Review OPPO Band, Harga Yang Oke & Fitur Yang Banyak Dikelasnya

Kamis, 29 April 2021 | 11:30
Bagus

Oppo Band

Laporan wartawan nextren, Ida Bagus Rai Artha Kusuma

nextren.com - Oppo membawa masuk salah satu produk yang tengah digemari di Indonesia yaitu smart band atau gelang pintar.

Dengan Bentuk yang ringkas, Oppo Band juga membawa sejumlah fitur menarik seperti smartwatch yang cocok menemani pengguna yang senang hidup sehat.

Sejumlah fitur seperti pelacak aktivitas olahraga dan sensor oksigen dalam darah atau SpO2 tracker menjadi nilai jual yang menarik di kelas harganya.

Baca Juga: Daftar Harga Earphone TWS OPPO di Bawah Rp 1 juta di Bulan April 2021

Baca Juga: 3 Rekomendasi Seri HP OPPO Harga Rp 2 Jutaan Terbaik di Bulan April 2021

Smart Band saat ini memang tengah populer sebagai alat bantu melacak aktivitas dan juga gaya.

Dengan fitur yang kurang lebih mirip dengan smartwatch, smartband memiliki ukuran dan dimensi yang lebih ringkas seperti halnya gelang.

Oppo Indonesia akhirnya juga ikut masuk dalam persaingan produk yang tengah populer di masyarakat Indonesia ini dengan sejumlah nama yang sudah ada dalam beberapa tahun terakhir ini.

Oppo Band dapat menjadi alternatif yang menarik dengan nama merek yang sudah terkenal dan sejumlah fitur unggulan seperti melacak olahraga dan sensor oksigen dalam darah.

Lalu apa lagi yang akan didapatkan oleh pengguna ketika membeli Oppo Band ?

Unboxing & Baterai

Bagus

Isi kotak dari Oppo Band

Dalam kotak pembeliannya, konsumen akan mendapat sejumlah kertas manual, 1 buah charger, dan 1 unit Oppo Band.

Secara desain, Oppo band ini masih tipikal dengan beberapa smart band dengan layar AMOLED 1.1 inch, kancing yang mudah untuk digunakan, dan strap silicon.

Bagus

Modul layar OPPO Band yang Bisa dilepas dari strap

Baca Juga: Perbandingan Oppo A74 5G vs Oppo A73 5G, Mana Lebih Kencang?

Namun dengan modul utama yang bisa dilepas, strap Oppo band ini bisa diganti-ganti sesuai selera penggunanya.

Oppo Band masih menggunakan unit charger berbentuk port, dimana pengguna harus melepas modul layar dari strap untuk melakukan pengisian daya.

Bagus

pengisian daya Oppo Band

Mekanisme ini memang bukan yang terpraktis, namun hal ini hanya harus dilakukan oleh pengguna sekitar 2 minggu sekali saja.

Karena menurut klaimnya, Oppo Band memiliki daya tahan baterai hingga 12 hari dan sesuai dengan hasil percobaan kami yang bisa tahan sekitar 1 setengah minggu dengan catatan semua fitur berjalan secara default.

Jika fitur seperti sensor detak jantung dan SpO2 tracker berjalan secara continous atau interval yang lebih pendek, maka baterai Oppo Band hanya bisa bertahan sekitar 4 hari saja.

Bagus

Cara Mengisi Daya OPPO Band

Pengisian daya baterainya sendiri memakan waktu sekitar 90 menit dari 0 sampai 99% dengan charger yang dicolok ke port PC saja.

Baca Juga: Harga OPPO Reno Series April 2021, Ada Diskon Sampai Rp 4,7 Juta

Fitur

Baterai ini dipakai untuk menghidupkan sejumlah sensor dan layar AMOLED berukuran 1.1 inch yang menampilkan berbagai macam menu fitur dan informasi bagi pengguna.

Oppo Band ini membawa berbagai macam fitur standar yang biasanya ditawarkan di sebuah smartband seperti sensor detak jantung, sleep tracker, cuaca, dan notifikasi.

Bagus

Fitur SpO2 tracker di Oppo Band

Namun ada satu fitur yang cukup menarik perhatian yaitu sensor oksigen dalam darah atau SpO2 tracker.

Fitur ini bisa memberikan skor terhadap kadar oksigen dalam darah yang bisa menjadi indikasi awal kalau kita terinfeksi virus yang tengah tren saat ini.

Kalau 100% artinya sehat, sampai di bawah 70% yang menandakan adanya hypoxia yang cukup parah.

Tapi patokan ini memang hanya bisa menjadi indikasi awal saja dan perlu tes dengan alat medis yang lebih akurat jika skor tidak begitu baik.

Baca Juga: Ini Perbedaan Oppo A74 5G dengan A74 4G, Mending yang Mana Nih?

Pelacak Olahraga

Fitur untuk melacak aktifitas olahraga memang menjadi standar di sebuah smartband termasuk di Oppo Band.

Bagus

mode olahraga di Oppo band

Bagus

mode olahraga di Oppo Band

Di dalamnya terdapat 12 aktivitas yang bisa dilacak seperti lari, treadmill, jalan, mendayung, badminton dan renang.

Untuk mendukung fitur renang ini, Oppo Band sudah diklaim tahan air hingga 50 meter yang sudah kami buktikan dengan kehujanan dan dibawa mandi tanpa ada masalah.

Namun fitur yang paling sering terpakai adalah lacak olahraga yang dapat memantau jarak, kecepatan, waktu, dan detak jantung yang juga bisa dikategorikan dalam tahap apa, relax atau fat burning.

Bagus

Hasil pelacak aktifitas olahraga di Oppo Band

Namun ketika disambungkan ke aplikasi HeyTap Heath, pengguna juga bisa melihat rangkuman aktivitas olahraga seperti real time speed dan detak jantung.

Peta dari aplikasi ini juga bisa dibuatkan video untuk dishare ke sosial media seperti insta story atau facebook.

Baca Juga: Review Performa Snapdragon 480 di OPPO A74 5G, Jauh Melebihi Harapan!

Pelacak Tidur

Bagus

Hasil fitur pelacak tidur Oppo Band

Sedangkan untuk melacak tidur, aplikasi HeyTap Health bisa memberikan skor atas pola tidur selama memakai Oppo Band.

Smartband bisa mendeteksi Deep sleep, Light Sleep, awake, dan beberapa indikator penting lain dalam pola tidur yang cukup banyak dan kompleks.

Namun dari aplikasi Hey Tap Health, pengguna dapat memperoleh informasi penting dari taha-tahap tidur dan menentukan apakah pola tidur pengguna sudah baik atau belum.

Watch Face

Sebagai sebuah smartband, gambar atau watch face tentu saja bisa diganti dan sudah tersedia berbagai macam pilihan melalui aplikasi HeyTap Health.

Bahkan pengguna bisa memilih lima watch face untuk disimpan dan diganti-ganti hanya dengan cara menggeser-geser tampilan watch face.

Bagus

Pilihan watch face Oppo Band

Baca Juga: Review OPPO A74 5G, Standar Baru Performa HP 5G Murah Yang Mengejutkan

Jika dirasa pilihan watch face masih membosankan, pengguna bisa menggunakan foto untuk dijadikan watch face dengan beberapa pilihan susunan jam dan tanggal.

Namun sayangnya diantara semua pilihan watch face, tidak ada pilihan yang menampilkan persentase baterai.

Bagus

Menu kontrol 2 kali ketuk di Oppo Band

Meskipun hal ini masih bisa diatasi dengan menekan layar Oppo band 2 kali untuk menampilkan menu persentase baterai, mengatur brightness, do not disturb, dan tanggal.

Namun alangkah lebih baik jika semua informasi bisa ditampilkan di layar depan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Oppo band menjadi alternatif menarik bagi pengguna yang ingin mencoba smartband ataupun beralih dari smartwatch.

Karena Oppo band masih memiliki dimensi yang ringkas seperti halnya gelang dan menawarkan semua fitur dasar yang biasanya ada di sebuah smartband.

Bagus

Oppo Band

Baca Juga: Oppo A54 Punya Varian RAM dan Memori Internal Baru, Seberapa Besar?

Baterai yang cukup hemat, fitur olahraga yang cukup banyak, tahan air, dan SpO2 tracker menjadi highlight dari Oppo Band ini.

Meskipun kami berharap untuk Oppo Band generasi selanjutnya bisa membawa beberapa fitur yang lebih keren dan beda seperti layar dengan Bezel yang lebih tipis, mekanisme isi daya yang lebih praktis, atau sistem pembayaran menggunakan smartband.

Tentu saja ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan bagi yang ingin mengakuisisi Oppo band ini sebagai teman beraktivitas sehari-hari, seperti cara mengisi daya yang kurang praktis dan akses persentase baterai yang harus double tap.

Bagi yang berminat, Oppo Band ini ditawarkan dengan harga hanya 599.000 rupiah saja.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya