Ariel Noah Rakit PC Gaming Sendiri, Total Biayanya Puluhan Juta Rupiah!

Selasa, 09 Februari 2021 | 11:00
YouTube/Ariel Noah

Ariel Noah menujukkan PC rakitan nya semasa dia SMP

Nextren.com -Dalam video YouTube terbarunya, Ariel Noahmelakukan kegiatan rakitPC dengan berbagai macam komponen yang bernilai puluhan juta rupiah.

Merakit PC telah menjadi sebuah tren tersendiri dalam beberapa bulan terakhir, meskipun hobi yang satu ini menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Banyakorang tertarik untuk melakukan kegiatan tersebut, tidak terkecuali mereka yang sama sekali tidak mempunyai latar belakang pendidikan di bidang komputer.

Salahsatu publik figur dan musisi indonesia yang juga memiliki minat untuk merakit sebuah PC adalah Ariel Noah.

Baca Juga: Grup Band NOAH Pilih Bagikan Info Lewat Youtube, Bisa Lebih Intim dengan Fans

Ketertarikan Ariel Noah untuk merakit sebuah PC dapat di lihat melalui video Youtube terbarunyadengan judul"Rakit PC - Pemula (Part 1)" yang diunggah pada tanggal 2 Februari 2021, dan bisa dilihat di tautan ini.

Minat Arieluntuk merakit sebuah PC ternyata tidak hanya berdasarkan tren yang saat ini sedang berkembang di masyarakat.

Usut punya usut, Ariel telah mencoba untuk merakit sebuah PC sejak dia duduk di bangku SMP, dan ia pun mempelajari semua cara-cara untuk merakit sebuah PC secara otodidak.

Lalu, komponen-komponen apa saja yang ada dalam PC rakitan terbaru Ariel Noah dan berapa harga setiap komponen?

Yuk simak di halaman berikutnya.

Karena sedang di-support oleh Asus, maka sebagian besar produk yang di gunakan oleh Ariel adalah produk-produk milik Asus.

Akan di tampilkan pula rincian biaya dari setiap komponen yang di gunakan oleh Ariel, dan sebagian besar harga adalah hasil survey di Tokopedia.

Pertama-tama, Ariel memperkenalkan beberapa komponen inti dari sebuah PC yang akan dia rakit, yaitu motherboard, processor, dan RAM.

YouTube/Ariel Noah
YouTube/Ariel Noah

Motherboard, Processor, dan RAM dari Asus TUF yang di gunakan oleh Ariel

Baca Juga: Henry Cavill Rakit PC Gaming Miliknya dari Terang Sampai Gelap, Keren!

Motherboard yang di gunakan oleh Ariel adalah Asus TUF Gaming Z-490 Plus dengan harga di Tokopedia sekitarRp. 3.800.000,-.

Setelah moherboard, komponen inti selanjutnya yang di perkenalkan oleh Ariel dalam video-nya yaitu processor dan RAM.

Ariel menggunakan processor dari Intel yaituIntel Core i7-10700K Socket LGA 1200 dengan harga Rp. 5.800.000,- dan dua buah RAM gaming dari Asus yaituDELTA TUF Gaming Alliance RGB DDR4 2x16 GB yang memiliki harga sekitar Rp. 2.200.000,-.

Setelah selesai dengan ketiga komponen inti tersebut, Ariel melanjutkan kegiatan rakit PC nya dengan memperkenalkan komponen-komponen pendukung lainnya.

Media penyimpanan (storage device) menjadi komponen selanjutnya yang akan di gunakan oleh Ariel dalam PC rakitannya.

Ariel menggunakan dua buah SSD dari T-Force sebagai media yang akan di gunakan untuk menyimpan segala macam data.

YouTube/Ariel Noah
YouTube/Ariel Noah

Ariel menjelaskan motherboard Asus TUF Gaming Z-490 Plus yang dia gunakan dalam PC rakitannya

Dua buah SSD tersebut adalah Cardea II M.2 PCIe SSD 512GB dengan harga Rp. 1.300.000,- danDelta S TUFGaming Alliance RGB SSD 512GB dengan harga sekitar Rp. 1.200.000,- di website resmi Asus.

Komponen selanjutnya yang di perkenalkan oleh Ariel adalah VGA Carddengankapasitas sebesar 6GB.

Produk VGA Card yang dia gunakan untuk PC yang dia rakit kali ini adalah Asus TUF Gaming GTX1660S 6GB yang memiliki kisaran harga sekitar Rp. 5.400.000,- di Tokopedia.

Selain itu, untuk mendinginkan PC rakitannya nanti, Ariel juga menyematkan sebuahCPU Coolerdari Asus yang sudah menerapkanteknologi liquid.

CPU Cooleryang digunakan oleh Ariel untuk PC rakitannya yaituAsus TUF Liquid Cooler 240 RGB dengan harga di Tokopedia sekitar Rp. 2.100.000,-.

Selanjutnya, Ariel memperkenalkan beberapa komponen seperti Power Supply, Case, Monitor, Keyboard, Headset, Mouse, dan Mousepad yang juga akan di pasang dalam PC rakitannya.

YouTube/Ariel Noah
YouTube/Ariel Noah

Storage device dari T-Force yang digunakan oleh Ariel

Ariel menggunakan power supply milik Cooler Master yang memiliki kode nama produk MasterWatt 750 TUF Gaming Edition dengan kisaran harga Rp. 1.480.000,- dan kemampuan daya hantar listrik sebesar 750 watt.

Beberapa komponen pendukung lain yang diperkenalkan oleh Ariel adalah Monitor, Keyboard, Headset, Mouse, dan Mousepad.

Ariel menggunakan beberapa produk varian gaming dari Asus TUF seperti, Monitor AsusTUF GAMING VG279Q1A, Keyboard TUF GAMING K5, HeadsetTUF GAMING H3, MouseTUF GAMING M3, dan TUF GAMING P3 untuk Mouse Pad.

Rincian harga dari setiap produk-produk tersebut antara lainRp. 4.100.000,- untuk Monitor, Keyboard seharga Rp. 850.000,-, Headset dengan harga sekitar Rp. 715.000,-, Mouse yang berharga Rp. 300.000,-, dan Mouse Pad yangkisaran harganya sekitar Rp. 200.000,-.

Terakhir, Ariel menujukkan produk Casing keluaran dari Asus TUF lainnya, yakniTUF GAMING GT501 dengan harga sekitar Rp. 2.300.000,-.

Jika di jumlahkan, total rincian biaya dari setiap komponen yang di gunakan oleh Ariel untuk merakit PC berkisar di angka Rp. 31.745.000,-.

Baca Juga: Henry Cavill Rakit PC Gaming Miliknya dari Terang Sampai Gelap, Keren!

YouTube/Ariel Noah
YouTube/Ariel Noah

Ariel menjelaskan Power Supply milik Cooler Master yang memiliki daya hantar sebesar 750 watt

Baca Juga: 5 Inspirasi Case PC Keren yang Bisa Kamu Pakai, Siap Tampung Spek Dewa

Video Ariel Noah merakit PC ini sendiri telah di tontonsebanyak 760.000 kali dan memancing beberapa respon unik dan menarik dari beberapa orang di kolom komentar.

YouTube/Ariel Noah
YouTube/Ariel Noah

Kolom komentar video Ariel Noah Rakit PC yang di isi beberapa komentar unik dan menarik

Komentar-komentar tersebut rata-rata memuji kemampuan Ariel dalam merakit PC dan cara dia menjelaskan detail-detail komponen dalamvideo rakit PC ini.

"nyanyi bisa, bikin lagu bisa, main alat musik bisa, gambar bisa, benerin motor bisa, bikin rak bisa, sekarang bikin pc bisa juga :)"

"kang lu ngejelasin lebih bagus daripada dosen gua. btw gue kuliah IT dulu"

"Nah ini yang disuka dari kanalnya Ariel, cara jelasinnya tuh mudah dimengerti."

Jadi kesimpulannya, merakit PC adalah suatu bentuk kegiatan yang dapat dilakukan oleh semua orang, meskipun biaya yang di keluarkan juga tidak akan sedikit.

Musisi dan publik figur, Ariel Noah adalah salah satu contoh orang yang menggemari kegiatan ini.

Bahkan dia pun menyebut bahwa kegiatan ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan dan merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Baca Juga: Komentar Nyeleneh Warganet Tentang Mati Lampu PLN, Singgung Jaman Batu

Sebagai penutup, Ariel mengajak orang-orang yang tertarik untuk merakit PC untuk berani mencoba dan tidak takut akan kegagalan, karena semua hal itu akan terbayarkandengan sebuah kepuasanketika PC yang dirakit sudah jadi.(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : YouTube

Baca Lainnya