Inilah 5 Kategori Produk Terlaris di Tokopedia di Akhir Tahun 2020

Senin, 28 Desember 2020 | 21:51

Tokopedia

Nextren.com - Tokopedia menjelang akhir tahun mengumumkan pencapaian platformnya yang mendapat pengguna aktif bulanan lebih dari 100 juta.

Pengguna tersebut berbelanja di aplikasi dan menurut data internal Tokopedia mereka banyak melakukan transaksi di 5 kategori produk menjelang akhir tahun 2020.

Tokopedia saat ini juga sudah memiliki banyak UMKM yang mendaftar, sehingga pengguna tidak perlu bingung untuk memilih toko belanja.

"Kini ada lebih dari 9,9 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100 persen-Nya UMKM. Artinya, ada kenaikan sebesar lebih dari 2,7 juta dari 7,2 juta penjual sejak sebelum pandemi Januari lalu," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Baca Juga: Inilah Fungsi Proteksi Gadget di Tokopedia, Bakal Diganti Jika Rusak atau Dijambret

Baca Juga: 5 Tips Fotografi Untuk Penjual Makanan Online, Agar Makin Cuan!

Lima kategori dengan peningkatan transaksi menjelang akhir tahun tersebut adalah

Makanan dan Minuman

eCommerce saat ini tidak hanya menawarkan produk seperti fesyen, atau peralatn rumah tangga. Tetapi makanan dan minuman juga ada.

Menurut Tokopedia, transaksi kategori Makanan dan Minuman meningkat lebih dari 3x lipat menjelang akhir tahun.

Produk sembako lokal seperti madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras menjadi produk paling dicari masyarakat belakangan ini.

Kesehatan

Selama pandemi, eCommerce termasuk Tokopedia ramai dengan toko yang menawarkan obat-obatan atau masker.

Kategori ini meningkat lebih dari 3x lipat dan masker tetap menjadi produk yang paling diburu masyarakat.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Untuk Ajukan Klaim Asuransi Gadget di Tokopedia

Perawatan Hewan

Banyak pengguna Tokopedia yang ternyata hobi merawat hewan peliharaan.

Buktinya di kategori ini juga terjadi sebuah peningkatan transaksi menjadi lebih dari 3x lipat.

Barang yang dibeli atau yang paling laris ialah aquarium, makanan kucing, ikan dan anjing.

Baca Juga: 5 Serial Film Ini Sedang Disiapkan Netflix, Termasuk Anime One Piece

Buku

Karena pandemi mengharuskan semua masyarakat berlindung di dalam rumah, maka toko buku terpaksa sepi pengunjung.

Padahal di tengah pandemi seperti ini membaca buku diminati oleh para pengguna Tokopedia.

Itu karena data dari perusahaan mengatakan ada peningkatan transaksi pada kategori Buku di Tokopedia sebesar hampir 2,5x lipat.

Genre atau jenis buku yang populer dibeli ialah tentang pengembangan diri, karir, anak, novel non-fiksi hingga religi menjadi produk yang paling populer.

Pertukangan

Yang dimaksud kategori pertukangan ialah alat-alat yang bisa membantu pengguna dalam merenovasi rumah.

Baca Juga: Deretan Tokoh Perempuan di Balik Teknologi Platform Tokopedia Diperkenalkan

Peningkatan transaksi kategori Pertukangan yang mencapai lebih dari 2,5x lipat, produk yang diminati ialah kertas dinding, pompa angin, serta perlengkapan listrik seperti adaptor dan stop kontak.

Tokopedia mengatakan kedepannya akan terus berkomitmen dalam membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi, terutama di tengah pandemi.

"Caranya dengan terus berkolaborasi dengan para mitra strategis demi menciptakan inovasi terbaik yang bisa mempermudah kehidupan masyarakat," ungkap Ekhel.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto