IoT Envion Telkomsel, Solusi Berbasis AI untuk Otomasi dan Optimasi Sistem Manajemen Energi

Kamis, 12 Agustus 2021 | 21:00
Telkomsel

Tampilan Solusi Telkomsel IoT Envion

Nextren.com – Transformasi digital makin dibutuhkan saat ini, dan salah satunya lewat pemanfaatan Internet of Things (IoT) yang bisa membuat proses bisnis lebih efektif dan efisien.

Untuk membantu meningkatkan daya saing industri dan membangun ekosistem Industri 4.0 Tanah Air, Telkomsel menghadirkan solusi dan layanan digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan.

Hal itu diwujudkan lewat peluncuran layanan Internet of Things (IoT) terbaru bernama Energy Visibility Solution (Envion).

Envion adalah solusi berbasis artificial intelligence (AI) untuk otomasi dan optimasi sistem manajemen energi bagi segmen korporasi.

Telkomsel IoT Envion bisa memberikan peringatan dan memiliki fungsi sistem mitigasi, sehingga konsumsi energi tetap dapat dioptimalkan oleh perusahaan jika terjadi kerusakan di genset atau cadangan baterai.

Baca Juga: 5 Hal Baru Samsung Galaxy Z Fold3 5G, IPX8 Hingga Under Display Camera

Hari ini ditandatangani nota kesepahaman (MoU) antara Telkomsel dengan Telkominfra, dengan menggunakan solusi Telkomsel IoT Envion untuk Data Center perusahaan.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam hari ini (12/8) secara virtual mengatakan, “Pemerintah kini kian aktif mengakselerasi transformasi menuju Industri 4.0 untuk membawa Indonesia menjadi salah satu perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030."

Maka Telkomsel menghadirkan Telkomsel IoT Envion sebagai solusi digital terbaru bagi perusahaan yang tergantung pada pasokan listrik sebagai sumber energi.

Telkomsel IoT Envion dilengkapi fitur untuk memantau konsumsi energi secara otomatis.

Di tahap awal, implementasi layanan solusi Telkomsel IoT Envion akan mendukung Telkominfra mengoptimalkan teknologi digital dan akses konektivitas, lewat pemanfaatan energi yang tepat guna.

Ini akan melengkapi portfolio Telkomsel IoT dalam mendorong otomasi yang menyeluruh di sektor industri secara berkelanjutan.

Menurut Direktur Utama Telkom Infra Bastian Sembiring, sebagai Engineering Service Company, Telkominfra telah banyak melayani operasional berbagai operator di Indonesia dengan lokasi site tersebar di seluruh Indonesia, sehingga menyambut baik kehadiran bisnis Telkomsel IoT Envion ini.

Kolaborasi ini menguntungkan bagi Telkom Infra dari segi teknologi dan pemanfaatan energi tepat guna.

Baca Juga: Dugaan Tanggal Rilis HP Terbaru POCO di Indonesia, Seri Apakah Itu?

Sejauh ini Telkominfra memakai product Telkomsel IoT Envion untuk mendukung operasional project Power Solution dan Infra Network Services dengan hasil yang diklaim cukup baik. Apalagi Telkomsel IoT Envion disebut menawarkan harga yang bersaing.

Dalam pemanfaatan solusi Telkomsel IoT Envion untuk operasional Telkominfra sendiri, Telkomsel menghadirkan Battery Monitoring System (BMS) untuk mendukung kebutuhan Data Center Telkominfra yang sangat bergantung pada ketersediaan dan stabilitas energi listrik.

Sistem BMS bisa memperlihatkan kondisi cadangan baterai Data Center Telkominfra secara realtime hingga memberikan laporan secara aktual berdasarkan analisis data secara akurat.

Kehadiran BMS membuat operasional TelkomInfra tak lagi memiliki tantangan operasional yang berarti.

Hal itu berkat beragam fitur yang akan selalu memberi peringatan dan mengoptimalkan sistem cadangan baterai, jika terdapat gangguan pada sistem tenaga listrik yang mengancam Data Center.

Teknologi IoT Envion juga dapat dimanfaatkan beragam jenis sektor, mulai dari operator telekomunikasi, industrial park dan manufacture, tower provider, bank, finance, retail hingga penyedia data center yang sangat bergantung pada pasokan listrik, sehingga berpotensi besar mengalami kerugian apabila terjadi insiden pada suplai energi.

Insiden semacam genset atau cadangan baterai yang tak dapat berfungsi baik, potensi pencurian daya, hingga tagihan listrik yang terlalu membebani biaya operasional dapat terhindarkan dengan pemanfaatan solusi inovatif dari Telkomsel IoT tersebut.

Baca Juga: ShopeePay Talk Ungkap Medsos Jadi Salah Satu Kunci Sukses Bisnis!

Telkomsel
Telkomsel

Direktur Utama Telkom Infra sebagai pengguna IoT Envion Telkomsel

Kkehadiran solusi berbasis IoT ini diharapkan bisa membantu kelancaran operasional dan membuka peluang lebih luas dalam mengelola efisiensi dan efektifitas operasional segmen korporasi dan industri.

Menurut Hendri, kolaborasi bersama Telkominfra ini menjadi spirit bagi Telkomsel untuk berinovasi menghadirkan solusi business to business (B2B), khususnya layanan berbasis IoT.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya