Jangan Buru-Buru Cari HP 5G, Belum Ada yang Bisa Menikmati Sinyal 5G Secara Resmi!

Rabu, 02 Juni 2021 | 21:20
Bagus

Kotak OPPO A74 5G & Reno5 5G

Nextren.com - Kehebohan dimulainya internet 5G ramai dibicarakan masyarakat.

Saat ini memang baru operator Telkomsel yang sudah resmi merilis akses internet 5G, di beberapa lokasi terbatas.

Sementara vendor smartphone sejak tahun lalu sudah mulai mengenalkan smartphone 5G di Indonesia.

Namun benarkah kini sudah saatnya untuk berburu smartphone 5G agar bisa segera mencicipi internet 5G?

Ternyata tidak perlu buru-buru Sobat Nextren. Penyebabnya, belum ada satupun smartphone 5G di Indonesia hingga saat ini, yang sudah bisa dipakai internetan 5G oleh konsumen umum.

Baca Juga: Tarif Internet 5G Telkomsel Kuota 126GB Cuma Rp 26 Ribu, Wilayah 5G Ini Siap Dicoba!

Konsumen atau pengguna umum ini adalah masyarakat pemilik smartphone 5G, tanpa memiliki akses khusus ke vendor smartphone dan operator telekomunikasi,

Yang jelas, meski saat ini sudah mulai banyak beredar di medsos tampilan kecepatan internet 5G, mereka bukanlah konsumen umum.

Kemungkinan besar mereka memang memiliki akses khusus, baik ke vendor smartphone maupun ke operator seluler yang sudah menggelar 5G.

Layanan yang sudah dicoba juga hanya sebatas pengukuran kecepatan internet.

Saat ini semua produsen smartphone di Indonesia memastikan agar HP 5G bisa tersambung ke sinyal 5G harus update software lewat OTA (data) agar fitur 5G terbuka (unlock).

Perlu diketahui, memang selama ini semua HP 5G yang sudah resmi masuk Indonesia memang dalam posisi terkunci (locked), karena saat masuk Indonesia belum ada operator seluler yang resmu merilis 5G.

Maka jika ingin dipakai, HP 5G itu maka harus dibuka dulu (unlocked), termasuk HP 5G yang sudah mendukung Band40 di frekuensi 2,3 GHz.

Oya, salah satu syarat agar HP 5G bisa menikmati sinyal 5G Telkomsel adalah HP 5G tersebut sudah mendukung band 40 di frekuensi 2,3 GHz, sebagai frekuensi yang dipakai Telkomsel untuk menggelar jaringan 5G di tahap awal ini.

Baca Juga: Inilah Syarat dan Cara Menikmati Internet 5G Telkomsel, Catat HP 5G yang Cocok!

Bahkan banyak HP 5G yang beredar di Indonesia tidak mendukung frekuensi 2,3Ghz ini, karena di dunia umumnya 5G digelar di frekuensi 2.6Ghz.

Lalu syarat lain agar bisa benar-benar menikmati kecepatan internet 5G adalah kartu SIM Telkomsel yang dipakai sudah terdaftar ke jaringan 5G.

Jika Simcard belum terdaftar, maka HP 5G kamu bisa saja sudah terlihat menampilkan sinyal 5G, tetapi sebenarnya itu masih memakai jaringan 4G.

HP 5G untuk 5G Telkomsel

Menurut beberapa vendor HP, beberapa smartphone mereka akan cocok dengan 5G Telkomsel, jika update OTA untuk unlock 5G telah dikirimkan.

Sayangnya, vendor smartphone seperti Oppo, Huawei maupun Vivo, yang sudah merilis HP 5G di Indonesia tersebut, belum bisa memastikankapan update itu akan dirilis ke pengguna.

Berikut ini 8 HP 5G yang sudah siap mendukung jaringan 5G Telkomsel : - Oppo Reno5 5G -Oppo A57 5G -Oppo Find X2 -Oppo Find X2 Pro -Vivo X60 5G -Vivo X60 Pro 5G -Vivo V21 5G -Huawei Mate 40 Pro

Baca Juga: Inilah Daftar HP 5G Oppo Yang Siap Dipakai Untuk Internet 5G Telkomsel

Adapun beberapa merek HP lain seperti Realme, Xiaomi, dan Samsung belum memastikan tipe smartphone yang bisa mendukung sinyal 5G Telkomsel.

Syarat Pakai 5G Telkomsel

Selain HP 5G band 40 di frekuensi 2,3Ghz, syarat lain agar bisa menggunakan jaringan 5G Telkomsel adalah sebagai berikut:

1. Pakai USIM (SIM 4G LTE)

Pengguna layanan 4G LTE, pasti sudah memakai kartu USIM.

Agar lebih yakin bisa dicek lewat *888*47# dan "cek kartu".

Secara fisik, di USIM terlihat ada logo 4G.

2. Tak perlu ganti kartu fisik

Jika pengguna sudah memakai 4G LTE, maka tak perlu ganti kartu untuk bisa menikmati layanan 5G Telkomsel.

3. Profil 5G

Untuk tahap awal ini, profil 5G Telkomsel sudah diaktifkan langsung oleh Telkomsel karena baru berlaku untuk pelanggan terpilih.

4. Registrasi dan aktivasi 5G Tekomsel

Registrasi dan aktivasi layanan 5G bisa dilakukan di nomor Telkomsel miliknya lewat formulir di link berikut ini.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya