Belanja di Instagram Jadi Makin Mudah Lewat Fitur Instagram Shopping

Selasa, 06 Oktober 2020 | 13:30
Facebook

Tampilan Instagram Shop

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Instagram merupakan platform berbagi foto dan video yang sudah berjalan sekitar 10 tahun.

Sejak perilisannya, platform yang saat ini dimiliki oleh Facebook.inc itu telah mengalami penambahan fungsi.

Instagram saat ini telah menjadi salah satu media bagi para pebisnis untuk menjajahkan dagangan.

Hal itu membuat para pedagang di Instagram berhasil membuat komunitasnya sendiri di sana.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sticker GIF Instagram Stories yang Lucu dan Kece Habis!

Melihat kondisi tersebut, Instagram pun memberikan sebuah fitur terbaru di platformnya untuk mempermudah para penggunanya bisa berbelanja lewat Instagram.

Fitur tersebut bernama Instagram Shopping yang diresmikan hadir di Indonesia pada hari Selasa (6/10).

Selain mempermudah calon pembeli, fitur anyar ini juga dikatakan dapat memaksimalkan penjualan para pemilik akun bisnis.

Baca Juga: Cara Copy Paste Caption di Instagram Feed, Dijamin Gampang dan Simpel

"Inisiatif fitur Instagram Shopping bermaksud untuk meningkatkan kemampuan para pelaku bisnis beradaptasi dengan kondisi yang mungkin sebelumnya offline lalu ke online," tutur Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian.

Bagi kamu yang ingin merasakan kehadiran fitur terbaru ini, kamu harus mengupdate terlebih dahulu aplikasi Instagram di smartphonemu.

Kemudian pilih menu pencarian, lalu pilih tab menu "Toko" atau "Shop" yang berada di bawah kolom pencarian.

Setelah itu nanti kamu bisa langsung menemukan daftar rekomendasi barang-barang yang disesuaikan oleh algoritma pencarianmu.

Baca Juga: TikTok Lakukan Pendekatan Dengan Pendiri Instagram Untuk Jadi CEO Baru

Fahmi Bagas
Fahmi Bagas

Tampilan Instagram Shopping.

Lalu dimana kemudahannya?

Jadi lewat fitur Instagram Shopping, kamu bisa secara langsung melihat harga barang tanpa perlu mengetuk layar feed seperti yang sudah ada sebelumnya.

Lalu disana akan tersedia tombol kunjungi situs web si penjual.

Skema pembelian seperti ini bukan tanpa alasan dilakukan.

Baca Juga: Facebook Digugat Karena Mengintai Pengguna Instagram Lewat Kamera Ponsel

Sebab, dengan menarik pelanggan ke situs web resmi penjual.

Maka situs penjual bisa meningkat dari sisi trafficnya.

"Dengan adanya sistem payment kayak gitu, kita pun bisa diuntungkan karena bisa meningkatkan traffic website kita," ucap Lizzie Parra, pemilik brand BLP yang turut hadir pada acara peluncuran fitur Instagram Shopping (6/10).

Baca Juga: Waduh! Instagram Bakal Tampilkan Foto Dari Akun yang Tidak Kamu Follow

Tak hanya itu, Instagram juga akan membuat sebuah program pelatihan dan juga demonstrasi secara langsung yang akan dilakukan oleh para pemilik akun penjualan di Instagram.

Pihak Instagram beralasan bahwa dengan adanya dua program lanjutan dari peluncuran fitur ini.

Para pebisnis di platformnya dapat lebih memahami bagaimana cara penjualannya.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya