Video Vertikal Lagi Hype, Begini Bikin Konten Artistik Bermodalkan HP Ekonomis

Rabu, 07 Juli 2021 | 16:37
Pexels/Pavel Danilyuk

Ilustrasi membuat video vertikal.

Nextren.com– Perkembangan teknologi ponsel pintar yang kian masif mendorong perubahan pada aktivitasonlinesehari-hari. Saat ini, memeriksae-mail, mengunggah konten, atau menonton video lebih sering dilakukan lewatsmartphoneketimbang komputer.

Kondisi itu membuat banyak perusahaan teknologi berbasis aplikasi digital kini lebih fokus mengembangkan produk untuk perangkat ponsel pintar. Salah satu contoh dari pengembangan tersebut adalah kehadiran format video vertikal pada sejumlah media sosial.

Sebut saja, Snapchat, Facebook, Twitter, TikTok, dan Youtube. Kemudian, Instagram yang baru saja meluncurkan fitur video vertikal bernama Reels pada Rabu (23/6/2021) dan menjadihypedi kalangan penggunanya.

Kehadiran format video vertikal sendiri tak terlepas dari kebiasaan orang berponsel sehari-hari. Menurut penelitian yang dimuat dalam lamanwired.com, Rabu (7/7/2017), kebanyakan penggunasmartphonemenggunakan perangkatnya dalam posisi vertikal, termasuk saat melihat konten video.

Selain itu, menurut jurnalis asal Norwegia Kim Jansson, video vertikal bisa dibilang lebih baik daripada horizontal dalam menangkap kepribadian.

Baca Juga: Facebook Reels Bakal Diluncurkan, Terinspirasi Instagram Reels!

Close-uphorizontal memotong segalanya, kecuali wajah seseorang. Sebaliknya, video vertikal mampu menangkap bahasa tubuh juga. Anda tidak hanya dapat melihat wajah mereka, tetapi juga bagaimana mereka menggerakkan tangan mereka,” kata Jansson dalam laman yang sama.

Lagi pula, aneh jika harus memutar ponsel ke posisi horizontal saat menonton video karena akan berlawanan dengan nilai ergonomi darismartphone.

Selain itu, menurut studi MediaBrix, video vertikal memiliki tingkat penyelesaian 90 persen lebih tinggi dibandingkan dengan video horizontal. Dengan kata lain, orang akan cenderung menonton konten video vertikal sampai habis.

Cara bikin Instagram Reels artistik

Seperti disebutkan sebelumnya, Instagram baru saja meluncurkan Reels, fitur perekaman video berdurasi 15 detik yang disertai efek musik, filter, dan sejumlah pengaturanediting. Singkatnya, prinsip kerja Reels mirip dengan TikTok.

Dengan Reels, seluruh pengguna Instagram bisa menjadi kreator konten. Karya yang dihasilkan pun dapat dilihat banyak orang. Bahkan, hingga panggung global.

Sebelum menggunakan Reels, pengguna mesti memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru terlebih dahulu melalui Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Baca Juga: TikTok, Facebook dan WhatsApp Janji Atasi Keamanan Wanita di Internet

Setelah itu, buka aplikasi Instagram, lalu pilih ikon Reels berbentukmovie clipyang terletak di antara ikon “Search” dan “Shop”.

Opsi lainnya, fitur Reels dapat diakses melalui Instagram Story. Tepatnya berada di sisi bawah layar bersebelahan dengan fitur “Post”, “Story” dan “Live”.

Nah, setelah memahami cara kerja Reels, saatnya pengguna membebaskan kreativitas untuk bikin konten-konten video vertikal.

Untuk konten, pengguna membuat Reels dengan merekam langsung menggunakan kamera atau memanfaatkan stok video yang tersimpan di galeri ponsel.

Jika pengguna memilih cara pertama, ada baiknya perekaman dilakukan dengan kamera ponsel. Pasalnya, rekaman yang dihasilkan lewat metode tersebut akan terlihat lebih berkualitas alias tidak pecah. Reels yang dibuat juga bakal terlihat lebih artistik.

Saat ini, banyak beredar ponsel dengan kamera mumpuni. Harganya pun terbilang terjangkau. Terlebih, jika membelinya lewat program Lazada 7.7 Sale.

(Dok. Lazada Indonesia)
(Dok. Lazada Indonesia)

Berbagai produk dijual dengan harga menarik saat perhelatan Lazada 7.7 Sale

Dalam program yang berlangsung sejak Kamis (1/7/2021) hingga Jumat (9/7/2021) tersebut, ada banyak ponsel dari berbagai merek dijual dengan harga promo.

Contohnya, BlackAdvan G9 Pro 6GB/64GB, Infinix Smart 5 3GB/64GB, Xiaomi Redmi 4X 16GB/2GB, Realme C11 2GB/32GB, Vivo Y12s, dan Xiaomi Redmi 9C.

Untuk memeriahkan Lazada 7.7 Sale, Lazada Indonesia juga akan memberikan sejumlah penawaran menarik yang membuat kamu siap bebasin aksi dan terbang tinggi tanpa perlu bujet mahal.

Sebut saja, bonus dadakan hingga Rp 500.000 danvoucher partyhingga 77 persen yang diberikan sebanyak tujuh kali dalam sehari.

Baca Juga: Fitur Reels di Instagram Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Kegunaanya

Ada pula program menarik lain, seperti gratis ongkos kirim (ongkir), Diskon Hype hingga 77 persen, Brand Mega Offer,flash sale, serta Serba 7RB dan 77RB.

Namun, sebelum melakukan perekaman gambar, pastikan materi yang dibuat mengandung aspek menghibur atau mengedukasi. Dengan begitu, konten yang dibuat akan bermanfaat bagi pengguna Instagram lainnya.

Tambahkan juga efek filter dan musik yang tersedia dalam fitur Reels agar konten terlihat semakin artistik.Bila menggunakan teks, usahakan tulisan tidak menutupi video.

Selain itu, pastikan konten Reel yang dibuat tidak melanggar pedoman komunitas Instagram.

Selamat berkreasi!

Editor : Sheila Respati