Nextren.com – Sama seperti tahun sebelumnya, momen Ramadan dan Idulfitri 1442 H yang baru saja berlalu masih dilalui dengan tantangan di tengah wabah pandemi COVID-19.
Telkomsel berupaya memastikan kelancaran berkomunikasi untuk kenyamanan beraktivitas seperti beribadah dan bersilaturahmi dari rumah.
Selama momen Ramadan dan Idulfitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49% dibanding momen yang sama tahun lalu.
Direktur Network Telkomsel Nugroho memaknai perayaan Idulfitri sebagai momentum untuk membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk menjalin silaturahmi dan tetap terhubung walau dilakukan secara digital dan virtual, lewat jaringan broadband Telkomsel.
Baca Juga: 3 Game Ringan Ini Paling Cocok Dimainkan Saat Lebaran Bersama Keluarga
Kinerja Layanan Telkomsel Saat Ramadan dan Idulfitri 1442 H
Layanan | Trafik Ramadan dan Idulfitri 2021 | vs Hari Biasa 2021 | vs Ramadan dan Idulfitri 2020 |
Data | 39,7 Peta Byte | Naik 10% | Naik 49% |
SMS | 669 Juta SMS | Naik 23% | Naik 33% |
Suara | 915 Juta Menit | Naik 4% | Turun 14% |
Dimana hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual guna mengikuti imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dengan tidak melakukan aktivitas mudik di momen Idulfitri tahun ini.
Di sisi lain, untuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idulfitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33% dibandingkan periode tahun sebelumnya.
Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4% dibandingkan hari biasa.
Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data.
Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12%, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410%, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekira 68% dibandingkan hari biasa.
Secara umum masyarakat selama di Ramadan dan Idulfitri 1442 H ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring.
Baca Juga: Cara Ubah Koin TikTok Lite Jadi Saldo OVO, Lumayan Buat THR Lebaran
6 Layanan DataTerbanyak dipakai di Telkomsel
Platform | vs Akses Total Data | vs HariBiasa2021 |
Video Streaming | 37% | Naik 22% |
Communication | 16% | Naik 14% |
Social Media | Naik 7% | |
Mobile Gaming | 4% | Naik 81% |
Browsing | 1% | Naik 36% |
Aplikasi / Situs Media | 1% | Naik 11% |
Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81%, 36% dan 7% selama Ramadan dan Idulfitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa.
Selain itu Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.
Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13%), Jawa Timur (12%) dan Jawa Tengah (11%) dibandingkan dengan hari biasa.
6Aplikasi Terbanyak Dipakai di Telkomsel
Aplikasi | vs Akses Total Apikasi | vs Hari Biasa 2021 |
Youtube | 23% | Naik 24% |
16% | Naik 11% | |
14% | Naik 25% | |
12% | Naik 3% | |
Tiktok | 11% | Naik 26% |
Mobile Legends | 3% | Naik 167% |
Ragam produk dan layanan berbasis digital serta berbagai promo menarik turut dihadirkan guna menemani masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2021.