Review Realme 8 Pro, HP 4 Jutaan Berkamera 108MP Mantap Plus NFC

Rabu, 07 April 2021 | 15:15
way

realme 8 Pro tampak belakang

Nextren.com - Hari ini (7/4), pasar smartphone Indonesia telah kedatangan produk kelas menengah terbaru, yaitu realme 8 Pro. Sebagai realme seri angka, realme 8 Pro tentu membawa ciri khas sebelumnya, yaitu punya fitur lengkap dengan harga terjangkau.Senjata realme 8 Pro ini ada di kualitas kamera, layar, kinerja, fast charging, antarmuka terbaru, plus NFC yang hanya diberikan di Indonesia.Sebelumnya, yuk kita lihat apa yang ada di dalam kotak dari realme 8 Pro, smartphone kelas menengah terbaru realme ini.

Seperti kotak penjualan realme lainnya, tampilan kotaknya berwarna kuning khas.

Baca Juga: Jelang Lawan Liverpool, Rating Karim Benzema di Game FIFA 21 Meningkat!Di dalam kotak penjualan tersebut, terdiri dari :- realme 8 Pro- 50W SuperDart Charge- kabel USB type-C- pin ejector- case silikon pelindung smartphone- buku manual dan kartu garansiDesainSecara sekilas, desain terlihat menarik, terasa elegan dengan warna hitam doff berkilau. Bodinya tampak ramping dengan desain menarik. Bodi hape ini terbilang ringan yaitu hanya 176 gram, dengan ketebalan 1,8 cm. Ini jelas lebih ringan dan lebih tipis dibanding seri sebelumnya.

Pinggiran smartphone agak mengerucut, membuatnya terlihat ramping dan kokoh digenggam.Apalagi tekstur bodi belakangnya cukup kasat, dan tidak menimbulkan jejak jari.Di bagian belakang, empat kameranya ditempatkan secara khusus di bagian berbentuk kotak persegi.Untuk pilihan warna, realme 8 Pro hadir dalam dua warna, yaitu Hitam Angkasa dan Biru Galaksi.Di bagian belakang, desain empat kameranya menonjol dan cukup besar, tampak sebagai suatu spek yang dijagokan. Sementara di depan, kamera selfie ditaruh di dalam layar, di sisi kiri atas.

Baca Juga: Laptop Gaming Lenovo Legion 5 Pro dan Legion 7 Resmi Masuk Indonesia

way
way

Isi paket penjualan realme 8 Pro

Hal yang menonjol dari desain bodi di bodi belakang, ada tulisan DARE TO LEAP yang berukuran besar. Cocok tidaknya, ini masalah selera masing-masing.

Lanjut ke sisi kiri ada simcard tray, dengan dua slot nano simcard dan satu slot microSD.Lalu di kanan ada tombol power dan tombol volume, dan di bawah ada jack audio 3.5mm, port USB Type-C, speaker dan mikrofon.Lalu di mana sensor fingerprint? Ya, karena layarnya sudah Super AMOLED maka fingerprint diletakkan di bawah layar, sehingga lebih praktis tak perlu membalik hape.

LayarLayarnya berupa Super AMOLED 6,4 inci yang memberikan tampilan layar yang lebih jernih dan tajam bagi pengguna saat menonton video atau melihat gambar.

Hal menarik dari layarnya ini adalah kecerahan 1000nits dan Always On Display.Tingkat kecerahan 1000nits membuatnya tetap terang saat dipakai di bawah cahaya terang, seperti siang hari di luar ruangan.Dengan fitur Always On Display, saat smartphone tidak aktif, maka layar akan menunjukkan jam, tanggal, daya baterai dan notifikasi dari aplikasi apa saja yang masuk.

Fingerprint ada di bawah layar, sehingga terasa praktis saat di[akai sehari-hari tanpa perlu mengangkat hape saat ditaruh di meja.

way
way

realme 8 Pro tampak depan

Baca Juga: TikTok Luncurkan Fitur Baru, Proses Edit Video Jadi Lebih Efektif!

Layarnya memakai Super AMOLED Samsung 6,4 inci dengan resolusi FHD dan tingkat sampling sentuh hingga 180Hz.Hal itu membuatnya lebih responsif saat bermain game.

Layarnya juga mendukung fungsi peredupan seperti DC dan Mode Pelindung Mata, untuk mengurangi kelelahan mata.

Android 11 dan Realme UI 2.0Realme 8 Pro menjadi smartphone pertama yang berjalan di Android 11 dan Realme UI 2.0. Versi baru Realme UI ini menawarkan pengaturan yang lebih banyak, tema Always On Display, beberapa Mode Gelap tambahan, jendela mini dan mengambang yang disempurnakan, dan keamanan yang ditingkatkan.Layar Super AMOLED Realme 8 Pro mendukung buka kunci sidik jari. Sensor fingerprint di layarnya bekerja dengan sangat baik, cepat dengan akurasi tinggi. Ada pula Face Unlock untuk membuka kunci yang lebih cepat dengan wajah, meskipun ini tidak seaman fingerprint.

Tampilan homescreen bersih dan tersedia laci aplikasi. Jika ingin, kamu bisa keluar dari laci aplikasi. Dengan Realme UI 2.0, kamu juga bisa mengubah warna sistem, animasi pemindai sidik jari, ikon laci notifikasi, dan jenis huruf di sistem.Tersedia Mode Gelap (Dark Mode) dengan pilihan warna hitam, abu-abu tua atau abu-abu muda. Penerapan mode gelap ini Ini bisa dilakukan secara manual atau dijadwalkan. Jika ingin memakai mode gelap di aplikasi lain, juga bisa dipaksakan, meskipun tidak selalu berhasil.Ada banyak pengaturan yang bisa dipilih jika kamu ingin kontrol penuh ke OS Android di smartphone ini. Namun jika tak mau repot, biarkan saja semuanya diatur otomatis karena dioptimalkan oleh algoritma AI dan machine learning Realme.

Baca Juga: Tips Memilih Gadget Untuk Pelajar Belajar Dari Rumah, Sesuai Umur

way
way

Tampilan homescreen realme 8 Pro

Secara umum, realme UI v2.0 ini menyenangkan. Antarmukanya tajam, rapi dan mudah digunakan. Namun jika ingin, tersedia pula banyak fitur dan pengaturan yang lebih lengkap.

Kamera UtamaKamera menjadi fokus di realme 8 Pro, lewat konfigurasi Quad Camera dengan sensor utama Samsung ISOCELL HM2.Quad Cameranya terdiri dari sensor utama beresolusi 108MP, lalu 8MP Ultra Wide-Angle, 2MP Black & White, dan 2MP lensa macro. Sementara untuk kamera selfie beresolusi 16MP.

realme 8 Pro membawa banyak fitur fotografi yang memberikan pengalaman memotret lebih kreatif.

Ada banyak fitur menarik di kameranya seperti Tilt-shift, Time-lapse Video & Foto, Starry Time-lapse Video & Foto, Neon Portrait, Dynamic Bokeh, Dual-view Video New Super Nightscape Mode, Ultra Nightscape Video.

realme 8 Pro dibekali kamera beresolusi 108MP, saat ini piksel tertinggi yang sudah tersedia saat ini di pasaran smartphone, dan menjadi realme pertama yang dibekali kamera 108MP. Kamera utamanya memakai sensor Samsung ISOCELL HM2 generasi ketiga dengan piksel 108MP, dengan ukuran sensor besar 1/1,52 inci dan resolusi maksimum 12000 x 9000 pixel. Sensor HM2 didukung oleh teknologi isolasi piksel ISOCELL Plus dari Samsung, yang disebut mengadopsi bahan baru yang dikembangkan oleh Fujifilm.

Baca Juga: 3 Aplikasi Belajar Al-Quran di iOS dan Android, Sambut Ramadhan 2021!

way
way

Desain kamera utama realme 8 Pro

Baca Juga: Clubhouse Rilis Fitur Monetisasi, Bisa Sawer Content Creator

Sensor Samsung HM2 ini mendukung teknologi 9-in-1 Pixel Binning, Cara kerjanya adalah dengan menggabungkan 9 piksel 0,7μm yang berdekatan. Tujuannya untuk mensimulasikan piksel 2,1μm dan meningkatkan kualitas gambar di bawah cahaya redup.

Menu kameranya terdiri dari mode Night, Video, Photo, Portrait, 108MP, Starry Mode, Dual view video, slow motion, time lapse, AI Mixed portrait, Movie, Expert (manual), Panorama, Txt Scanner, dan Ultra Macro.

Kamera 8MP Ultra Wide-Angle punya aperture f/2.25 dan beresolusi 8MP, pengguna tidak perlu menjauh untuk memotret pemandangan atau foto kelompok. berkat lensa sudut ultra lebar 119°.

Untuk beralih ke mode sudut lebar maka cukup satu klik di tampilan kamera.

Kamera 2MP Black & White Portrait,bisa membantu lensa utama menangkap cahaya lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret.

Kamera 2MP Macro, membuatpengguna bisa lebih dekat ke obyek kecil dan bisa memotret hingga jarak pemotretan 4cm.

Kamera selfie 16MP,hadir dengan AI Beauty, Portrait Mode, dan Super Nightscape untuk memastikan setiap foto selfie terekam dengan baik.

way
way

Tampilan proses charging dan menu zoom kamera realme 8 Pro

Baca Juga: Cara Mudah Cek Produk Halal di Lazada, Aman Belanja Ramadan 1442 H

Fitur-fitur kamera

Mode 108MP tersedia di menu kamera. Dalam Mode Ultra 108MP, Anda juga dapat mengaktifkan fungsi pengenalan pemandangan AI, yang mengambil gambar jernih dan warna-warna cerah.

Mode Super Nightscape,bekerja dengan tiga teknologi, yaitu ISOCELL Plus; Smart-ISO dan Pixel Binning 9-in-1.

Zoom 3X, memakai resolusi 12MP yang diperbesar. Disebut zoom 3x lossless, hasil foto zoomnya memang bisa dibilang tidak berkurang dibandingkan tanpa zoom.

Mode Starry Mode, bergunauntuk memotret bintang di langit gelap ini, jadi harus dipakai dengan tripod. Jika tak ada tripod, maka hape harus diletakkan di tempat yang stabil dan gunakan timer untuk memotret, agar tidak ada guncangan sedikit pun.

Dalam mode Starry, suasana malam akan direkam dalam kecepatan sangat lambat. Maka syarat agar foto tampil bagus adalah memotret dalam kondisi gelap gulita dan menggunakan tripod atau benda yang stabil.

Mode Dynamic Bokeh, bergunauntuk menyorot subyek dengan latar belakang yang bergerak-gerak, sehingga bisa menciptakan kesan gerakan yang menarik.

Mode AI Color Portrait, bisa membuat orang sebagai subjek akan diberi warna, namun latar belakang akan berwarna hitam putih. Tampilan subyek utamanya terlihat unik dan menonjol.

Mode AI Portrait denganAlgoritma Potret AI baru, secara otomatis akan mendeteksi subyek dalam berbagai skenario, lalu mengoptimalkan bidikan. Hasilnya, foto bisa tampak alami tanpa mode khusus apa pun.

Baca Juga: Yahoo Answer Bakal Ditutup Awal Bulan Mei, Gak Bisa Tanya Jawab Lagi

Berikut hasil foto dari kamera realme 8 Prohari.Perlu diketahui, ukuran file foto dengan mode normal adalah 3MB, sedangkan ukuran file mode 108MP adalah 18MB. Kami tampilkan lebih banyak hasil foto di malam hari, yang tentu sangat kurang cahaya.

Semua foto ini dipotret tanpa flash dan tanpa editing apapun, kecuali ukurannya diperkecil agar tidak berat saat dibuka. Berikut hasil foto dari kamera realme 8 Pro di siang hari.

way
way

Hasil foto realme 8 pro - siang hari, dengan bokeh rapi

way
way

Hasil foto realme 8 pro - siang hari, ultra makro

way
way

Hasil foto realme 8 pro - siang hari, makro

Berikut hasil foto dari kamera realme 8 Pro di malam hari, dengan cahaya sangat kurang. Semua foto ini dipotret tanpa flash dan tanpa editing apapun, kecuali ukurannya diperkecil agar tidak berat saat dibuka.

way
way

Hasil foto realme 8 pro - malam hari, mode auto

way
way

Hasil foto realme 8 pro - malam hari, mode 108MP

way
way

Hasil foto realme 8 pro - malam hari, mode Nightscape

way
way

Hasil foto realme 8 pro - malam hari, kondisi sangat gelap

way
way

Hasil foto realme 8 pro - malam hari, kondisi sangat gelap, mode makro

way
way

Hasil foto realme 8 pro - malam hari, kondisi gelap di outdoor

way
way

Hasil foto realme 8 pro - malam hari, kondisi sangat gelap

way
way

Hasil foto realme 8 pro - malam hari, lampu ruangan biasa

Kamera SelfieKamera selfie pada Realme 8 Pro menggunakan sensor Sony IMX471 resolusi 16MP dengan lensa f / 2.5. Kualitas foto selfie bagus, terang dan tajam. Selain itu warnanya alami, dengan tingkat kontras, dan rentang dinamis yang baik. Foto wajah bisa terlihat natural dengan blur yang rapi dan warna yang alami. Di tempat gelap, flash screen bisa diaktifkan untuk mendapatkan foto dan video selfie yang terang alami.Ada pula fitur kamera selfie untuk mempermak foto agar tampak lebih menarik, seperti Smoothen, Thinner face, Bigger eyes, Smaller nose, Chin, Smaller face, Touch up dan 3D.

Video

Menu videonya juga tersedia lengkap, seperti Super Steady, lensa wide atau normal. Yang menarik adalah di menu videonya ada setting manual, yaitu EV, Auto Focus, White Balance, 1/8 detik hingga 1/8000 detik, dan ISO 100 hingga 6400.

Setting manual di video ini membuat kamu bisa mencoba beragam vidoe kreatif untuk membuat konten yang menarik sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Microsoft Luncurkan Kampanye Iklan Anti Produk Apple, Mulai Panas Nih!Hasil rekaman videonya bagus dan tajam, dengan warna alami. Adanya Super Steady membuat rekaman video yang dibuat sambil bergerak, guncangannya bisa teredam dengan baik.

Kami mencoba langsung merekam video di malam hari yang gelap, dengan membonceng sepeda motor. Hasilnya, rekaman guncangan video teredam dengan baik sehingga video bisa dilihat dengan nyaman.

Mode Video Dual-view memungkinkan pengguna merekam dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Penggunaannya misalnya untuk membuat video pendek yang kreatif atau seorang vlogger bisa berjalan sambil menjelaskan suasana di sekitarnya.

Mode Nightscape ternyata tak hanya diberikan di foto. Ada pula mode Ultra Nightscape Video dengan deteksi pencahayaan pintar berbasis AI. Mode ini bisa meningkatkan kecerahan dan kejernihan bidikan, sehingga rekaman video malam yang kurang cahaya bisa terlihat lebih indah.

Mode Video Starry Time-Lapse di realme 8 Pro juga dikembangkan Algoritma Video Time Lapse eksklusif berdasarkan Starry Mode.

Saat memotret dengan Starry Mode, realme 8 Pro akan mengambil 16 foto individual setiap 15 detik, selama 4 menit. Lalu algoritma akan menggabungkannya menjadi gambar akhir.

Namun saat merekam Video Starry Time-Lapse, maka smartphone akan mengambil foto berbintang dalam interval 15 detik, namun hanya menyimpan 15 foto terakhir untuk membuat gambar berbintang. Lalu akhirnya foto-foto ini diigabungkan menjadi video time-lapse dengan kecepatan 30fps.

Hasilnya, kamu bisa merekam Video Starry Time-Lapse tanpa kamera profesional dan software editing video di komputer. Sebanyak 240 foto langit berbintang bisa diambil dalam satu jam, dan kamu akan mendapatkan video selang waktu berbintang 8 detik. Ingat ya, penggunaan tripod adalah wajib di sini.

Baca Juga: Kuota XL Murah April 2021 Bisa Streaming dan Gaming Sampai Puas

Mode Video Time-Lapse Tilt-shift dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur. Caranya dengan menggunakan semacam ilusi optik mata manusia.

Saat kita menatap objek yang sangat dekat dengan kita, maka latar depan dan latar belakang biasanya tidak fokus.

Jika kita menambahkan efek blur yang tepat di gambar seperti itu, maka otak kita mengira kita sedang melihat lanskap miniatur yang sangat dekat dengan kita.

Biasanya, efek buram ini dicapai dengan lensa tilt-shift, yang membuat bagian foto tertentu menjadi jelas, dan sebagian menjadi buram.Mode Tilt-shift juga memungkinkan kamu menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual.

Efek blur bisa dipilih dan disesuaikan agar sesuai dengan pemandangannya. Mode Tilt-shift juga mendukung perekaman video time-lapse dengan pemutaran 10x.

KinerjaKini realme 8 Pro memakai chipset Qualcomm Snapdragon 720G Octa Core yang dibuat dengan proses 8nm, dan dikenal kencang di kelas menengah sekaligus hemat daya.Chipset itu dipadukan dengan memori RAM 6GB dan memori internal 128GB.Yang menarik, realme 8 Pro sudah berbasis Android 11 dengan realme UI 2.0, merupakan versi terbaru dibanding seri realme lainnya.

Saat dicoba, semua aplikasi berjalan lancar dan mulus, termasuk saat menjalankan beragam aplikasi sekaligus (multitasking).

Artinya dengan lancar kamu bisa download file besar sambil menonton youtube, sekaligus mengirim dokumen lewat chat atau email.

Baca Juga: Bos Facebook, Mark Zuckerberg Ketahuan Pakai Aplikasi Signal

way
way

Setting Smooth Ultra game PUBG di realme 8 Pro

Kami juga mencoba berbagai game populer saat ini. Di game Genshin Impact, kami bisa main mentok kanan dengan setting grafik di Highest dan 60 fps, dan bisa berjalan lancar.

Di game Mobile Legend, juga bisa dinikmati dengan grafik mentok kanan, meski tidak ada mode HFR. Dipakai berlama-lama bodinya juga tetap adem.

Berikutnya adalah game PUBG, bisa dinikmati dengan grafik HD High atau smooth Ultra. Suhu bodi juga adem banget dan berjalan sangat lancar.

Skor uji benchmark dengan aplikasi AnTuTu benchmark didapat skor 285270 dan dengan aplikasi Geekbench 5.0 skornya 570 single core) dan 1676 (multi core).

Baterai dan 50W Fast ChargeFast charging Dart sebelumnya juga hadir di seri angka realme lainnya dan seri flagship realme. Lewat 50W Fast Charge, pengguna bisa mengisi ulang setengah kapasitas baterainya yang 4500mAh, dalam waktu sekitar 17 menit. Adapun untuk mengisinya hingga penuh, perlu waktu sekitar 50 menit.

Bagi pengguna yang sibuk, fast charging ini tentu sangat berguna dalam menemani aktifitas harian yang sibuk.

Baterainya sanggup bertahan seharian untuk pemakaian yang cukup intensif dalam aktifitas sehari-hari, dan masih tersisa untuk dipakai esok harinya.

Apalagi ada fitur untuk mengoptimalkan baterai dengan skenario tugas latar belakang, siaga larut malam, dan bahkan saat baterai lemah. Pada level baterai tersisa 5%, baterainya masih bisa dipakai menelpon cukup lama.

Beberapa fitur Pengoptimalan Baterai di realme 8 Pro adalah Mode Kinerja Tinggi atau Kinerja Pintar,Pengoptimalan Saat Kondisi Standby,Aplikasi Quick Freeze,Penjaga Pengisian Malam Hari, danOptimasi Baterai Layar.

Baca Juga: Inilah Fitur Baru WhatsApp Guna Migrasi History Chat Android ke iOS!

NFCrealme 8 Pro juga dilengkapi NFC yang selama ini menjadi fitur yang diinginkan oleh pengguna gadget di Indonesia. Asyiknya, NFC ini hanya diberikan di realme 8 Pro yang dipasarkan resmi di Indonesia.Dengan NFC kamu bisa terhubung ke speaker Bluetooth dan aksesoris lain yang mendukung.

Kebutuhan NFC yang utama tentu saja bisa dipakai mengecek dan mengisi saldo uang elektronik seperti e-money, Flazz atau Brizzi.

Pendapat kami

Smartphone kelas menengah bisa dibilang menjadi pilihan menarik, jika mengharapkan kinerja, kualitas kamera dan kepraktisan penggunaan.

Harganya masih terjangkau dan bisa terus mengejar perkembangan teknologi terbaru yang tersedia. realme 8 Pro menawarkan spesifikasi dan fitur yang menggoda di kelas harganya, yaitu Rp 4.499.000.

Kinerja kencang, baterai cukup awet, layar Super AMOLED yang terang dan tajam, ditambah kualitas kamera yang bisa diandalkan, memang sangat menggoda.

Apalagi ada tambahan fitur yang sangat berguna dalam aktifitas sehari-hari, seperti NFC, fast charging, hingga sensor fingerprint di layar.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya