Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas
Nextren.com - Digitalisasi UMKM (usaha micro kecil menengah) di Indonesia tengah digencarkan guna bisa menyejahterakan ekonomi masyarakat.
Peralihan platform dari offline ke online pun tidak bisa terlepas dari keberadaan e-commerce yang beroperasi di Indonesia.
Lazada sebagai salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia pun mengaku telah merasakan pertumbuhan dan perkembangan jumlah UMKM yang berjualan di platformnya.
Baca Juga: Cara Scan PeduliLindungi Lewat Aplikasi Lazada, Gampang Banget!
Daat saat ini, Lazada mengklaim telah memiliki sekitar 15,9 juta UMKM yang tehubung dengan ekosistem digital.
Data perusahaan pun mencatat lonjakan jumlah penjual sekitar tiga kali lipat pada bulan Oktober 2021, jika dibandingkan pada saat awal pandemi di Maret 2020 silam.
Baca Juga: 5 Tips Hidup Sehat dan Nyaman Dengan Gaya Hidup Baru Ala Lazada
"Lazada berkeinginan untuk dapat berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian dengan membuka banyak kesempatan kerja di ekosistem Lazada," tutur Executive Director Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo, dalam acara konferensi pers virtual, Selasa (23/11) kemarin.
"Kami terus memperkuat ekosistem kami secara menyeluruh dan menawarkan banyak peluang untuk bergabung sebagai penjual online, mitra kurir ataufrontliner,livestreamerdi Laztalent, dan masih banyak lainnya." tambahnya.
Petinggi Lazada Indonesia itu juga menyebut kalau pihaknya telah menyediakan berbagai macam program edukasi dan pemberdayaan yang diberikan untuk para orang-orang atau UMKM yang bergabung di dalam ekosistem Lazada.
Hal itu dikarenakan, Lazada menganggap kalau UMKM adalah salah satu pahlawan ekonomi digital yang dapat meningkatkan perekonomia negara Indonesia.
Baca Juga: Tips Jualan Laris di Lazada Saat Program Belanja 11.11 Sampai 12.12
"Merekalah pahlawan yang tidak hanya berjuang untuk diri dan keluarga, tapi juga bisa memberikan manfaat kepada lingkungan dan komunitas sekitar," jelas Ferry.
Dan sejauh ini, Lazada juga menyiapkan Lazada University dan Lazada Club yang dapat dijadikan tempat penjual untuk mendapatkan ilmu berjualan di e-commerce.
Program insentif yang diberikan untuk paralivestreamer di Laztalent juga merupakan salah satu bentuk dukungan perusahaan terhadap upaya digitalisasi UMKM.
Baca Juga: Cara Ikuti Program Pendaftaran Seller Lazada, Hadiahnya 140 Juta!
Selain itu,frontliner Lazada juga diberikan berbagai macam program kesehatan seperti, vaksinasi, perlindungan asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, dan program kepemilikan kendaraan.
"Didukung teknologi canggih, Lazada akan terus meluncurkan program, fitur, mekanisme, serta kerja sama baru untuk bisa meningkatkan kapabilitas dan menjaga kesejahteraan setiap pemangku kepentingan dalam ekosistem, khususnya para #PahlawanEkonomiDigital ini secara berkelanjutan," tutup Ferry.
(*)