Data di Akun Google Bisa Dihapus Otomatis Tanpa Ijin Pemilik, Dimulai 1 Juni

Sabtu, 12 Juni 2021 | 21:16

Ilustrasi Google Drive

Nextren.com - Google sudah biasa dipakai untuk menyimpan beragam file-file besar, seperti dokumen kuliah, pekerjaan, koleksi lagu bahkan hingga koleksi download film.

Apalagi Google memang sering memberikan kuota ruang penyimpanan yang besar, minimal 15GB per akun.

Namun sebaiknya kamu mulai waspada. Pasalnya mulai awal Juni 2021, Google mulai memberlakukan kebijakan baru yang mengijinkan Google menghapus konten/file yang tersimpan di akun Google dari server online mereka, tanpa perlu izin dulu ke pemilik akun.

Kebijakan baru penghapusan konten ini tentu berpengaruh ke konten yang disimpan di layanan Google, seperti Google Photos, Gmail, dan Drive (Docs, Sheets, Slides, Drawings, dan Forms).

Baca Juga: Amazon Rencanakan Data Center di Indonesia, Ada Potensi Besar Cloud di Masa Depan

Menurut informasi di blog resmi Google, ada dua jenis pengguna yang sewaktu-waktu bisa dihapus kontennya tanpa pemberitahuan.

Jenis pertama adalah pengguna yang tidak aktif memakai akun Google selama 2 tahun penuh.

Lalu jenis kedua adalah pengguna yang kontennya telah melebihi kuota penyimpanan gratis 15 GB di akun Google, selama dua tahun.

Kebijakan ini memang baru dimulai 1 Juni lalu.

Jadi saat ini belum ada data pengguna akun Google dihapus.

Nantinya, jika akun itu tidak digunakan hingga 1 Juni jika tahun 2023, maka data di dalam akun tersebut akan dihapus.

Namun jangan khawatir, karena akan ada pemberitahuan dari Google ke akun pengguna, sebelum data di dalamnya benar-benar dihapus.

Baca Juga: Mengenal Cloud Storage, Media Penyimpanan Data Online Yang Praktis

Lewat notifikasi pemberitahuan itu, pengguna diharapkan akan bisa bersiap-siap melakukan backup, sebelum data di akun Google Photos, Gmail, dan Drive miliknya dihapus otomatis.

Cara Menghindari Penghapusan

Menurut Google, cara paling mudah agar terhindar dari aturan penghapusan data ini adalah secara berkala membuka akun Gmail, Drive, atau Google Photos.

Lalu pengguna yang datanya sudah melebihi batas kapasitas penyimpanan gratis 15 GB, sebaiknya mengosongkan akunnya dan melakukan backup.

Jika tidak mau mengosongkan akunnya, maka pengguna bisa menambah kapasitas tambahan dengan berlangganan penyimpanan cloud Google One, harganya mulai dari Rp 26.900 sebulan dengan kapasitas tambahan 100 GB.

Adanya penerapan aturan penghapusan data ini untuk membersihkan server dari akun dan file milik pengguna yang sudah tidak aktif selama bertahun-tahun.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya