Intip Cara Tim Tokopedia Mengoptimalkan SEO Agar Website Lebih Baik

Selasa, 04 Mei 2021 | 09:30

START Tokopedia kembali hadir bahas pengoptimalan SEO

Nextren.com - START Summit Extension Tokopedia kembali hadir (20/4) yang kali ini membagikan cara tim untuk mengoptimalkan SEO.

SEO atau Search Engine Optimization merupakan proses yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website.

Dengan tujuan agar website memiliki visibilitas yang lebih baik pada mesin pencari atau search engine.

"Saat ini hampir semua search engine didominasi oleh google," ujar M. Rizqi Riandra, SEO Lead Tokopedia.

Baca Juga: Tokopedia Luncurkan Fitur Wakaf Untuk Pemerataan Ekonomi Syariah

Oleh karena itu, SEO di Indonesia sering dikaitkan dengan Google Search engine, sehingga dibutuhkan cara agar dapat mengoptimalkan pencarian pada Google Search engine.

SEO berperan penting terhadap sebuah bisnis, diantaranya adalah untuk membantu meningkatkan brand awareness kepada calon pembeli serta meningkatkan visibilitas brand pada pencarian search engine, sehingga brand tersebut dapat mudah ditemukan.

Saat ini, pengguna search engine pada Google di Indonesia hampir mencapai 98%. Hal ini menunjukan betapa besarnya potensi pasar yang bisa diraih.

SEO juga merupakan salah satu teknik pemasaran yang memiliki biaya tergolong rendah atau bisa disebut sebagai free traffic. Lebih jauh, SEO juga bisa memberikan dampak terhadap tujuan dari suatu brand, misalnya untuk meningkatkan penjualan atau jumlah pengunjung.

Untuk mengoptimalkan SEO diperlukan beberapa langkah seperti Jasa PBN, simak di halaman selanjutnya.

Untuk mendapatkan performa SEO terbaik, terdapat satu bagian yang tidak boleh dilewatkan, yakni bagaimana pengguna berinteraksi pada halaman website.

Pada tahap ini, terdapat dua hal yang krusial, yaitu Content Experience dan Page Experience.

Content Experience, atau bagaimana kualitas suatu konten dan relevansinya terhadap pengguna, serta yang kedua adalah Page Experience, atau sebuah kualitas suatu website dimana halaman tersebut dapat memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna.

Page Experience merupakan bagian terpenting, karena selain dapat menghasilkan engagement yang tinggi terhadap pengguna, hal ini juga dapat meningkatkan conversion rates.

Baca Juga: Program WIB Tokopedia Diperpanjang, Diskon 90 Persen dan Bebas Ongkir

Itu karena Page Experience merupakan sebuah set sinyal yang dapat mengukur bagaimana pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan suatu website.

Untuk mengukur apakah suatu website telah sesuai dengan standar, dijelaskan bahwa terdapat 5 metrik yang dapat digunakan seperti Core Web Vitals, Mobile Friendly, Safe Browsing, HTTPS, dan No Intrusive Interstitials.

Peningkatan performa pada SEO dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dan yang paling penting adalah dengan mengoptimalkan load time atau page speed pada sebuah website.

Kecepatan pada sebuah website sangat berpengaruh terhadap pengguna, pendapat ini berdasarkan sebuah data, cek ke halaman selanjutnya.

Data menunjukkan bahwa sebanyak 40% pengguna akan meninggalkan suatu halaman website jika halaman tersebut membutuhkan waktu untuk memuat lebih dari 3 detik.

"Oleh karena itu, AMP dapat menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut," ungkap Safira Anggraini, SEO Associate Tokopedia.

Safira menjelaskan AMP merupakan suatu komponen yang bisa digunakan untuk membuat website menjadi lebih cepat ketika diakses oleh user dengan cara menghapus fitur-fitur yang dapat memperlambat kecepatan website tersebut.

Halaman yang terintegrasi dengan AMP akan menghasilkan performa dan engagement yang lebih tinggi, karena user dapat memiliki pengalaman yang lebih baik dan maksimal.

Baca Juga: 5 Tips Dekor Rumah Untuk Silahturahmi Virtual di Bulan Ramadan

Oleh karena itu, dalam membangun AMP dibutuhkan 3 bagian penting yaitu AMP HTML, AMP Javascript, dan AMP Cache.

Keuntungan lain dengan menggunakan AMP adalah kemampuannya dalam membantu untuk memuat suatu halaman dengan lebih cepat untuk pengguna seluler, terutama bagi pengguna dengan konektivitas yang kurang baik.

AMP juga dapat meningkatkan visibilitas pada situs web, terlebih untuk bisnis yang bergerak di bidang e-commerce.

Secara tidak langsung, AMP juga dapat meningkatkan ranking pada suatu web, mengingat bahwa faktor ini dipengaruhi oleh kecepatan pada halaman web itu sendiri.

Baca Juga: BCA Bikin E-Commerce Khusus UMKM, Pesaing Shopee, Tokopedia dkk

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya