Perbandingan Hape Kelas Menengah realme 7 vs Vivo V20 SE, Ini Jawabannya!

Senin, 02 November 2020 | 15:38
realme dan Vivo

realme 7 dan Vivo V20 SE

Nextren.com – Kelas menengah di pasar smartphone sungguh menarik.

Ada begitu banyak vendor smartphone yang masuk di segmen ini dan memberikan suguhan menarik, baik dari sisi desain, kinerja, kamera, fitur, hingga harganya.

Dari sisi konsumen, smartphone kelas menengah ini memang terbilang menjanjikan menilik rasio harga dan kinerjanya.

Apalagi saat ini ada banyak, pilihan, termasuk dari merek realme dan Vivo.

Ya, dunia smartphone kelas menengah tak pernah berhenti kedatangan produk baru. Sebagai sebuah segmen yang gemuk, vendor smartphone terus berusaha menghadirkan smartphone kelas menengah yang paling powerful. Di segmen ini, ada dua smartphone baru yang menarik perhatian yakni realme 7 dan Vivo V20 SE. Bermain di segmen yang sama, menarik rasanya untuk membandingkan kedua smartphone ini dari segi spesifikasi. Yuk simak perbandingannya.

Desain dan layarPerbandingan dalam hal desain untuk kedua produk ini terlihat menarik untuk disimak. Mulai dari realme 7 yang terinspirasi dari ruang kaca di alam hingga menghadirkan desain kaca yang cemerlang. Dari segi dimensi, realme 7 terasa pas di tangan pengguna. Urusan warna, ditawarkan warna gradasi yang cerah dan mencerminkan semangat kreatif generasi muda. Saat ini, realme 7 tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Mist White dan Mist Blue.

Baca Juga: TikTok di Amerika Tidak Jadi Diblokir, Hakim Blokir Larangan Trump

realme
realme

realme 7 dengan 30W Dart Charge

Layar realme 7 berukuran 6,5 inci Full HD+ didukung refresh rate 90Hz, yang membuatnyasangat cocok untuk kegiatan gaming

Selain itu, realme 7 disebut sebagai smartphone pertama yang lulus Verifikasi Tahan Uji Smartphone TÜV Rheinland, yang berisi 23 pengujian utama dan 72 pengujian kecil, yang mencakup banyak skenario penggunaan umum.

Adapun Vivo V20 SE membawa layar Full HD+ berukuran 6,44 inci dengan panel AMOLED. Desain layar Vivo V20 SE juga menawarkan bentuk poni tetes air sebagai dudukan untuk kamera di bagian depan.

Kamera

Soal fotografi di kedua ponsel ini juga tak kalah menarik.

realme 7 menawarkan pengalaman flagship di seri angka mereka, lewat Quad kamera terdiri dari kamera utama 64MP dengan sensor Sony IMX682, lensa sudut ultra lebar 8MP 119°, serta lensa makro dan lensa potret B&W yang masing-masing berukuran 2MP.

Sementara untuk keperluan selfie, disediakan kamera 16MP. Lalu ada tiga filter malam yang tengah populer di kamera realme 7, yaitu Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Dengan sekali ketuk, pengguna bisa menghasilkan foto keren di malam hari.

Baca Juga: Cara Cek Username Instagram yang Pernah Dipakai Akun Lain, Bisa Cegah Dari Penipuan

Lalu bagaimana dengan kamera belakang Vivo V20SE? Kamera belakang Vivo V20SE, terdiri dari 3 kamera belakang berupa lensa utama 48MP, lensa wide-angle 8MP, dan 2MP untuk depth. Sementara kamera depannya lebih unggul karena menggunakan kamera 32MP.

Chipset

Soal performa, realme 7 terlihat fokus pada gaming, apalagi menjadi smartphone pertama yang dibekali chipset gaming MediaTek Helio G95.

Chipset MediaTek Helio G95 ini secara khusus dirancang untuk gaming smartphone, dengan melewati proses 12nm sehingga lebih bertenaga dan efisien. Bahkan dalam pengujian AnTuTu, chipset ini dapat mencetak skor lebih dari 300.000

Prosesor Helio G95 yang bertenaga dari realme 7 jug dilengkapi dengan sistem pendingin Carbon Fiber canggih yang bisa mendinginkan suhu hingga 8,6%, untuk menjaga kinerja ponsel tetap cepat.

Adapun Vivo V20SE bertumpu kepada prosesor mainstream chipset Snapdragon 665 yang sudah banyak digunakan vendor lain.

Dapur pacu Vivo V20SE juga turut didukung oleh RAM8GB plus internal memori 128GB.

Baterai

Soal pengisian daya, realme 7 dibekali baterai 5000mAh dengan pengisian 30W Dart Charge yang ditingkatkan, sehingga baterai 5000mAh dapat diisi hingga 100% dalam 65 menit. Jika dalam 26 menit, baterai dapat terisi hampir 50%.

Baterai Vivo V20 SE berkapasitas 4100mAh dan sudah mengadopsi fitur pengisian daya cepat dual engine fast charging 33W. Di atas kertas realme 7 tampak lebih menonjol ketimbang Vivo V20 SE dalam aspek ini.

Baca Juga: Cara Translate Jurnal Berbahasa Inggris Cepat dan Mudah, Hasilnya Langsung Jadi Dokumen Word

Pendapat Kami`

Jika disimpulkan, kedua smartphone memiliki keunggulan masing-masing untuk menarik perhatian konsumen.

Namun jika ditilik lebih lanjut, realme 7 memiliki beberapa nilai lebih dibanding Vivo V20 SE.

Di sebagian besar aspek, realme 7 unggul seperti dalam hal konfigurasi empat kamera belakang, chipset, performa, serta kapasitas dan daya tahan baterai.

Dengan banderol sekelas, yaitu Rp 3,9 juta, realme 7 bisa menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang mencari smartphone midrange yang dapat diandalkan untuk aktifitas sehari-hari.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya