Fakta Unik Olimpiade Tokyo 2020, Peraih Medali Bisa Zoom Bareng Orang Terdekat

Senin, 02 Agustus 2021 | 10:00
Instagram/ @athlete365

Athlete Moment yang disediakan untuk para peraih medali Olimpiade Tokyo 2020.

Nextren.com - Olimpiade Tokyo 2020 tengah berlangsung dengan baik dan mempertandingkan sejumlah cabang olahraga yang diikuti oleh lebih dari 600 atlet dari penjuru dunia.

Kendati tertunda selama satu tahun akibat adanya wabah penyakit yang sampai saat ini masih berlangsung di sejumlah negara, ajang Olimpiade kali ini nampaknya tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Namun ada satu fakta unik di Olimpiade Tokyo 2020 yang mungkin belum pernah dilaksanakan sebelumnya.

Menyadari keharusan dalam menjaga kontak fisik agar meminimalisir potensi terinfeksi virus, penyelenggara Olimpiade melarang anggota keluarga hingga orang terdekat dari para atlet untuk ikut berangkat ke Tokyo.

Baca Juga: Google Doodle Rilis Game Spesial Olimpiade 2020, Gini Cara Mainnya

Guna menyelesaikan masalah tersebut, Komite Olimpiade Internasional yang dibentuk oleh para atlet dalam sebuah organisasi bernama Athlete365 membuat sebuah langkah baru bernama Athlete Moment.

Dalam inisiatif tersebut, para atlet yang berhasil meraih medali emas, perak, hingga perunggu akan diberikan waktu untuk berbicara dengan orang yang dicintai.

Ya, mereka bisa terhubung dengan kerabat dan orang terdekat melalui panggilan seperti Zoom.

"Athlete Moment akan menyatukan Anda, keluarga, dan teman dalam pelukan virtual yang akan menjangkau seluruh dunia," tulis Athlete365 dalam laman resminya, dikutip dari DigitalTrends.

Cara untuk bisa terhubungnya juga cukup mudah, di mana para atlet akan menerima tautan yang bisa dibagikan kepada 5 orang.

Baca Juga: eSport Makin Maju, Komite Olimpiade Selenggarakan Turnamen Khusus!

Dan nantinya proses pertemuan virtual akan berlangsung dan para atlet peraih medali bisa berbincang dengan orang-orang yang diinginkannya.

Namun sayangnya, momen ini hanya bisa dilakukan dalam durasi yang sangat singkat.

Bahkan disebutkan bahwa para atlet hanya bisa menghabiskan waktu bertemu virtual dengan orang yang dicintainya selama beberapa detik saja.

Baca Juga: Akun Twitter Olimpiade dan Klub Barcelona Diretas Oleh Hacker ‘OurMine’

Untuk kamu yang mengikuti ajang Olimpiade Tokyo 2020 nampaknya juga sudah tidak asing dengan Athlete Moment.

Pasalnya inisiatif ini pernah digunakan saat pertandingan renang di Tokyo Aquatics Center dan beberapa pertandingan lainnya.

Dengan adanya inisiatif ini diharapkan bahwa para atlet bisa membagikan momen bahagianya secara cepat, setelah berhasil mendapatkan medali kompetisi.

Dalam postingan Twitter di akun @Athlete365 dinyatakan, "Seluruh pengalaman erlangsung lebih dari satu menit, tetapi kenangan akan bertahan seumur hidup."

Baca Juga: Game Dinosaurus Google Chrome Ikut Meriahkan Olimpiade Tokyo 2020

Aplikasi Pemantau Olimpiade Tokyo 2020

Selain menghadirkan inisiatif baru seperti panggilan Zoom bagi para pemenang lomba.

Panitia Olimpiade Tokyo 2020 juga menawarkan akses yang memudahkan kamu untuk memantau hasil dari ajang kompetisi olahraga terbesar itu.

Terdapat aplikasi bernama Olympic yang bisa diinstall melalui smartphone Android dan iOS.

Baca Juga: Asiknya Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Dapat Hadiah Samsung Galaxy S21

Melalui aplikasi ini, para penggemar olahraga bisa melihat secara detail terkait klasemen Olimpiade Tokyo 2020 hingga capaian medali yang didapatkan oleh negara-negara peserta.

Dengan begitu kamu tidak perlu lagi susah payah untuk mencari tahu informasi melalui situs pencarian.

Meskipun Google sendiri memang telah membuat tampilan khusus bagi pengguna yang ingin mencari informasi dengan kata kunci "Olimpiade Tokyo 2020".

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya