Nextren.com -Huawei diketahui sudah alami tekanan akibat blokir di Amerika Serikat, namun itu bukan menjadi kelemahannya.
Perusahaan Cina tersebut tetap berusaha bangkit dengan inovasi lainnya.
Serta juga produk elektronik yang mereka miliki ternyata menguasai pangsa pasar.
Menurut badan riset pasar, Visual Capitalist, baru-baru ini merilis laporan terbaru tentang pangsa merek elektronik konsumen pada kuartal kedua tahun ini.
Baca Juga: Sony dan Kioxia Minta Izin Dulu ke Amerika Untuk Pasok Huawei
Menurut agensi, di pasar smartphone, Samsung dan Huawei menempati posisi teratas dengan pangsa pasar masing-masing 20%.
Apple berada di urutan ketiga dengan pangsa pasar 14%.
Xiaomi (10%), Oppo (9%), Vivo (8%), dan Lenovo (3%) masing-masing menempati posisi keempat hingga ketujuh.
Selain Samsung dan Apple, merek lain dalam daftar 7 teratas adalah produk dari perusahaan Cina.
Baca Juga: Dapat Hape Layar Lipat Huawei Mate Xs Gratis, Pegawai Tencent Malah Jual Lagi
Selain itu, Visual Capitalist juga menunjukkan bahwa merek smartphone Cina menguasai lebih dari 50% pasar secara keseluruhan.
Jika melihat pangsa sistem operasi seluler, kita akan melihat persaingan yang telah terjadi selama beberapa tahun.
Yaitu Android yang memiliki 74%, sedangkan iOS menyumbang 25%.
Melansir Gizchina, kedua sistem ini menguasai 99% pangsa pasar.
Baca Juga: Power Bank 66W Huawei Ini Sudah Disertifikasi 3C, Untuk Mate40?
Adapun sistem yang tersisa di seluruh dunia secara kolektif berjumlah 1%.
Untuk prosesor, Qualcomm berada di puncak dengan 29% sementara MediaTek mengikuti dengan pangsa pasar 26%.
HiSilicon yang perlahan-lahan hilang keberadaannya di pasaran berada di urutan ketiga dengan 16%.
Apple's Bionic dan Samsung Exynos berada di urutan keempat dengan masing-masing pangsa pasar 13%
Baca Juga: Amankan Pasokan, Huawei Investasi di Perusahaan Teknologi dan Semikonduktor Asal Tiongkok
Visual Capitalist juga meriset padasegmen headset nirkabel. Apple sejauh ini menjadi pemimpin di pasar ini dengan pangsa pasar 35%.
Di posisi kedua ada Xiaomi dengan pangsa pasar 10%, sedangkan Samsung di posisi ketiga dengan 6%.
Tetapi perusahaan lainnya yang memiliki produk nirkabel memiliki pangsa pasar 43%.
Baca Juga: Semua Pemasok Komponen Mogok Karena Diancam AS, Huawei Ajak Produsen Lain Pakai HarmonyOS
Ini membuktikan bahwa ada begitu banyak perusahaan headset nirkabel yang bekerja dengan baik.
Lalu untuk pengiriman smartwatch secara global, Apple, Huawei, dan Samsung memegang tiga tempat pertama.
Ketiga perusahaan ini masing-masing memiliki 30%, 14%, dan 7% pangsa pasar.
Baca Juga: Exynos 2100 Dikabarkan Menjadi Chipset Untuk Samsung Galaxy S21 Series
Sama seperti segmen headset nirkabel, kategori lain-lain atau perusahaan lainnya untuk smartwatch memiliki pangsa pasar sebesar 42%.
Dari laporan ini, kita dapat melihat bahwa merek Cina melakukan eksploitasi di pasar elektronik konsumen.