Whatsapp Uji Fitur Multi-Device, Bisa Aktif di 4 Perangkat Bersamaan!

Kamis, 15 Juli 2021 | 13:00
pixbay

WhatsApp

Nextren.com -Pengguna Whatsapp sudah lama menginginkan fitur multi-device yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi dari berbagai perangkat tanpa harus mengkoneksikan ponsel utama ke internet.

Menyadari hal tersebut, Whatsapp telah mengembangkan fitur multi-device dan saat ini tengah melakukan uji coba versi beta pada fitur tersebut.

Uji coba fitur multi-device Whatsapp ini diumumkan di website resmi facebook pada 14 Juli lalu.

Baca Juga: Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Perlu Simpan Nomor Tujuan

Hingga saat ini, ketika kita menggunakan Whatsapp Web di PC, tablet, dan laptop, kita harus menghubungkan whatsapp di ponsel utama kita.

Keterbatasan Whatsapp ini tentu saja membuat akesesibilitas aplikasi menjadi terbatas bagi pengguna.

Padahal, aplikasi seperti olah pesan lain seperti Line dan Telegram sudah bisa menjalankan fitur multi-device.

Nampaknya Whatsapp tak ingin ketinggalan dengan para saingannya dan mencegah migrasi pengguna dari platformnya ke platform lain.

Penasaran dengan fitur multi-device baru di Whatsapp? Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya.

Whatsapp
Whatsapp

Ilustrasi fitur Multi-device

Fitur multi-device memungkinkan pengguna untuk mengakses Whatsapp dari 4 perangkat secara bersamaan, seperti smartphone, laptop, PC Desktop, dan Tablet.

Menariknya,fitur multi-device ini akan tetap aktif meski nomor telepon yang terdaftar Whatsapp tidak terhubung ke internet.

Singkatnya, cara kerja fitur multi-device Whatsapp sama dengan media sosial/email yang bisa login dan bekerja di perangkat manapun.

Baca Juga: Cara Cepat Menghapus Foto dan Video di WhatsApp, Akibat Grup WA Aktif

Dalam pengumumannya, Whatsapp juga menyebutkan bahwa chat probadi pengguna masih menggunakan sistem enkripsi end-to-end.

Sistem tersebut akan menjamin keamanan data pribadi dan obrolan pribadi pengguna di Whatsapp.

"Setiap pesan dienkripsi secara individual mengunakan sesi enkripsi yang berlaku di setiap perangkat yang digunakan. Pesan pribadi Whatsapp juga tidak akan disimpan di server kami setelah pesan itu dikirim." tulis Whatsapp dalam pengumumannya.

Whatsapp
Whatsapp

Sistem Multi-Device

Demi keamanan, Whatsapp mengungkapkan bahwa pengguna wajib menggunakan smartphone mereka untuk memindai QR code di perangkat lain yang digunakan untuk mengakses Whatsapp.

Untuk saat ini, fitur multi-device baru bisa dijalankan melalui Whatsapp versi beta di Android/iOS dan Whatsapp Business versi beta.

Sayangnya, Whatsapp belum memberikan keterangan pasti tentang jadwal peluncuran fitur multi-device untuk pengguna umum.

Tetap ikuti Nextren untuk informasi berikutnya. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya