TikTok Kembangkan Fitur Resumes, Cari Kerja Langsung Dari Aplikasi

Kamis, 08 Juli 2021 | 09:56
Kompas Tekno

Ilustrasi penggunaan Tiktok

Nextren.com - Pembengembangan aplikasi TikTok terus dilakukan oleh ByteDance untuk menambah pengalaman penggunanya di seluruh dunia.

Platform berbagai video pendek itu pun baru saja memperluas layanannya yang kini bisa dijadikan sebagai platform untuk mencari kerja secara langsung dari aplikasi.

TikTok mengumumkan fitur Resume tersebut melalui postingan blog resmi perusahaan pada hari Rabu (7/7) kemarin.

Perusahaan menyebut bahwa tujuan kehadiran TikTok Resume adalah untuk memberikan peluang bagi orang-orang khususnya pengguna TikTok bisa mendapatkan saluran baru untuk mencari kerja.

Baca Juga: Cara Gunakan Fitur Green Screen Duet di Tiktok, Gampang Banget!

"TikTok Resumes secara resmi dibuka dan menerima resume video TikTok," ungkap Global Head of Marketing TikTok, Nick Tran, dikutip dari posting blog resmi.

"Kami merasa bangga dapat bermitra dengan beberapa merek yang paling dikagumi dan sedang berkembang di dunia saat kami merintis secara baru bagi pencari kerja untuk menunjukkan pengalaman dan keahlian mereka dengan cara yang kreatif dan otentik," lanjutnya.

Beberapa perusahaan yang bekerjasama dengan TikTok antara lain, Chipotle, Target, WWE, Alo Yoga, Shopify, Contra, Movers+Shakers, dan lainnya.

Untuk menggunakan fitur TikTok Resumes, para pengguna juga hanya tinggal menemukannya melalui tagar #TikTokResumes melalui menu pencarian.

Atau bisa juga diakses melalui situs web www.tiktokresumes.com yang akan memperlihatkan tata cara dan bagiamana langkah yang tepat agar kamu bisa benar-benar diterima oleh perusahaan saat melamar kerja di TikTok.

Baca Juga: Alasan Kenapa Koin TikTok Lite Belum Cair ke Saldo OVO Selama 24 Jam

TikTok
TikTok

Ilustrasi penggunaan TikTok Resumes untuk mencari kerja.

Namun yang jelas, skema pelamaran kerja melalui fitur TikTok Resumes ini tidak ada bedanya dengan saat kamu memposting video biasa.

Kayla Dixon, selaku Marketing Manager TikTok menyatakan, "TikTok Resumes adalah perpanjangan alami dari program TikTok College Ambassadors kami, di mana kami sebelumnya memperkejakan ratusan mahasiswa sebagai perwakilan merek di kampus."

Baca Juga: TikTok Lanjutkan Kampanye SamaSamaBelajar Untuk Dukung Sekolah Online

Dalam posting blog perusahaan juga Dixon menyebut kalau TikTok Resumes diharapkan bisa membantu para pelajar atau mahasiswa yang ingin mencari kerja dengan memberikan kreativitasnya melalui video TikTok.

Namun sayangnya, sejauh ini fitur TikTok Resumes baru hanya akan tersedia di Amerika Serikat saja.

Pembukaan program lamaran kerja tersebut dapat digunakan sejak tanggal 7 sampa 31 Juli mendatang.

Masih belum ada keterangan terkait TikTok Resumes di negara lain seperti Indonesia.

Baca Juga: Ratusan Triliun! Total Kekayaan CEO ByteDance yang Undur Diri Setelah Dirikan TikTok

Tapi tidak ada salahnya jika pengguna TikTok di Tanah Air juga berharap dengan kehadiran TikTok Resumes.

Dengan begitu, masyarakat jadi bisa lebih mudah untuk mencari kerja lewat aplikasi TikTok.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya