Trafik Data Telkomsel Ramadan dan Idulfitri 1442 H: Tumbuh 49%, Gamer Naik Tertinggi

Senin, 17 Mei 2021 | 16:00
kompas

BTS Operator

Nextren.com – Sama seperti tahun sebelumnya, momen Ramadan dan Idulfitri 1442 H yang baru saja berlalu masih dilalui dengan tantangan di tengah wabah pandemi COVID-19.

Telkomsel berupaya memastikan kelancaran berkomunikasi untuk kenyamanan beraktivitas seperti beribadah dan bersilaturahmi dari rumah.

Selama momen Ramadan dan Idulfitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49% dibanding momen yang sama tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel Nugroho memaknai perayaan Idulfitri sebagai momentum untuk membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk menjalin silaturahmi dan tetap terhubung walau dilakukan secara digital dan virtual, lewat jaringan broadband Telkomsel.

Baca Juga: 3 Game Ringan Ini Paling Cocok Dimainkan Saat Lebaran Bersama Keluarga

Kinerja Layanan Telkomsel Saat Ramadan dan Idulfitri 1442 H

Layanan Trafik Ramadan dan Idulfitri 2021 vs Hari Biasa 2021 vs Ramadan dan Idulfitri 2020
Data 39,7 Peta Byte Naik 10% Naik 49%
SMS 669 Juta SMS Naik 23% Naik 33%
Suara 915 Juta Menit Naik 4% Turun 14%
Berdasarkan pantauan Telkomsel, untuk trafik layanan data pada Periode Lebaran 2021 sendiri, tercatat lonjakan sekira 39% dibandingkan Periode Lebaran tahun sebelumnya.

Dimana hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual guna mengikuti imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dengan tidak melakukan aktivitas mudik di momen Idulfitri tahun ini.

Di sisi lain, untuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idulfitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33% dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4% dibandingkan hari biasa.

Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data.

Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12%, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410%, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekira 68% dibandingkan hari biasa.

Secara umum masyarakat selama di Ramadan dan Idulfitri 1442 H ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring.

Baca Juga: Cara Ubah Koin TikTok Lite Jadi Saldo OVO, Lumayan Buat THR Lebaran

6 Layanan DataTerbanyak dipakai di Telkomsel

Platform vs Akses Total Data vs HariBiasa2021
Video Streaming 37% Naik 22%
Communication 16% Naik 14%
Social Media Naik 7%
Mobile Gaming 4% Naik 81%
Browsing 1% Naik 36%
Aplikasi / Situs Media 1% Naik 11%
Contohnya seperti melalui layanan video communication dan video streaming yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53%, atau masing-masing tumbuh sekira 14% dan 22%, dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81%, 36% dan 7% selama Ramadan dan Idulfitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa.

Selain itu Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.

Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13%), Jawa Timur (12%) dan Jawa Tengah (11%) dibandingkan dengan hari biasa.

6Aplikasi Terbanyak Dipakai di Telkomsel

Aplikasi vs Akses Total Apikasi vs Hari Biasa 2021
Youtube 23% Naik 24%
Facebook 16% Naik 11%
Whatsapp 14% Naik 25%
Instagram 12% Naik 3%
Tiktok 11% Naik 26%
Mobile Legends 3% Naik 167%
Optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan dilakukan di 554 point of Interest (POI) yang secara khusus difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, dan jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik.

Ragam produk dan layanan berbasis digital serta berbagai promo menarik turut dihadirkan guna menemani masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2021.

Tag

Editor : Wahyu Subyanto