Oppo Pamerkan Hasil Desain Konseptual Perangkat Berkolaborasi Dengan Nendo

Senin, 14 Desember 2020 | 19:30

Ilustrasi perangkat Oppo

Nextren.com -Oppo hari ini (14/12) memamerkan beberapa desain konseptual perangkat.

Kali merupakan hasil kolaborasi bersama nendo, studio desain Jepang yang didirikan oleh Oki Sato

Desain konseptual ini dibuat berdasarkan filosofi desain yang berpusat pada manusia di China International Industrial Design Expo (CIIDE) ke-4.

Kolaborasi antara Oppo dan nendo diprediksi bisa mengeksplorasi kemungkinan desain masa depan.

Baca Juga: Harga Diskon HP OPPO di Shopee 12.12, Ada yang Diskon Rp 2,2 Juta!

Selama pameran, Oppo juga memamerkan serangkaian desain produk klasiknya, yang menampilkan wawasan dan eksplorasi unik ke dalam desain bentuk, material, dan interaksi yang telah terjadi sejak awal berdirinya perusahaan.

Pameran Desain Industri Internasional China adalah acara tingkat nasional yang berfokus pada desain industri di China.

Dengan tema tahun ini yaitu "Desain Baru, Tren Baru, Momentum Baru", Oppo menampilkan eksposisi retrospektif, menampilkan desain produk klasik terkemuka di industri dari seluruh sejarahnya.

Pada China International Industrial Design Expo, Oppo memamerkan desain konseptual slide-phone dan music-link yang telah dikerjakan bersama dengan nendo.

Ide untuk ponsel geser ini berawal dari penemuan Oppo dan nendo.

Bahwa pengguna smartphone semakin mengandalkan smartphone mereka untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka.

Untuk mendukung lebih banyak fungsionalitas, smartphone didesain dengan ukuran yang terus bertambah, sehingga sulit untuk digenggam dan kurang nyaman.

Tren ponsel yang lebih besar ini telah menjadi perhatian para pengguna.

Baca Juga: Oppo Prediksi Kriteria HP Unggulan di Tahun 2021, Termasuk Layar Besar dan 5G

Berbekal wawasan ini, konsep ponsel geser dirancang dengan tiga layar lipat yang dipasang dengan engsel yang bisa dilipat ke arah yang sama.

Dengan memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk mengubah bentuk telepon sesuai kebutuhan, pengguna juga dapat memanfaatkan kemampuan untuk mengubah ukurannya agar sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, stylus yang dimasukkan ke dalam telepon memungkinkan pengguna untuk meningkatkan produktivitas mereka dengan menggunakan telepon untuk bekerja atau tugas lain yang lebih kompleks.

Ponsel geser Oppo x nendo

Desain konseptual Oppo dan nendo lainnya, yaitu music-link adalah kumpulan perangkat yang berpusat pada sepasang earphone TWS yang juga mencakup jam tangan pintar, speaker AI, pengisi daya portabel, dan pengisi daya nirkabel.

Semua perangkat dirancang dalam bentuk organik yang ramping, mengadopsi desain afinitas yang mencerminkan nilai estetika pengguna saat ini.

Saat earphone TWS dan wadah pengisi daya portabel ditempatkan pada speaker, pengguna dapat menikmati pengalaman musik yang mulus saat beralih dari headphone ke speaker.

Desain simbiosis antar perangkat ini, dan penekanan pada portabilitas dan kenyamanan, mencerminkan integrasi teknologi Oppo dan human-centricity dalam filosofi desainnya.

Baca Juga: Full-path Color Management System Perdana Untuk Akurasi Warna Layar HP, Diterapkan di OPPO Find X3

Desain konseptual music link Oppo

"Saya terkesan dengan filosofi Oppo, yang lebih dari sekadar memanfaatkan teknologi terbaru dan mengejar hubungan yang nyaman antara orang-orang dan produk mereka melalui pendekatan desain yang berpusat pada manusia," ujar CEOdan desainer kepala nendo, Oki Sato.

Ia juga berkata, menantikan untuk melihat konsep baru dari tim Oppo serta melihat bagaimana mereka berhasil mencapai keseimbangan lebih lanjut antara teknologi dan keterlibatan emosional.

Kedua pihak sama-sama memuji satu sama lain.

Desainer utama OPPO Industrial Design Xiao Bo juga mengatakan, desain nendo sangat selaras dengan filosofi manusia-sentris Oppo.

"Oppo bertujuan untuk menghadirkan pengalaman produk yang menyenangkan kepada pengguna dengan teknologi mutakhir dan desain estetika. Kemitraan ini dibangun di atas keyakinan bahwa, untuk menciptakan produk teknologi inovatif dengan tingkat kenyamanan yang tepat bagi pengguna, kita harus fokus pada manusia," jelas Xiao Bo.

Ke depannya, Oppo akan menggandakan pendekatan ini dengan merekayasa produk dengan pengalaman yang lebih mulus dan ramah pengguna.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya