WhatsApp Resmi Hadirkan Fitur Pesan Sementara, Hilang Otomatis Setelah 7 Hari

Jumat, 06 November 2020 | 19:15
Google Play

Aplikasi WhatsApp

Nextren.com - WhatsApp resmi menggulirkan fitur yang memungkinkan pengguna dapat mengirim pesan yang sifatnya hanya sementara, lalu akan hilang secara otomatis dalam waktu tertentu.

Menurut blog resmi WhatsApp berbahasa Indonesia, fitur pesan sementara di WhatsApp resmi dirilis di beberapa negara mulai hari ini, Kamis (5/11/2020) lewat pembaruan (update) terbaru di platform Android dan iOS.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, bisa mengecek update di masing-masing toko aplikasi.

Kami belum mendapatkan fitur ini saat berita ini ditayangkan. WhatsApp mengatakan bahwa fitur ini hadir untuk memberi kemudahan pengguna apabila mereka tidak ingin menyimpan pesan dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Cara Manfaatkan Fitur Status atau Stories WhatsApp Untuk Jualan

"Kami bertujuan untuk membuat percakapan di WhatsApp, semakin terasa seperti berbicara tatap muka secara langsung, yang artinya percakapan tersebut tidak harus tersimpan selamanya," tulis WhatsApp dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (5/11/2020).

Setelah fitur ini diaktifkan, pesan baru yang dikirim lewat kolom chat antar pribadi (bukan di grup), akan hilang secara otomatis setelah tujuh hari.

Menurut pihak WhatsApp, opsi ini tidak akan memengaruhi pesan yang dikirim atau diterima di chat sebelum fitur pesan sementara diaktifkan.

Perlu dicatat, untuk percakapan di grup (WhatsApp Group), fitur pesan sementara hanya bisa diaktifkan oleh admin grup saja.

"Kami memulai dengan kurun waktu tujuh hari. Menurut kami, jangka waktu ini menawarkan rasa tenang sebab pengguna tahu percakapan tersebut tidak bersifat permanen, tetapi tetap praktis agar Anda tidak lupa apa yang sedang dibicarakan," jelas WhatsApp.

Secara default, pesan yang Anda terima di WhatsApp akan diunduh secara otomatis ke dalam penyimpanan foto.

Apabila fitur pesan sementara dinyalakan, media yang dikirim di chat akan hilang tetapi akan tersimpan di galeri ponsel jika opsi "unduh otomatis" dinyalakan.

Baca Juga: Cara Mudah Video Call WhatsApp via Laptop, Tak Repot Lagi Saat Sedang Kerja

Jika pesan sementara diteruskan ke chat dengan fitur "pesan sementara" yang dimatikan, maka pesan yang diteruskan itu tidak akan hilang di chat.

Namun, apabila pengguna membuat cadangan (backup) sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan (backup) tersebut.

Nantinya, pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan percakapan dari cadangan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul"WhatsApp Rilis Fitur Pesan Sementara, Hilang Otomatis 7 Hari" Penulis : Conney Stephanie

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya