Hasil Survei MarkPlus: Kenaikan Transaksi Digital Sejak Penerapan PSBB Mencapai 64,48 Persen

Rabu, 02 September 2020 | 17:34
Zihan Fajrin

ShopeePay

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Dompet digital ialah salah satu platform yang bisa diandalkan pengguna selama pandemi ini.

Karena dengan alat tersebut, masyarakat bisa cashless untuk mengurangi sentuhan fisik langsung agar virus Covid-19 bisa musnah.

Anjuran cashless ini dituruti oleh masyarakat yang terlihat dari catatan Bank Indonesia terkait kenaikan transaksi digital atau Uang Elektronik (UE) semenjak pemberlakuan PSBB, yaitu mencapai 64,48% dan volume transaksi digital bertumbuh 37,35% secara tahunan.

Saat ini, dompet digital tidak hanya satu atau dua, tapi ada beberapa dompet digital yang semakin menarik bagi pengamat pasar bisnis.

Baca Juga: Begini Cara Dapatkan Voucher Belanja Shopee Rp 1 Selama ShopeePay Day

Selaras dengan meningkatnya transaksi digital di masa era COVID-19, MarkPlus, Inc. menggelar survei penggunaan dompet digital dalam tiga bulan terakhir.

Ada total 502 responden dipilih yang mewakili kota-kota besar dengan penetrasi penggunaan smartphone tertinggi di Indonesia.

Dari hasil survei tersebut, memperlihatkan adanya kecenderungan peningkatan transaksi secara digital, karena masyarakat lebih memilih memenuhi kebutuhannya secara online.

MarkPlus melihat merek dompet digital yangmemiliki pangsa pasar jumlah atau volume transaksi tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Baca Juga: ShopeePay Resmi Hadir Sebagai Dompet Digital, Tawarkan Promo Voucher Belanja Rp 1

Dalam tinjauannya ShopeePay unggul dengan pangsa pasar sebesar 26% dari total volume transaksi e-wallet di Indonesia, disusul OVO (24% dari total), GoPay (23% dari total), kemudian DANA (19% dari total) dan LinkAja (8% dari total).

"Selain perubahan kebiasaan belanja menjadi online, integrasi ShopeePay dengan Shopee sebagai salah satu platform e-commerce terbesar, bisa menangkap peluang dengan berbagai penawaran menarik sehingga nilai transaksinya terus meningkat," ujarRhesa Dwi Prabowo,Head of High Tech, Property and Consumer Goods Industry MarkPlus, Inc pada Zoom Meeting (2/9).

Selain itu, ilustrasi tingginya penggunaan dompet digital juga tergambar dalam survei, di mana ShopeePay kembali menjadi merek paling sering digunakan di masa pandemi, dengan frekuensi transaksi rata-rata mencapai 7X tiap bulannya.

Disusul oleh DANA dengan rata-rata penggunaan sebanyak 6,4X tiap bulan, OVO dengan rata-rata 6,2X tiap bulan, GoPay rata-rata 6,1X tiap bulan, dan LinkAja rata-rata 5,7X tiap bulan.

Baca Juga: Pengguna Jenius Harus Tahu, Ada Biaya Baru Transfer dan Top Up

ShopeePay juga berhasil menempati peringkat pertama dalam total nominal transaksi terbesar per bulan sekitar Rp 149.000, unggul dibandingkan LinkAja, DANA, dan OVO di sekitar Rp 134.000, serta GoPay sekitar Rp 109.000.

Dengan nominal transaksi per bulan tersebut, ShopeePay kembali unggul berdasarkan total nilaitransaksi dengan pangsa pasar 29%, diikuti OVO dengan 24%, GoPay dengan 19%, DANA dengan 19%, dan LinkAja dengan 8%.

Sehingga, ShopeePay menjadi dompet digital paling sering digunakan dengan hasil sebanyak 30% responden, yang kembali diikuti OVO dengan 25%, GoPay dengan 21%, DANA dengan 18%, serta LinkAja dengan 5%.

"Konsolidasi dompet digital dan platform e-commerce dari tahun ke tahun kian menjadi resep sukses untuk mendongkrak kesempatan memimpin pasar."

Baca Juga: Cara Mudah Bayar Spotify Premium Pakai GoPay dan 4 Keuntungannya

"Dalam konteks pandemi, integrasi ini tentunya semakin mempermudah pengalaman belanja online masyarakat. Selain pengalaman belanja efektif dan efisien, integrasi tersebut sering diidentikan dengan penawaran promo atraktif yang dapat menaikkan daya beli pembeli," jelas Rhesa.

Faktor ini juga yang membuat 53% responden memilih ShopeePay sebagai merek dompet digital yang dianggap paling memudahkan pengalaman belanja online, mengungguli OVO (20%), GoPay dan DANA (masing-masing 13%), dan LinkAja (2%).

Selain itu, ShopeePay (38%) juga terpilih sebagai merek dompet digital yang dianggap memberikan promosi paling banyak jika dibandingkan dengan OVO (28%), GoPay (20%), DANA (11%), dan LinkAja (3%).

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya