Rekomendasi 5 Film Indie GoPlay Untuk Temani Akhir Tahun 2020

Senin, 14 Desember 2020 | 17:29
Fahmi Bagas

Poster film Perempuan Tanah Jahanam di aplikasi GoPlay.

Nextren.com -GoPlay memiliki menu khusus untuk menampilkan deretan film indie Indonesia.

Film indie ini bisa kalian nikmati pada tahun baru 2021 di aplikasi GoPlay.

GoPlay punya lebih dari 200 film indie berkualitas yang bisa ditonton kapan pun dan dimanapun.

Berikut lima rekomendasi film indie yang menarik untuk ditonton.

Baca Juga: Dukung Sutradara Indie Indonesia, Kini Bisa Kasih Tip Lewat GoPlay

One ofThose Murder

One of Those Murder

Ide pembuatan film bergenre dark comedy ini berawal dari kemarahan sang sutradara, Jerry Hadiprojo tentang budaya selalu ingin menjadi viral yang belakangan marak di masyarakat.

Menurut Jerry, keinginan menjadi viral mendorong seseorang melakukan hal-hal tidak baik yang tidak sedikit juga akhirnya bahkan berujung mencelakakan orang lain.

"Orang seakan tidak peduli atas dampak dari apa yang mereka lakukan, asalkan konten yang mereka buat viral dan jadi pembicaraan masyarakat," ujar Jerry.

Film berdurasi 10 menit 37 detik ini menjadi sindiran Jerry pada budaya viral yang banyak disalahgunakan saat ini.

One of Those Murder bercerita tentang dua orang office boy, Wibi yang diperankan Getar Jagatraya dan Ipul diperankan Yudhi Arfani yang menemukan mayat seorang perempuan di area gudang.

Budaya viral mendorong mereka untuk merekam penemuan mayat tersebut dengan cara-cara yang nyeleneh tanpa rasa simpati, padahal mayat tersebut adalah teman satu kantor mereka.

Baca Juga: Begini Curhat Sutradara Work From Home Serial Terbaru GoPlay, Ngeditnya Susah!

One of Those Murder sudah hadir di sejumlah festival bergengsi dan mendapatkan beberapa penghargaan, antara lain Silver Award for Best Dark Comedy dan Bronze Award for Best Acting Duo pada Independent Shorts Awards 2019 di Los Angeles.

Friends

Friend

Friends merupakan karya dari sutradara Yandi Laurens yang menceritakandua orang sahabat Joko diperankan Suratin) dan Widodo diperankan Sugengyang sepanjang hidup mereka selalu berkelahi.

Uniknya, bukan berkelahi secara fisik tapi masing-masing karakter punya hobi yang memancing kemarahan yang lain.

Joko hobi menembaki ayam kampung milik Widodo, sedangkan Widodo selalu membalas keisengan Joko dengan membakartembok rumahnya.

Film ini mengajakpenonton untuk menikmati suguhan rasa sayang dua orang sahabat dengan penggambaran watak yang unik.

Friends berdurasi 13 menit yang bisa jadi tontonan seru yang membuat penonton senyum-senyum sendiri melihat tingkah Joko dan Widodo.

Moth

Moth

Moth memiliki arti ngengat yang bercerita tentang Yeni diperankan Sekar Sari sebagai seorang perempuan yang merasa tidak bahagia karena kehidupannya yang miskin dan tinggal di desa terpencil.

Baca Juga: Smart TV Sony di Indonesia Kini Bisa Akses Apple TV+ dan Apple TV channel

Sebagaimana ngengat yang selalu mengerumuni lampu yang terang, Yeni meyakini bahwa ia tidak akan pernah merasa bahagia jika selamanya tinggal di desa yang miskin.

Ia bermimpi bisa tinggal di kota, dengan gemerlap indahnya warna lampu, kehidupan yang dinamis, dan kesempatan untuk bertemu banyak orang.

Sang sutradara, Adrian Permata Scanlon, menceritakan makna kebahagiaan lewat kacamata sederhana seorang Yeni yang mencari kebahagiaan lewat mimpi akan perubahan.

Kebahagiaan disimbolkan pada tato berbentuk hati di pergelangan tangan Yeni, yang berubah warna ketika ia merasa bahagia

Pintu

Pintu

Apa jadinya jika dalam suatu momen bahagia, atau lebih tepatnya ketika sedang makan bersama dengan orang tercinta, seorang pria tersedak dan bangun di suatu ruangan asing?

Baca Juga: 5 Film yang Paling Banyak Dibeli di Google Play Store Selama 2020

Di ruangan asing itu pemeran utama Khiva Iskak bertemu dengan seorang pria berdasi yang akan mewawancarainya mengenai kehidupan yang telah ia jalani untuk memutuskan hidup dan matinya sang pria tersebut.

Tokoh utama merasa bingung, marah, sekaligus kaget bercampur menjadi satu.

Penulis skenario dan sutradara Ryan Monoarfa mengajak penonton untuk menyelami makna kehidupan sekaligus bersiap akan sesuatu hal ekstrim yang bisa saja terjadi dalam waktu yang tak terduga.

Persoalan kepercayaan, pasangan, cinta, dan jati diri diramu dalam film berdurasi 9 menit ini.

The Whisper

The Whisper

The Whisper bercerita mengenai dua orang pria, yakni Martin diperankan Martin Anugrah dan Steve diperankan Steve Pattinama yang terpaksa harus menginap di sebuah losmen angker demi menghemat biaya perjalanan.

Aura mencekam dan keanehan sudah mulai Martin rasakan sejak menginjakkan kaki di kamar losmen tersebut.

Baca Juga: Dukung Sutradara Indie Indonesia, Kini Bisa Kasih Tip Lewat GoPlay

Di menit ke dua, bisikan-bisikan halus mulai intens terdengar yang kemudian berlanjut dengan penampakan sosok seram berambut panjang.

Meskipun berdurasi singkat hanya 8 menit, penonton bisa tetap merasakan tegang dan takut.

Film indie yang dihadirkan pada GoPlay sudah berkeliling ke festival-festival bergengsi, baik nasional maupun internasional.

Alur ceritanya cukup unik, sarat akan pesan tentang kehidupan, dengan gaya pengambilan gambar yang sangat berbeda dari film mainstream, menjadi daya tarik film indie yang nggak boleh dilewatkan.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya