Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas
Nextren.com- Traveloka merupakan perusahaan yang bergelut pada bidang travel dan gaya hidup berbasis aplikasi dan situs web.
Namun, kondisi pandemi dan pemberlakuan PSBB di sejumlah daerah di Indonesia telah memukul industri yang digerakkan oleh Traveloka.
Menyoal hal tersebut, Traveloka pun berupaya untuk bisa mengembalikan industri pariwisata ke kondisi yang lebih baik lagi dari sekarang.
Melalui acara press conference virtual yang dilaksanakan pada hari Kamis (13/8), Traveloka memperkenalkan program terbarunya bernama CleanPartners.
Baca Juga: Traveloka Jalin Kemitraan Dengan Bank BNI Untuk Traveloka PayLater
"Kampanye Traveloka Clean Partners merupakan salah satu manifestasi Traveloka dalam memberikan kemudahan bagi konsumen," ucap CMO Traveloka & CEO Traveloka Experience, Christian Suwarna.
"Faktor kebersihan kini jadi perhatian utama untuk memenuhi rasa aman saat bepergian," lanjutnya.
Dengan adanya program ini, Traveloka pun telah melakukan sejumlah protokol baru yang terbagi di empat layanannya.
Baca Juga: Ternyata Begini Cara Pendaftaran Traveloka PayLater Agar Cepat Disetujui
1. Traveloka CleanTrip dan CleanFlight
Program ini telah tersedia sejak bulan Juli 2020 dengan menggandeng 80 mitra yang siap melakukan protokol kebersihan, kesehatan, dan keaman yang baru.
CleanTrip dan CleanFlight meliputi layanan Antar Jemput Bandara, Rental Mobil, Bus, dan Travel.
Traveloka juga menyediakan label CleanTrip Plus yang memungkin pengguna bisa mendapat layanan keamanan tambahan seperti penyediaan car shield, antiseptic wipes, dan berbagai alat kebersihan lainnya.
Baca Juga: Omset Hotel Anjlok, AiryRooms Dipastikan Gulung Tikar Akhir Mei Ini
Traveloka CleanStay
Selanjutnya ada program yang disematkan Traveloka untuk mitra hotel, vlla, apartemen, dan resort yang saat ini sudah ada sekitar 700 penginapan.
Para mitra yang memiliki Traveloka CleanStay ini dapat dipastikan sudah mengikuti 28 poin pemenuhan standar kebersihan dari organisasi-organisasi terkait.
Beberapa standar yang diterapkan pada penginapan ini pun sudah mewajibkan pegawai yang bertugas untuk mengenakan masker, berjarak 1 meter dari tamu dan pekera, serta menyediakan alat sanitasi.
Baca Juga: Hati-Hati! Viral di TikTok Ada Kamera Pengintip Dipasang di Speaker Hotel
Traveloka CleanXperience
Beranjak ke CleanXperience yang merupakan program layanan untuk produk-produk seperti wahana bermain, waterboom, dan themepark.
Sejak dibukanya beberapa lokasi wisata pada akhir bulan Juni lalu, Traveloka mencatat adanya 8 kali peningkatan pemesanan untuk produk Xperience.
Maka dari itu, perusahaan pun menggaet 1.000 mitra di 12 industri untuk ikut dalam program CleanXperience.
Adanya hal ini pun akan membuat sejumlah tempat wisata yang terdaftar di CleanXperience bakal memiliki sejumlah protokol seperti social dan physical distancing, peralatan pelindung bagi petugas, pengecekan suhu tubuh pegawai dan pengunjung, serta protokol lainnya.
Baca Juga: CEO OYO Isyaratkan PHK Massal Karyawannya Akan Terjadi Tahun Ini
Traveloka CleanDining
Program terakhir adalah CleanDining yang dibuat oleh Traveloka untuk ditujukan bagi para mitranya di bidang restoran.
Restoran yang sudah menjadi mitra CleanDining akan memnuhi standar kebersihan, kesehatan, dan keamanan yang direkomendasikan.
Protokolnya antara lain adalah penggunaan pelindung diri dan penggunaan alat pengukur suhu tubuh.
Baca Juga: Traveloka dan Pemerintah Jawa Barat Jalin Kerja Sama Dinas Digital
Kamu juga bisa menggunakan fitur OrderNow di aplikasi Traveloka versi 3.24 untuk bisa memesan dan membayar menu makanan untuk mengurangi kontak fisik.
Saat ini sudah ada 150 restoran di wilayah Jakarta dan Bali yang memiliki label CleanDining.
Ke depannya pihak Traveloka mengaku akan memperluas jangkauannya ke daerah Bodetabek dan Bandung.
(*)