Android 12 Rilis Fitur Game Dashboard, Begini Fungsi dan Kegunaannya

Selasa, 13 Juli 2021 | 11:30
KompasTekno

Android 12 yang sudah hadir ternyata tidak memiliki menu pengaturan privasi.

Nextren.com - Google baru saja merilis sebuah fitur baru yang akan disematkannya untuk sistem operasi Android 12.

Pada acara Google fot Games Developer Summit yang merupakan acara tahunan perusahaan dibeberkan kalau fitur Game Dashboard akan menjadi salah satu kemampuan yang bisa dijalankan di seri HP dengan OS anyarnya tersebut.

Dari namanya saja dapat diprediksi bahwa Game Dashboard dihadirkan untuk menyasar para penggemar mobile gaming di smartphone Android.

Seperti yang kita tahu, jumlah mobile gamers terus melonjak di seluruh dunia selama kurun waktu beberapa tahun terakhir, seiring dengan perkembangan game yang terjadi.

Baca Juga: Duh! Pengguna Google Diminta Jangan Percaya Hasil Pencariannya

Lalu apa fungsi dan kegunaan fitur Game Dashboard di Android 12 sebenarnya?

Dilansir dari XDA-Developers, fitur tersebut dinilai sebagai sebuah kemajuan yang dilakukan Google untuk para pengguna sistem operasinya.

Game Dashboard akan bisa diakses dengan cara mengetuk bilah alat game yang muncul di layar ketika sedang menjalankan game di smartphone.

Namun toolbar game tersebut hanya akan muncul ketika kamu membuka aplikasi yang sudah mendeklaraskikan dirinya sebagai game dengan kategori aplikasi ke CATEGORY_GAME di Manifest.

Jika memang aplikasi tersebut sudah kompatibel dengan Game Dashboard, nantinya kamu bisa mengakses sejumlah alat yang berguna untuk menambah pengalaman saat bermain game di ponsel.

Baca Juga: Cara Scan Dokumen di HP Android dan iOS, Penting Buat Daftar CPNS 2021

Setidaknya laporan dari XDA-Developers mencatat kalau penggunanya bisa memanfaatkan fitur seperti perekam layar, pintasan tangkapan layar, monitor FPS, dan tombol "Dont Disturb".

Kamu pun dapat mengaktifkan keempat tools itu melalui sebuah tombol yang mengapung di layar.

Jadi bisa dibilang nantinya tampilan layar saat memainkan game di smartphone dengan Android 12 akan tidak berbeda jauh dengan iPhone.

Baca Juga: Samsung Galaxy Watch 4 Bakal Gunakan One UI Watc dari Google

Dengan begitu kamu tidak perlu kesulitan untuk menutup aplikasi game dulu untuk membuka fitur Game Dashboard demi bisa memaksimalkan aktivitas bermain.

Dan khusus opsi "Dont Disturb", Android 12 akan membuat perangkat secara otomatis mengaktifkan layanan tersebut ketika aplikasi game sudah dibuka.

Artinya, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi apapun ketika sedang bermain game.

Tapi jika hal itu malah membuat tidak nyaman, Google juga tetap mengizinkan penggunanya untuk mengatur layanan "Dont Distrub" secara manual.

Caranya cukup mudah yakni kamu tinggal menuju ke Pengaturan > Pemberitahuan > Dont Disturb > Jadwal.

Baca Juga: Cara Cek Kebenaran Berita Pakai Google Fact Check, Jangan Terjebak HoaxMenariknya, Game Dashboard juga punya tiga opsi tambahan, seperti menu pengoptimalan game dengan profil performa, pintasan untuk melakukan streaming langsung gameplay di YouTube, dan widget dengan data yang terintegrasi dengan Google Play Game.

Untuk pengoptimalan performa juga tersedia dalam tiga jenis, yakni Kinerja, Standar, dan Penghemat Baterai.

XDA-Developers
XDA-Developers

Opsi layanan yang bisa digunakan di fitur Game Dashboard untuk seri HP dengan Android 12.

Google pun mengatakan kalau nantinya fitur Game Dashboard akan tersedia di perangkat tertentu untuk tahapan awal.

Disinyalir kalau seri HP dengan Android 12 yang bisa menjalankannya pertama kali adalah Google Pixel 6 yang akan dirilis di tahun ini.

Dan untuk mengawalinya, fitur Game Dashboard juga akan dirilis dengan versi Beta terlebih dahulu.

Baca Juga: Aplikasi Bawaan Apple dan Google Dominasi Smartphone, Facebook Kesal

So, sudah cukup jelas kan mengenai apa itu fitur Game Dashboard di Android 12?

Bagaimana menurut Sobat Nextren? akankah fitur tersebut dapat difungsikan dengan maksimal di sebuah perangkat smartphone?

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya