CEO Telegram Sebut Apple & Google Bersalah Atas Kasus Spyware Pegasus!

Senin, 26 Juli 2021 | 10:34
Vox

Ilustrasi Apple dan Google

Nextren.com -Belakangan ini, kasus pengintaian dengan Spyware Pegasus kembali muncul dan dialami oleh beberapa aktivis, politisi, hingga presiden Perancis, Emmanuel Macron.

Pavel Durov sebagai CEO Telegram juga turut berkomentar atas kasus Spyware Pegasus yang dialami oleh aktivits dan politisi tersebut.

Pavel Durov mengungkapkan bahwa Apple dan Google merupakan pihak yang patut disalahkan atas penyebaran Spyware Pegasus di smartpone pengguna.

Baca Juga: Cara Mencegah Serangan Spyware Pegasus di HP Pribadi, Wajib Dicoba!

Bagi kalian yang masih awam, Spyware Pegasus merupakan perangkat pengintai bernama Pegasus yang dikembangkan oleh perusahaan cyberarm Israel, NSO Group.

Spyware Pegasus dapat diinstal pada perangkat yang menjalankan beberapa versi iOS dan Android.

Spyware ini tercatat telah meretas data pribadi aktivis, jurnalis, politisi, bahkan presiden Perancis.

Lalu, bagaimana komentar lengkap Pevel Durov terkait kasus Spyware Pegasus ini?

Simak penjelasan di halaman berikutnya.

Melansir Gizmochina, dalam sebuah diskusi tentang keamanan siber, Pavel Durov mengomentari masalah Spyware Pegasus dan menyalahkan Apple dan Google.

Dia menyebutkan bahwa Apple dan Google telah melakukan kejahatan besar dalam tingkat global.

Pavel Durov mengungkapkan Apple dan Google menciptakan prouduk preangkat lunak yang tidak aman bagi pengguna sehingga kasus ini bisa muncul dan menyebar.

Bahkan Pavel Durov menganggap masalah Spyware Pegasus sebagai permasalahan besar bagi umat manusia.

Tribunnews
Tribunnews

Pavel Durov, CEO Telegram

Baca Juga: Spyware Canggih Israel Incar Aktivis Indonesia, Bisa Curi Chat

Tak hanya menyalahkan Apple dan Google, Pavel Durov juga mengajak seluruh pemerintah di dunia untuk mulai bertindak melawan Google dan Apple di pasar smartphone.

Pavel Durov mengklaim bahwa duopoli Apple dan Google di pasar smartphone menyebabkan banyak masalah bagi pengguna dan masyarakat dunia.'

Pavel Durov menginginkan pemerintah dunia memaksa Google dan Apple untuk membuka ekosistem mereka dan menciptakan kondisi persaingan pasar yang lebih baik.

Pavel Durov juga mengingatkan kepada seuruh tokoh pemerintahan bahwa mereka mungkin saja bakal menjadi target dari Spyware Pegasus, seperti Presiden Perancis.

Meski begitu, nampaknya keinginan Pavel Durov untuk mengurangi dominasi Apple dan Google ini masih kurang mendapatkan respon positif.

Bagaimana pendapat kalian terkait pendapat CEO Telegram ini?

Bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya! (*)

Editor : Kama

Baca Lainnya