Cara Mudah Membuka File Docx di Laptop, HP Android dan iPhone

Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:08
Threat Post

Microsoft Word di Android

Nextren.com - Dokumen Microsoft Word dipakai untuk banyak aktifitas, termasuk pekerjaan, kuliah dan belajar, dengan ekstensi file docx.

Dokumen dengan akhiran nama file atau ekstensi ".docx" merupakan dokumen yang dibuat menggunakan aplikasi Microsoft Word 2007 ke atas dan software sejenisnya.

Biasanya, dokumen tersebut berisi beragam informasi yang dirangkai menggunakan kata-kata, grafik, maupun gambar.

Meski dibuat mengunakan Microsoft Word, file .docx sendiri sejatinya bisa dibuka dan diedit dengan aplikasi serupa lainnya, baik itu melalui komputer, laptop maupun smartphone (mobile).

Baca Juga: Cara Menghilangkan Garis Merah di Ms Word, Biar Gak Ketauan Copas!

Bagaimana cara membuka file DOCX di laptop, komputer, HP Android, dan iPhone?

Cara buka file DOCX dari komputer/laptop

Untuk membuka file .docx di komputer, pengguna bisa saja memakai aplikasi Microsoft Word.

Namun, aplikasi ini berbayar dan mungkin tidak tersedia atau terpasang di seluruh komputer.

(KOMPAS.com/BILL CLINTEN)
(KOMPAS.com/BILL CLINTEN)

Ilustrasi langkah membuka file .docx di Microsoft Word Online.

Sebagai gantinya, pengguna bisa memakai layanan Microsoft Word Online yang bisa digunakan gratis, asalkan pengguna memiliki akun Microsoft.

Pertama-tama, buka situs www.office.com dan masuk dengan akun Microsoft yang telah terdaftar, atau buat akun apabila belum punya.

Setelah masuk, klik ikon "Microsoft Word" dan klik tombol "tanda panah ke atas" untuk mengunggah dokumen atau file .docx yang dimiliki.

Apabila berhasil diunggah, maka Microsoft Word Online akan langsung membuka file tersebut dan pengguna bisa langsung mengeditnya.

Selain menggunakan Microsoft Word Online, pengguna juga bisa memakai Google Docs melalui situs web docs.google.com untuk membuka file .docx secara gratis.

Di sana, masuk dengan akun Google dan klik ikon yang menyerupai "folder".

Baca Juga: Cara Mudah Merapikan Teks di Microsoft Word, Cepat dan Gak Ribet

(KOMPAS.com/BILL CLINTEN)
(KOMPAS.com/BILL CLINTEN)

Membuka file .docx di Google Docs.

Lalu, pilih tab "Upload" dan pilih dan unggah dokumen dengan ekstensi .docx yang dimiliki.

Jika sudah selesai diunggah, Google Docs akan menampilkan isi dari dokumen tersebut dan pengguna bisa langsung mengeditnya.

Cara buka file DOCX di HP Android dan iPhone

Untuk membuka file .docx melalui smartphone, pengguna cukup mengunduh aplikasi Microsoft Word atau Google Docs di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Pada Microsoft Word, buka aplikasi tersebut dan masuk menggunakan akun Microsoft yang terdaftar.

Lalu, klik tab "Open" dan pilih dokumen .docx yang ingin dibuka, baik itu yang berlokasi di media penyimpanan smartphone maupun di internet (OneDrive/Google Drive).

Setelah file dipilih, maka Microsoft Word akan menampilkan isi dokumen tersebut dan pengguna bisa langsung menyuntingnya.

Sementara itu pada Google Docs, pengguna bisa mengunduh dan membuka aplikasi tersebut, kemudian masuk menggunakan akun Google yang telah terdaftar.

Baca Juga: Cara Mudah Parafrase Tulisan di MS Word Supaya Tak Ketahuan Copas

(KOMPAS.com/BILL CLINTEN)
(KOMPAS.com/BILL CLINTEN)

Aplikasi Microsoft Word Online dan Google Docs di smartphone.

Lalu, klik ikon yang menyerupai "folder" yang terletak di sebelah kiri tampilan avatar pengguna pada bagian atas tampilan utama, dan pilih file .docx yang ingin diunggah.

Apabila berhasil diunggah, maka isi dokumen .docx tersebut akan ditampilkan Google Docs dan pengguna bisa langsung mengeditnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuka File Docx di Laptop, HP Android, dan iPhone"Penulis : Bill Clinten

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya