Nextren.com - Hanya dalam hitungan beberapa minggu lagi, masyarakat dunia akan menyambut tahun 2021.
Namun dalam melewati tahun 2020, banyak sekali peristiwa yang merubah aktivitas serta pola hidup.
Pasalnya keberadaan pandemi telah membuat kita harus menjalankan kegiatan secara jarak jauh.
Mulai dari bekerja, sekolah, hangout, acara kenegaraan, hingga mencari jodoh harus dilakukan secara digital.
Baca Juga: Ini 5 HP Murah Harga Rp 1 Jutaan dengan RAM 4GB, Anti Ngelag!
Hal itu pun telah membuat catatan baru dalam urusan konsumsi internet para penggunanya di seluruh dunia.
Riset menyebutkan kalau setidaknya orang-orang menghabiskan waktu kurang lebih 8 jam sehari untuk berselancar di dunia maya.
Melihat kondisi tersebut, menarik untuk kita memprediksi perilaku seperti apa yang akan dilakukan oleh para konsumen internet di tahun 2021.
Berikut 5 prediksi konsumen internet yang ada berdasarkan survei yang dilakukan oleh The Verge kepada ratusan responden.
1. Jualan Online Makin Menjamur
Sejak pandemi hampir mewabah di seluruh dunia, banyak pegawai kantoran yang dirumahkan atau bahkan di pecat.
Kondisi tersebut pun jelas membuat banyak orang kebingungan untuk mencari penghasilan.
Baca Juga: 5 Keuntungan Jualan Online Sebagai Dropshipper, Cocok Buat Mahasiswa
Berdagang pun menjadi salah satu cara yang dinilai paling efektif.
Penggunaan platform digital seperti marketplace atau media sosial pun menjadi langkah yang efektif dalam mengembangkan bisnis penjualan secara cepat.
Oleh karena itu, konsumen internet di tahun 2021 kemungkinan besar akan semakin terbiasa dan semakin paham bagaimana caranya berjualan online.
Baca Juga: 5 Tips Fotografi Untuk Penjual Makanan Online, Agar Makin Cuan!
Apalagi beberapa media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp pun sudah memiliki fitur untuk para penjual bisa menjajakan dagangannya langsung di platform.
2. Kerja Jarak Jauh
Dengan skema bekerja dari rumah (WFH) yang sudah berjalan kurang lebih 10 bulan, para pegawai kantoran dianggap sudah mulai terbiasa dengan hal tersebut.
Jadi ada kemungkinan kalau skema baru ini bakal diteruskan oleh sejumlah perusahaan.
Keberadaan aplikasi telekonferensi yang semakin biasa digunakan pun menjadi salah satu alasan penetapan skema WFH di masa depan.
Bahkan bisa jadi, akan ada perusahaan-perusahaan yang mengembangkan Augmented Reality (AR) atau virtual reality (VR) untuk membuat kantor secara digital agar para pegawai tidak merasa bosan untuk bekerja dari rumah.
Baca Juga: Agar Cari Kerja Jadi Lebih Mudah, LinkedIn Rilis Fitur Career Explore
3. Bioskop Secara Virtual
Di masa pandemi, menonton film di bioskop mungkin menjadi salah satu tempat yang dirindukan.
Pasalnya sering kali orang-orang menghabiskan waktu untuk refreshing dengan cara tersebut.
Namun keberadaan layanan streaming seperti Netflix dan yang lainnya telah sedikit mengobati rindu masyarakat terhadap bioskop.
Baca Juga: Inilah 3 Platform Legal Untuk Nonton Attack On Titan Season Final
Apalagi saat ini banyak film-film baru yang memang sengaja dirilis di platform streaming.
Jadi tidak menutup kemungkinan kalau di tahun 2021, bioskop akan mulai berpindah secara virtual dengan membuat skema nonton secara virtual.
4. Aplikasi Audio Mulai Populer
Satu tren baru yang terjadi di masa-masa orang berdiam diri di rumah adalah menikmati layanan audio.
Mungkin ini memang sedikit kuno, namun data menyebutkan kalau layanan audio seperti podcast mulai mendapatkan pasarnya sendiri.
Spotify yang menyediakan itu pun tengah menggaet beberapa kreator podcast untuk melakukan kerja sama.
Baca Juga: Fitur Baru Spotify Akan Dirilis, Bisa Hilangkan Momen Hening di Podcast
5. Aplikasi Kencan Punya Potensi Besar
Terakhir adalah prediksi terkait lonjakan yang bisa dirasakan oleh aplikasi kencan.
Pasalnya selama masa karantina, orang-orang harus mengisolasi diri dari lingkungan.
Hal itu jelas membuat ruang aktivitas untuk bersosialisasi menjadi terbatas.
Jadi adanya Tinder, Bumblee, Badoo, atau yang lainnya kemungkinan besar bakal menjadi alternatif orang guna mencari kenalan baru.
Baca Juga: Kumpulan 10 Tren Populer 2020 di Tinder, Ngajak Mabar Main Among Us?
Bahkan bisa jadi, akan semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut agar mendapat jodoh.
Nah, itulah 5 prediksi terkait konsumen internet di tahun 2021 versi survei The Verge.
Menurut kamu apakah hal tersebut akan terjadi di tahun depan? atau justru akan ada pola lain yang belum ditemukan?
(*)