Smartphone China Menguasai 70 Persen Pasar di Indonesia, Samsung Dikepung!

Minggu, 06 September 2020 | 14:57
Kompas.com

Ilustrasi Smartphone di Indonesia

Nextren.com - Tanpa disadari perkembangan smartphone di Indonesia cukup signifikan meski pendapatan yang didapat oleh brand agak menurun selama pandemi.

Namun, bila dilihat kembali, brand smartphone di tanah air ternyata didominasi oleh brand yang berasal dari China.

Persaingan di pasar smartphone di negara China sudah sangat ketat dengan begitubanyak brand yang memilih negara lain untuk promosikan produknya.

Perkembangan pasar smartphone di Indonesia berdasarkan laporan CounterPoint Research.

Baca Juga: realme 7 dan realme 7 Pro Resmi Hadir Mulai Harga Rp 3 Juta, Ini Bedanya Dengan realme 6

Menurut laporan itu juga, brand China memiliki porsi besar dalam pasar smartphone Indonesia.

CounterPoint menunjukkan bahwa pada kuartal kedua tahun ini, Vivo memimpin pasar dengan pangsa pasar 21,2%.

Setelah Vivo, ada Oppo di posisi kedua dengan 20,6%, lalu ada Samsung (19,6%), Xiaomi (17,9%) dan Realme (13,6%).

Baca Juga: Hape 5G Makin Terjangkau, Samsung Umumkan Galaxy A42 5G Sebagai Seri 5G Termurahnya

Di antara mereka, produsen smartphone China menyumbang 73,3%. Ini menunjukkan betapa populernya merek Cina di Indonesia.

Pada kuartal kedua tahun lalu di Indonesia, brand yang terkenal di pasar smartphone adalah Samsung.

Namun, disebabkan beberapa alasan, pangsa pasar pabrikan ini menurun, tetapi Vivo dan Realme menunjukan pertumbuhan substansial.

Meski pangsa pasar Vivo paling besar di Indonesia, namun wakil Direktur dari CounterPoint berkata ada brand smartphone China yang lebih unggul.

Baca Juga: Oppo F17 Tunjukan Diri Dengan Quad Kamera Kotak Dengan Fast Charge 30W

"Xiaomi telah menjadi pemimpin dalam penjualan saluran online dengan pangsa 40%. Redmi 8A-nya menjadi model terlaris yang dijual di saluran online, disusul seri Realme 5i dan Redmi Note 8," ujarnya mengutip Gizchina.

Selain Xiaomi, Realme dan Samsung masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga dalam penjualan pasar online.

Vivo dan Xiaomi

Vivo untuk tahun ini telah hadirkan smartphone kelas terjangkau hingga flagshipnya X50 Series yang cukup dinanti masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Apple Siapkan 75 juta iPhone 5G untuk Akhir Tahun Ini, Internet 5G Makin Dekat?

Untuk Xiaomi, belum lama ini hadirkan hape kelas terjangkau dalam perayaan ke 10 hadir sebagai brand smartphone.

Perusahaan teknologi tersebut juga kini tidak hanya berfokus kepada smartphone, namun peralatan rumah tangga pintar juga dihadirkan.

Hal sama juga terjadi pada realme yang hadirkan sebuah koper untuk perjalanan.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber Gizchina