalam waktu yang relatif dingkat.

Bagus

Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro

Baca Juga: Gokil! Redmi Note 10 5G Kolaborasi Bersama Muklay, Harga Masih Sama?

Baca Juga: Resmi, Xiaomi 12 Series Bakal Ditenagai Chipset Snapdragon 8 Gen 1

Menurut klaimnya, Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro bisa melakukan proses pemurnian udara dalam waktu 15 menit untuk ruangan seluas 40 meter persegi.

Sedangkan Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro sendiri memiliki efektifitas untuk diletakkan di ruangan berukuran 35 sampai 60 meter persegi.

Selain grille di bagian atas, disekitar air purifiernya juga memiliki desain berlubang-lubang yang cukup elegan untuk menghisap udara sebelum masuk ke ruang filter.

Sedangkan untuk kontrol, disediakan satu layar berbentuk lingkaran yang cukup kecil namun memiliki informasi yang cukup lengkap terkait status operasi air purifier seperti particle monitoring, suhu, kelembapan, partikel kasar, mode, wifi, dan ion negatif.

Fitur

Sesuai namanya, fitur dasar Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro adalah untuk menyaring udara kotor untuk dialirkan kembali ke ruangan dalam bentuk udara yang lebih segar untuk dihirup.

Hal ini didukung oleh filter berefisiensi tinggi dari Xiaomi yang dapat memfilter 99.97% partikel seperti debu, bau binatang, asap rokok, pollen, sampai bulu binatang.

Bagus

Filter Xiaomi Air Purifier 4 Pro

Baca Juga: MIUI 13 Akan Segera Tersedia di 7 HP Xiaomi dan Redmi, ini Daftarnya!

Filter dari Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro ini juga disebut bisa bertahan 6 sampai 12 bulan sampai saatnya harus diganti.

Proses penggantian filter ini juga cukup mudah dengan membuka tutup filter yang menggunakan magnet dan tinggal lepas pasang filter saja.

Sisa umur filter juga bisa dicek setiap kali menyalakan atau mematikan air purifier ataupun lewat aplikasi.

Bahkan Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro juga bisa mendeteksi dan memberitahu apabila filter yang digunakan tidak asli atau tidak cocok.

Semua informasi ini bisa terlihat di bagian layar depan yang juga merupakan lokasi dua tombol penting.

Jika pengguna khawatir ada anak kecil akan mengotak-atik layarnya, Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro memiliki fitur child lock yang bisa diaktifkan melalui aplikasi ataupun menekan tombol switch mode selama 7 detik.

Aplikasi yang mendukung Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro sendiri adalah Mi Home dengan proses pairing yang juga mudah.

Namun untuk proses pairing ini akan nextren buatkan di artikel terpisah termasuk beberapa troubleshooting.

Baca Juga: Inilah Bocoran Daftar HP Xiaomi yang Bisa Update MIUI 13, Ada Punyamu?

PengalamanMemakai

Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro adalah salah satu air purfier yang relatif mudah untuk digunakan terutama oleh yang baru pertama kali.

Pengalaman memakainya terkesan positif dan langsung dari membuka kotak sampai kipas berputar untuk membersihkan ruangan.

Bahkan pengoperasian Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro realtif sederhana dengan 2 tombol saja yang disediakan di depan untuk power dan berganti mode, serta satu tombol belakang untuk operasional display.

Bagus

Layar OLED di Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro

Sehingga untuk pengaturan yang sering dilakukan seperti berganti mode dan menyalakan atau mematikan bisa dilakukan melalui tombol di air purifier secara mudah.

Namun sebagai air purifier yang pintar, semua pengaturan dan fitur Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro juga bisa dilakukan memalui aplikasi Mi Home.

Selama tersambung dengan internet, pengaturan melalui Mi Home bisa juga dilakukan dari jarah jauh asal air purifier juga tersambung dengan daya.

Bagus

Tampilan aplikasi Mi Home dengan Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro

Baca Juga: Prediksi Tanggal Rilis Xiaomi 12, Diduga Meluncur Bareng Seri HP Lain

Meskipun sebagai catatan, Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Ukuran besar ini membuatnya lebih cocok untuk digunakan di dalam ruangan yang besar seperti ruang tamu, TV, atau ruang kerja.

Bagus

Xiaomi Air Purifier 4 Pro yang memiliki tinggi hampir mirip sofa

Meskipun untuk dipasang di kamar juga tidak masalah karena suara yang dihasilkan cukup minim di mode yang tepat.

Di saat tidur, suara dari kipas Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro hampir tidak terdengar saat diset di mode diam atau silent.

Saat dipasang pada mode yang paling kencang, Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro memiliki tingkat berisik yang masih tergolong wajar.

Satu lagi catatan penting, Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro juga memiliki layar yang tergolong kecil namun memiliki informasi yang sangat lengkap.

Hadirnya indikator suhu dan kelembapan menjadi nilai lebih sendiri dari produk air purifier Xiaomi bagi pengguna yang ingin mengetahui kondisi di sekitarnya.

Baca Juga: Review Xiaomi 11T Pro, HP Flagship Fitur Premium Harga Rp 6 Jutaan

Kesimpulan

Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro menjadi salah satu air purifier yang relatif mudah untuk digunakan bahkan bagi yang beru pertama kali.

Proses instalasi dan pengoperasian juga dimudahkan berkat desain yang sederhana dan hadirnya aplikasi Mi Home untuk mengoperasikan sejumlah fitur yang ada.

Bagus

Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro

Jika dipasangkan pada mode yang tepat, Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro juga cukup hening dan cocok untuk diletakkan di ruangan seperti kamar tidur yang luas ataupun ruang tamu.

Namun sebagai catatan penting kalau Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro memiliki dimensi yang cukup besardan pengguna perlupastikanpunya sebagian ruangyang cukup untuk memasangnya.

Jika berminat dengan Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro, maka hargayang harus dibayar untuk air purifier ini adalah Rp 3.499.000.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya