Perbandingan HP 5G Murah Realme 8 5G vs Poco M3 Pro 5G

Kamis, 01 Juli 2021 | 21:26
gsmarena

realme 8 5G vs Poco M3 Pro 5G

Nextren.com - Layanan 5G sudah resmi digelar secara komersial oleh Telkomse dan disusul Indosat Ooredoo.Kehadiran keduanya disambut meriah oleh vendor smartphone dengan menghadirkan banyak pilihan smartphone 5G yang harganya makin terjangkau.Baru saja Realme meluncurkan smartphone 5G termurahnya, Realme 8 5G di Indonesia pada Rabu (16/6/2021) lalu. Sekitar dua minggu kemudian, Xiaomi ikutan memboyong ponsel Poco terjangkaunya yang sudah dibekali dengan dukungan 5G, yaitu Poco M3 Pro 5G, ke Tanah Air pada Selasa (30/6/2021).

Baca Juga: Perbandingan HP 5G Termurah, Samsung Galaxy A22 5G vs Poco M3 Pro 5GRealme 8 5G dijual dengan harga Rp 3,2 juta, sedangkan Poco M3 Pro 5G dibanderol dengan harga termurah Rp 2,7 juta. Agar bisa mendukung layanan 5G, kedua ponsel ini kompak ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 700 5G. Meski demikian, konfigurasi memori yang diusung kedua ponsel tersebut sedikit berbeda. Realme 8 5G dibekali dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB, sementara Poco M3 Pro 5G memiliki dua varian memori, yaitu RAM 4 GB/6 GB serta media penyimpanan 64 GB/128 GB.

Kedua ponsel ini sebenarnya sama-sama dibekali dengan panel IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 90 Hz. Namun, desain layar dan resolusi kamera selfie-nya berbeda, yaitu modul punch hole di sebelah kiri dengan kamera selfie 16 MP untuk Realme 8 5G, dan modul punch hole di tengah atas layar dengan kamera selfie 8 MP untuk Poco M3 Pro 5G. Tampilan punggung kedua ponsel ini juga berbeda. Realme 8 5G dihiasi dengan modul kamera persegi, sedangkan modul kamera Poco M3 Pro 5G memanjang ke bawah mirip Samsung Galaxy S21 Series. Kendati berbeda, jumlah dan resolusi kamera belakang di kedua ponsel ini identik, yaitu terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera macro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Baca Juga: Realme Indonesia Sebar Meme HP 5G Dengan Virtual RAM, Sindir Siapa?Spesifikasi mirip Selain kamera belakang, spesifikasi lainnya dari Realme 8 5G dan Poco M3 Pro 5G bisa dibilang sama persis. Keduanya kompak ditopang dengan baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 18 watt, sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang dibenamkan di tombol power, NFC, serta konektor USB tipe-C. Fitur ekstra lainnya mencakup Dynamic RAM Expansion (DRE) yang bisa "meminjam" sedikit ruang penyimpanan internal untuk menjadi RAM ekstra 3 GB untuk Realme 8 5G, serta modul IR Blaster untuk Poco M3 Pro 5G. Keduanya juga kompak menjalankan sistem operasi yang sama, yaitu Android 11 dengan tampilan antarmuka Realme UI 2.0 untuk Realme 8 5G, dan MIUI 12 untuk Poco M3 Pro 5G.

Untuk kartu SIM, Realme 8 5G memiliki tiga slot kartu (dual-SIM + microSD), sedangkan Poco M3 Pro 5G hanya memiliki dua slot kartu (dual-SIM/single-SIM + microSD). Realme 8 5G sudah bisa didapatkan di situs web Realme.com, sedangkan penjualan Poco M3 Pro 5G akan dimulai pada 2 Juli 2021 pukul 10.00 WIB di situs web Mi.co.id. Terlepas dari perbandingan spesifikasi, kedua ponsel 5G terbaru dari Realme dan Xiaomi turut meramaikan perangkat 5G "terjangkau" di kelas menengah yang dibanderol di kisaran Rp 2 - 4 juta. Dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah vendor smartphone di Indonesia agaknya berlomba-lomba meluncurkan perangkat 5G versi mereka yang diklaim paling terjangkau. Sebelumnya, sudah ada Galaxy A22 5G (Rp 3,3 juta) dan Galaxy A32 5G (Rp 4 juta) dari Samsung, serta Oppo A74 5G (Rp 3,7 juta) dari Oppo.

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP 5G di Indonesia Harga Mulai Rp 2 Jutaan Juni 2021Saling sindir di medsos Menariknya, persaingan menyabet predikat sebagai vendor yang meluncurkan ponsel 5G termurah di Tanah Air sendiri sempat diwarnai dengan saling sindir antar produsen smartphone. Yang terbaru, Poco Indonesia dan Realme Indonesia saling sindir di media sosial terkait smartphone 5G teranyar mereka masing-masing, yang diklaim terjangkau dan lebih worth it atau layak beli. Awalnya, Xiaomi, melalui akun media sosial Poco Indonesia, menyindir vendor smartphone lain yang meluncurkan smartphone 5G mereka masing-masing yang diklaim paling terjangkau.

"Yang ngeklaim paling terjangkau banyak, tapi yang pasti terjangkau siapa tebak?," tulis Poco Indonesia. Postingan itu sendiri diunggah beberapa hari setelah Realme 8 5G diluncurkan yang diklaim termurah di kelasnya, sehingga ada kemungkinan mereka menyindir Realme. Beberapa hari kemudian, setelah harga Poco M3 Pro 5G terkuak dan diklaim sebagai ponsel 5G terjangkau di Indonesia saat ini, dengan banderol termurah Rp 2,7 juta, Realme melakukan "serangan balik" dengan mengunggah sejumlah lelucon internet alias meme.

Baca Juga: Daftar HP yang Cocok dengan Internet 5G Indosat, Beda dengan Telkomsel Loh!"Yakin itu killer beneran?" tulis akun Realme Indonesia di Twitter sembari menyematkan gambar yang menampilkan penyesalan seorang sosok wanita. "Terjangkau itu relatif, tapi kalau soal worth it?," imbuh akun tersebut sembari menyematkan gambar kucing menangis.

Terlepas dari itu semua, masyarakat Indonesia sendiri tampaknya memang membutuhkan ponsel 5G terjangkau, meski layanan dari suksesor 4G tersebut belum hadir secara merata di Tanah Air. Hal itu tercermin dari hasil pencarian "HP 5G murah 2 jutaan" yang diklaim sudah memuncaki Google Trends di mesin pencarian Google beberapa waktu lalu. Lantas, akankah ada ponsel 5G "terjangkau" lainnya yang bisa dibeli konsumen di Indonesia di masa depan selain Realme 8 5G, Poco M3 Pro 5G, dan kawan-kawan? Kita nantikan saja.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Membandingkan Realme 8 5G dengan Poco M3 Pro 5G" Penulis : Bill Clinten

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya