MWC 2018 - ASUS Luncurkan 3 Varian Zenfone 5 yang Mirip iPhone X

Rabu, 28 Februari 2018 | 11:42
ASUS

ASUS meluncurkan Zenfone 5 yang hadir dalam 3 varian, yaitu Zenfone 5, Zenfone 5Z, dan Zenfone 5 Lite

Laporan Wartawan Nextren, Kama Adritya

Nextren.grid.id -Memasuki hari-hari terakhir di ajang Mobile World Congress (MWC 2018) di Barcelona, ASUS mengumumkan seri andalan dari hape mereka.

ASUS mengumumkan Zenfone 5 yang hadir dalam 3 macam varian, yaitu ASUS Zenfone 5, Zenfone 5Z, dan Zenfone 5 Lite.

Ketiganya memiliki desain yang mirip, namun dengan spesifikasi hape yang berbeda-beda sesuai dengan kelas dan tingkatannya.

(BACA:Hape Dual Kamera Mulai Rp 800 Ribuan Ini Layak Kamu Jajal )

ASUS Zenfone 5 = iPhone X?

Namun, yang menjadi topik utama pembicaraan saat ASUS meluncurkan seri terbarunya ini adalah desainnya yang tidak bisa dipungkiri demikian mirip dengan hape andalan dari Apple, yaitu iPhone X.

Bahkan bisa dibilang bahwa ASUS menggunakan desain yang seolah berasal dari Apple, karena ASUS Zenfone 5 memiliki ciri khas desain yang sama dengan iPhone X yang dirilis pada kuartal terakhir tahun lalu.

Termasuk salah satu kritikan terhadap sambungan layar (notch) di bagian atas layar iPhone X yang dianggap mengganggu tersebut.

Ya, ASUS Zenfone 5 juga memiliki sambungan layar tersebut yang terlihat mencolok di layar yang hampir sepenuhnya bezelless ini.

CNET
CNET

ASUS Zenfone 5 (Kiri) dan iPhone X (Kanan), ukuran Zenfone 5 sedikit lebih besar. Namun sisanya terlihat mirip

Begitu juga dengan penempatan kamera di bagian belakangnya yang posisinya sama persis dengan iPhone X, yaitu di sisi kiri atas. Di mana terdapat dua kamera yang posisinya berjejer atas bawah. Lensa yang diusung Zenfone 5 juga sedikit menonjol di bagian belakang.

Namun, yang membedakan dengan desain iPhone X adalah sensor fingerprint yang terletak di bagian tengah sisi belakang Zenfone 5, persis di lokasi logo Apple pada iPhone X.

Ukuran keseluruhan dari Zenfone 5 juga sedikit lebih besar dari iPhone X, di mana layar 6,2 inci dengan resolusi 2246 x 1080 menjadi andalan ASUS. Sedikit lebih besar dari iPhone X yang layarnya berukuran 5,8 inci.

Sedangkan Zenfone 5 Lite desainnya berbeda dengan 2 varian lainnya, di mana desainnya masih menggunakan desain lama dengan layar 6 inci namun dengan bezel yang sedikit lebih tebal dari varian lain. Hasilnya, Zenfone 5 Lite malah terlihat lebih besar dari Zenfone 5 ataupun Zenfone 5Z.

Meski desainnya mirip dengan iPhone X, Zenfone 5 tidak mengusung fitur tahan air seperti yang diusung oleh pesaingnya itu. Sehingga sangat disayangkan untuk hape highend masih harus menguatirkan cuaca.

(BACA:MWC 2018 – Prosesor Snapdragon 700 dari Qualcomm dengan Kinerja Mantap)

Spesifikasi ASUS seri Zenfone 5

ASUS
ASUS

ASUS Zenfone 5 Lite memiliki layar yang sedikit berbeda dengan varian lain

Setelah masalah kemiripannya dengan iPhone X dibahas, kini saatnya membahas kemampuan jeroan yang diusung oleh ASUS Zenfone 5.

Tiga varian Zenfone 5 ini dibedakan dari spesifikasi yang diusungnya. ASUS Zenfone 5 menggunakan SoC Snapdragon 636, sedangkan Zenfone 5Z mengusung chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 845.

Zenfone 5 Lite hadir dalam dua model chipset, yaitu Snapdragon 630 atau Snapdragon 430, tergantung dari region penjualannya.

ASUS Zenfone 5 akan hadir dalam 2 pilihan RAM, yaitu 4GB atau 6GB. Serta kapasitas storage sebesar 64GB. Zenfone 5 Lite hadir dalam 2 pilihan kapasitas storage yaitu 32GB atau 64GB, dengan ukuran RAM 4GB.

Yang menjadi spesifikasi highend adalah Zenfone 5Z yang mengusung RAM sebesar 8GB, dan kapasitas storage 256GB.

Ketiganya menggunakan baterai 3300 mAh, serta fitur fast charging untuk menjamin baterai dapat diisi ulang dengan cepat serta tahan seharian.

(BACA:MWC 2018 - Samsung Galaxy S9 & S9 Plus Ini Kelebihan dan Kekurangannya)

Kamera dengan bantuan AI

Salah satu fitur yang dibanggakan oleh ASUS adalah fitur AI yang dikatakan akan banyak membantu banyak pengoperasian di ketiga varian Zenfone 5 tersebut.

Kemampuan kamera dari ketiga varian juga sama, di mana ketiganya mengusung dua kamera belakang yang masing-masing beresolusi 12MP. Salah satunya memiliki aperture f/1.8, di mana yang lainnya mengusung aperture standar.

Serta kamera depan dengan resolusi 8MP dengan aperture f/2.0, cukup kuat untuk keperluan selfie.

CNET
CNET

ASUS Zenfone 5 beratnya hanya 155 gram, sehingga nyaman digenggam

Meski fitur kamera Zenfone 5 ini tidak memiliki fitur 'mewah' seperti fitur dua aperture di Samsung Galaxy S9, ASUS mengatakan bahwa fitur AI pada Zenfone 5 ini bisa membantu proses pengambilan gambar.

AI di sini merupakan machine learning, di mana AI akan mengingat kebiasaan kita saat memotret dan akan mengoptimalkan gambar berdasarkan dari data tersebut.

Misalnya kalau kita sering memotret dengan mode portrait dan setelan beauty tertentu, maka AI akan mengingatnya dan akan mengoptimasikan foto kita setiap kali kita masuk ke dalam frame foto.

Begitu juga dengan fitur bokeh saat memotret objek, dan AI akan mengingat preferensi efek blur yang kita pilih.

Dengan kata lain, seiring waktu maka Zenfone 5 ini akan menjadi yang paling mengerti kita saat memotret.

(BACA:Tren Keamanan Cyber di Tahun 2018 Menurut CSO dari Blackberry)

Fitur lain yang jadi andalan

AI yang dibanggakan itu tidak hanya digunakan untuk memotret saja, melainkan juga digunakan untuk operasional sehari-hari.

Salah satu fitur AI yang paling keren itu adalah AI Charging, di mana fitur ini akan sangat membantu kalau kamu suka ngecharge hape saat menjelang tidur. Karena fitur AI ini akan memerhitungkan waktu saat kamu ngecharge, dan akan akan berhenti di kapasitas baterai 80%, baru kemudian melanjutkan ke 100% saat menjelang waktu kamu bangun.

Kemudian ada juga fitur AI Boost, yang fungsinya mirip seperti fitur overclocking di PC. Di mana AI akan memerhitungkan kapan kamu akan membutuhkan tenaga ekstra saat mengakses aplikasi dan langsung meningkatkan kinerja prosesor melebihi dari batasnya.

Selain AI, ASUS juga mengedepankan kualitas speakernya yang dikatakan masih tetap optimal meski digunakan di ruang terbuka sekalipun.

Hanya saja, speakernya masih terletak pada satu sisi saja. Tidak seperti speaker stereo yang diusung Samsung Galaxy S9.

(BACA:MWC 2018 - 5 Fitur Multimedia Sony Xpera XZ2 Yang Keren Dan Mempesona)

Harga dan ketersediaan

Untuk desain yang mirip dengan iPhone X, ASUS Zenfone 5 memiliki harga hampir separuh dari produk Apple tersebut.

ASUS Zenfone 5Z yang menjadi hape highend dengan spesifikasi tertinggi akan rilis pada bulan Juni 2018, dengan harga $499 atau sekitar 7 juta rupiah.

ASUS Zenfone 5 akan dirilis pada bulan April 2018 nanti. Sayangnya harganya belum diumumkan, namun dapat dipastikan harganya akan berada di bawah Zenfone 5Z.

Sedangkan ASUS Zenfone 5 Lite akan hadir pada bulan Maret 2018 ini, harga juga belum diumumkan. Namun mengingat sebentar lagi akan rilis, kita cukup tunggu pengumuman resminya dari ASUS Indonesia. (*)

Editor : Kama

Baca Lainnya