Malaysia dan Singapura Hadapi Mutasi Virus Corona yang 10 kali Lebih Menular

Selasa, 18 Agustus 2020 | 22:25
businessinsider.sg

Virus Corona menyebar dengan cepat

Nextren.com - Mutasi virus corona baru yang semakin umum terjadi di Eropa.

Bahkan baru-baru ini mutasi juga terdeteksi di Malaysia dan mungkin lebih menular, meski tampaknya tidak terlalu mematikan, menurut pakar penyakit menular Paul Tambyah.

Tambyah, konsultan senior di National University of Singapore dan Presiden International Society of Infectious Diseases yang berbasis di Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa mutasi D614G dari virus corona yang 10 kali lebih menular, juga ditemukan di Singapura.

Ada bukti bahwa penyebaran mutasi virus corona di Eropa bertepatan dengan penurunan tingkat kematian. "Ini menunjukkan, mutasi tidak terlalu mematikan," kata Tambyah, Selasa (18/8), kepada Reuters.

Baca Juga: Huawei Sedang Siapkan Fitur Keamanan Fingerprint di Seluruh Layar

Menurut dia, mutasi virus corona tersebut kemungkinan tidak akan berdampak pada kemanjuran vaksin potensial, meskipun ada peringatan yang berlawanan dari para ahli kesehatan lainnya.

"Mungkin adalah hal yang baik untuk memiliki virus yang lebih menular, tetapi tidak begitu mematikan," ujarnya.

Tambyah mengungkapkan, sebagian besar virus cenderung menjadi kurang ganas saat bermutasi.

"Ini adalah kebutuhan virus untuk menginfeksi lebih banyak orang, tetapi tidak membunuh mereka, karena virus bergantung pada inang untuk makanan dan tempat berlindung," ungkap dia.

Baca Juga: Unpad Bandung: Vaksin Corona dari China Aman untuk Manusia, Dibuat Dari Virus Mati

Para ilmuwan menemukan mutasi virus corona pada awal Februari dan telah beredar di Eropa dan Amerika, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO juga mengatakan, tidak ada bukti bahwa mutasi itu menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Pada Minggu (16/8), Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah mendesak kewaspadaan publik yang lebih besar, setelah pihak berwenang mendeteksi mutasi D614G dari virus korona dalam dua kluster baru-baru ini.

Noor Hisham mengatakan, strain baru dari virus corona yang terdeteksi 10 kali lebih menular. Sehingga, vaksin yang saat ini sedang dikembangkan mungkin tidak efektif melawan mutasi ini.

Baca Juga: Ilmuwan China Deteksi 30 Mutasi Virus Corona, Ada Yang Paling Mematikan

Tetapi, menurut Tambyah mutasi seperti itu tidak akan cukup mengubah virus yang bisa menyebabkan vaksin potensial menjadi kurang efektif.

"Mutan memengaruhi pengikatan protein lonjakan dan belum tentu pengenalan protein oleh sistem kekebalan, yang akan dipersiapkan oleh vaksin," katanya.

Artikel ini tayang di Kontan.co.id dengan judul "Setelah Malaysia, virus corona yang 10 kali lebih menular terdeteksi di Singapura"

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya