Rayakan Ulang Tahun ke-3, TikTok Bocorkan 3 Faktor Sukses Perusahaan

Kamis, 17 September 2020 | 13:00
TikTok Indonesia

Program #SamaSamaDariTikTok untuk merayakan ulang tahun TikTok ke 3.

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com- TikTok merupakan platform aplikasi berbagi video pendek yang tengah menjadi sorotan para pengguna smartphone dari segala segmen usia.

Seperti yang kita tahu, saat ini TikTok telah didownload oleh ratusan juta orang di seluruh dunia.

Kehadiran berbagai macam kategori konten mulai dari edukasi sampai hiburan pun bisa kamu temukan di dalamnya.

Data perusahaan mencatat kalau penggunanya saat ini menghabiskan waktu untuk menonton 100 video setiap harinya.

Baca Juga: TikTok Indonesia Bikin Lomba Video Edukasi Berhadiah Rp 150 Juta, Ini Syaratnya

Pencapaian ini pun cukup menarik karena TikTok merupakan aplikasi besutan ByteDance yang baru berumur 3 tahun.

Bertambahnya umur perusahaan dirayakan oleh TikTok Indonesia melalui program #SamaSamaDariTikTok yang diselenggarakan pada hari Kamis (17/9) secara online.

Marketing Manager TikTok Indonesia, Fandy Thesia mengatakan, "Program ini merupakan perayaan bagi para konten kreator yang sudah meramaikan platform TikTok selama tiga tahun."

Baca Juga: Cara Mudah Agar Bisa Viral dan Trending di TikTok, Auto Masuk FYP!

Bukan hanya itu, Fandy pun menyebutkan beberapa hal yang membuat TikTok bisa berada di posisi seperti sekarang.

Ada tiga faktor yang disebutkan oleh Fandy menjadi unsur magis dari platform sehingga membuat para pengguna smartphone gemar memainkan aplikasinya.

1. Banyak Konten

Faktor pertama yang menjadikan TikTok seperti sekarang adalah banyaknya konten yang tersedia di platform.

Baca Juga: TikTok Sudah Banyak Ditawar Investor Kakap di AS, Aturan China Terbaru Bisa Mengganjalnya

Seperti yang kita tahu, kamu tidak hanya bisa menemukan tentang hiburan atau sekedar orang-orang berjoget saja.

Namun di TikTok kamu bisa mendapatkan edukasi mulai dari pelajaran sekolah atau edukasi tentang hal lain seperti bisnis dan musik.

Pada acara ini pun TikTok turut mengundang Stacey Hokagay yang merupakan konten kreator dikategori masak-memasak.

Stacey menyatakan kalau keberadaan TikTok memiliki banyak manfaat selain hanya menyalurkan hobi saja.

Baca Juga: Aneh! Pemerintah China Lebih Setuju TikTok Dicekal Amerika Daripada Dijual

2. Musik Dari Berbagai Generasi

Hal berikutnya yang membuat TikTok menjadi digemari oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak muda sampai orang tua adalah pilihan musik yang banyak.

Fandy menyebutkan kalau musik lintas generasi di platform TikTok telah membuat sebagian orang mungkin merasakan nostalgia.

Misalnya saja seperti lagu "Im Just a Kid" milik Simple Plan yang sempat viral di platform TikTok dengan konten transisi dari dewasa ke kanak-kanak.

Baca Juga: Ribut dengan AS, Kevin Mayer Resmi Mundur Meski Baru 100 Hari Menjabat Sebagai CEO TikTok

Terbukanya platform TikTok terhadap musik dari seluruh genre juga membuatnya menjadi media untuk berpromosi melalui challange-challange.

"Ambil contoh lagu Dynamite yang dinyayiin BTS, challange ganti-ganti pakaian yang lagi banyak dilakukan oleh pengguna TikTok menjadi salah satu cara untuk menyebarluaskan musik itu juga," ucap Fandy saat melakukan presentasi.

Baca Juga: Punya Dua Layar, Ternyata Ini Kegunaan Layar Depan 10,8 Inci Lenovo ThinkBook Plus

3. Editing Tools

Editing Tools atau fitur edit di TikTok menjadi faktor yang dianggap perusahaan menjadi daya tarik untuk konsumen bisa tertarik menggunakan aplikasi.

Kita tahu kalau sebelum memposting sebuah video di akun TikTok, kamu akan diberikan tempat untuk mengedit video dengan beragam fitur di dalamnya.

Salah satu fitur edit yang mungkin paling sering digunakan adalah "Efek" yang memberikan hasil lebih menarik pada kontenmu.

Baca Juga: 3 Aplikasi Ini Akan Hadir Untuk Saingi TikTok, Lebih Bagus Mana?

Kemudian ada juga fitur filter yang bisa difungsikan untuk memaksimalkan hasil warna dari video kamu agar lebih menarik.

Stacey Hokagay juga menilai bahwa kehadiran wadah untuk mengedit ini juga cocok bagi para pemula yang ingin belajar mengedit video dengan lebih kreatif.

Nah, sekarang kamu tahu kan rahasia dibalik suksesnya TikTok yang mengklaim sudah mencatat jumlah video ditonton sebanyak 30 milyar per-bulan ini.

Baca Juga: Cara Pakai Smart Air Control Oppo Reno4, Bisa Buka TikTok Sambil Makan

Untuk ke depannya, TikTok pun masih merencakan untuk bisa memonetisasi konten video para kreatornya.

Namun pihak TikTok menyebutkan kalau sebenarnya hal tersebut nantinya malah akan memotong video dari konten yang sedang ditonton.

"TikTok kan sudah ada live dan disitu kreator juga bisa langsung melakukan endorse di dalamnya," pungkas Head of User and Content Operations TikTok Indonesia, Angga Anugrah Putra.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya