Smartfren dan Blood4LifeID, Bantu Beri Donor Darah Dengan Mudah

Jumat, 06 Agustus 2021 | 19:35
Pixabay

Smartfren dan Blood4Life bekerjasama membuat masyarakat mudah mendapatkan donor darah.

Nextren.com -Smartfren melalui Smartfren Community berkerjasama dengan komunitas nirlaba Blood for Life Indonesia (Blood4LifeID).

Kerjasama Smartfren dengan Blood4LifeID guna meningkatkan jangkauan pencarian donor darah dan ketersediannya.

Seperti yang kalian ketahui, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sangat membutuhkan donor darah dan ketersediaan darah atau plasma darah.

Baca Juga: Rumor Samsung Galaxy Watch4 Tidak Punya Fitur Kadar Gula Darah

Melalui kerja sama ini, Smartfren Community yang hadir di lebih dari 100 kota di Indonesia akan mengajak anggotanya untuk turut menjadi pendonor.

Selain itu, Smartfren Community juga sekaligus membantu Blood4LifeID dalam mendapatkan pendonor darah atau plasma darah.

"Dengan bergerak bersama-sama seperti ini, kami yakin akan bisa menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan," ujar Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren.

Bersamaan dengan kerjasama ini, Smartfren juga memberikandukungan lain kepada relawan Blood4LifeID.

Kalian bisa melihat dukungan lainnya ke halaman selanjutnya.

Smartfren memberikan tambahan berupa kartu perdana GOKIL MAX serta paket data kepada seluruh relawan Blood4Life Indonesia, agar memudahkan berkomunikasi secaraonline.

Blood4LifeID merupakan komunitas sosial yang bertujuan mempermudah masyarakat mendonorkan darahnya, sekaligus mendapatkan donor darah.

Sejak 2009 silam, komunitas ini telah aktif mencari dan melayani pendonor, guna menjaga ketersediaan pasokan darah di Palang Merah Indonesia dan Bank Darah milik Rumah Sakit.

Saat ini Blood4LifeID dimotori oleh sekitar 50 relawan yang tersebar di seluruh Indonesia dan bergerak secara mandiri.

Baca Juga: Apple Store Kembali Berlakukan Wajib Masker, Gara-gara Varian Delta!

Dukungan internet yang diberikan kepada relawan juga didukung penuh oleh founder Blood4LifeID, Valencia M. Randa.

"Mereka (relawan) sangat bergantung dengan koneksi internet dikota mereka masing-masing, sehingga kami sangat terbantu dengan dukungan yang diberikan Smartfren," ungkap Valencia.

Blood4LifeID selama ini telah menerima banyak permintaan untuk memenuhi kebutuhan pendonor darah.

Pada Juli lalu, permintaan bantuan donor darah yang masuk ke Blood4LifeID mencapai puncaknya dan mencapai 230 permintaan dalam satu hari. Lalu bagaimana dengan saat ini?

Menurut keterangan Smartfren Community di dalam rilis yang diterima Nextren, hingga saat ini pun permintaan masih cukup tinggi, dengan rata-rata sekitar 100-an permintaan donor yang masuk.

Cara Donor dan Mencari Pendonor

Proses memperoleh donor maupun menjadi pendonor sangatlah mudah.

Bagi siapapun yang membutuhkan donor darah, dapat mendaftarkan diri melalui website www.donordarah.link lalu pilih menu "Isi Form Butuh Pendonor Darah".

Sedangkan untuk semua orang yang ingin menjadi pendonor dan mencari penerima, dapat menggunakan link website serupa, memilih menu "Cari Pasien Butuh Donor".

Baca Juga: Duh! Ahli Virus Wuhan Sebut Varian Baru Corona Akan Terus Muncul

Selanjutnya kalian dapat mencari pendonor berdasarkan Golongan Darah, Jenis Donor, dan Kota Domisili. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya