Transformasi Digital XL Axiata untuk Efisiensi dan Efektivitas Lewat SAP S/4HANA Cloud

Selasa, 20 Oktober 2020 | 21:05
delawareconsulting

Ilustrasi SAP S4HANA Cloud

Nextren.com – Persaingan ketat dan perubahan di masyarakat, menuntut perusahaan untuk bisa mengambil keputusan secara cepat pula, juga punya akurasi data yang tinggi.

Hal itu bisa dipenuhi jika seluruh proses bisnis perusahaan terintegrasi penuh, dan bisa diakses dari mana saja lewat sistem cloud.

Hal itu mendasari operator seluler XL Axiata untuk menggunakan SAP S/4 HANA Cloud untuk seluruh proses bisnisnya.

Bisa dibilang, XL Axiata menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang menggunakan SAP S/4 HANA Cloud.

Baca Juga: Yuk Kenali Fitur Penting TikTok Ini Sebelum Membuat Video Populer di For Your Page

Ini menjadi bagian dari strategi untuk menjadi pelopor di industri telko dan memimpin transformasi digital untuk operasional yang end-to-end.

Situasi industri telko yang sangat dinamis dan penuh dengan tuntutan, dengan lebih dari 56,7 juta pelanggan di seluruh Indonesia, XL Axiata telah menjadikan transformasi digital perusahaan sebagai bagian utama dari strategi bisnis mereka,

Tujuan akhirnya adalah memberikan efisiensi dan efektivitas yang lebih baik untuk tata kelola yang baik, pengambilan keputusan dan aktivitas operasional yang lebih baik.

“XL Axiata berhasil melakukan transformasi menjadi pemimpin dalam hal penyedia layanan digital dan data. Kami sangat percaya dan berkomitmen penuh terhadap transformasi digital sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan,” kata Yessie D. Yosetya, Director & Chief Information-Digital Officer XL Axiata, lewat aplikasi Zoom hari ini (20/10).

Mengapa digunakan SAP S/4HANA Cloud? Menurut Yessie, SAP dianggap memiliki teknologi yang handal dari penyedia layanan ERP terbaik di dunia untuk membantu mereka mentransfromasi proses bisnis di seluruh operasional.

"Keputusan untuk beralih ke cloud juga membuat kami bisa mempunyai keunggulan yang sangat besar di segmen pasar pra bayar yang sangat dinamis dan tumbuh pesat di Indonesia,” kata dia.

Dengan transformasi digital, XL Axiata kembali memilih SAP untuk solusi ERP berbasis cloud dan untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan secara end to end.

Perusahaan saat ini disebut telah menggunakan layanan SAP untuk seluruh proses bisnis mulai dari order to cash, procure to pay, record to report dan hire to retire. Selain itu, SAP S/4HANA Cloud juga terintegrasi dengan sistem manajemen inti disekitarnya, seperti manajemen tower, sourcing, manajemen aset jaringan, dan billing.

Baca Juga: Viral 3x3 Instagram di Twitter, Begini Maksud dan Cara Mengikutinya

xl
xl

Jajaran direksi XL Axiata luncurkan penerapan SAP 4HANA.jpg

Keunggulan lainnya dari SAP S/4HANA Cloud adalah memberikan infrastruktur TI yang lebih sederhana dan efisien, yang mampu menyediakan source of truth tunggal bagi keuangan ataupun data perusahaan lainnya.

SAP S/4HANA Cloud juga bisa membantu managemen untuk membuat keputusan yang lebih strategis lewat input dari dashboard keuangan yang memberikan wawasan secara realtime.

Pada akhirnya, hal ini membuat XL Axiata lebih lincah dalam merespon pasar.

Selain itu, layanan cloud ini membantu XL Axiata untuk memenuhi peraturan International Financial Reporting Standards (IFRS) 16.

Perusahaan juga telah menggunakan solusi Line of Business (LoB) SAP Cloud lainnya seperti Success Factors untuk solusi operasional HR yang mencakup seluruh proses mulai dari hire hingga retire, dan SAP Concur untuk manajemen berbagai pengeluaran mulai dari perjalanan dinas hingga reimbursements – semuanya terintegrasi dengan SAP S/4HANA Cloud.

XL Axiata berkolaborasi dengan SAP Services agar implementasi SAP S/4HANA Cloud berjalan dengan baik.

Tim SAP Services memandu proses transformasi end-to-end, mulai dari scoping awal, perencanaan business case, migrasi, hingga project management and support.

Seluruh proyek disesaikan sesuai jadwal dan secara off-site karena adanya PSBB COVID-19.

Baca Juga: Epson Indonesia Akui Bisnisnya Sempat Anjlok Akibat Kebijakan PSBB di Indonesia

Komitmen penuh terhadap strategi transformasi digital mereka terlihat dari keterlibatan seluruh jajaran perusahaan, mulai dari jajaran direksi C-level hingga karyawan mereka yang bekerja bersama tim SAP Services selama proses implementasi dan go-live. “Kami memperoleh dukungan penuh dari jajaran direksi sejak awal proyek ini, namun kolaborasi yang kuat antara tim SAP Services dan kerja keras dari karyawan kami membuat ini semua terlaksana,” kata Yosetya. Sementara Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia merasa bangga bisa berkolabirasi dengan XL Axiata terkait journey transformasi digital mereka yang merupakan pelopor di industri ini.

"SAP S/4HANA Cloud akan membantu mereka beroperasi dengan lebih baik bersama pemimpin layanan ERP di dunia dan memiliki keunggulan kompetitif lewat teknologi – teknologi cerdas,” tutup Andreas.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya