Pendaftar XL Future Leaders Belasan Ribu, Mahasiswa Adakan Sosialisasi Secara Online  

Selasa, 16 Juni 2020 | 21:23
xl

Acara Sosialisasi XL Future Leaders 2020 secara Online

Nextren.com - Untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah, maka materi kuliah saja tidak cukup.

Ada banyak pengetahuan soft skill yang perlu dipelajari mahasiswa, agar siap menghadapi tantangan yang makin berat di dunia kerja.

Salah satu perusahaan yang peduli dengan sdm mahasiswa adalah operator XL Axiata, lewat program Beasiswa XL Future Leaders

Program Beasiswa XL Future Leaders merupakan program pelatihan terpadu bagi mahasiswa tingkat 1 – 2 (semester 1 – 4) yang fokus pada 3 area kompetensi untuk berkiprah di tingkat global. Para peserta tidak akan dikenakan biaya apapun saat proses seleksi.

Baca Juga: Produk Baru Orbit Telkomsel, Modem WiFi Paket Datanya Mulai 30GB Rp 65 Ribu Sebulan

Target dari program ini adalah para mahasiswa-mahasiswi terbaik Indonesia untuk dididik menjadi calon pemimpin masa depan yang mampu bersaing secara global.

Proses pendidikan dan bimbingan bagi peserta akan mengacu pada kurikulum yang dirancang oleh XL, bekerja sama dengan Cognition Education, sebuah lembaga pendidikan global yang juga telah mengembangkan kurikulum program sejenis yang kini diterapkan di sejumlah negara, antara lain di Malaysia.

Pada kurikulum ini, peserta antara lain akan mendapatkan materi yang menekankan pada 3 kompetensi yaitu Komunikasi Efektif, Jiwa Kewirausahaan dan Inovasi, serta Mengelola Perubahan.

Baca Juga: 5 Smartphone Dengan Layar IPS LCD Terbaik Mulai Rp 1 Jutaan

Program XL Future Leaders (XLFL) yang diselenggarakan oleh XL Axiata saat ini telah memasuki tahun ke-9.

Setiap tahun jumlah pendaftar terus bertambah, seiring dengan semakin meningkatnya reputasi program ini di kalangan mahasiswaIndonesia.

Karena kuota peserta yang tidak bertambah, maka dengan sendirinya kompetisi untuk bisa lolos menjadi peserta program ini juga ketat.

Untuk membekali mahasiswa para peminat yang berasal dari Kawasan Indonesia Timur, seperti Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara Timur, digelar acara seminar e-Youth Townhall secara daring lewat Zoom Meeting pada Sabtu (13/6) dan Minggu (14/6).

Baca Juga: Realme Hadirkan Produk AIoT Kembali, Ada Realme Watch dan Buds Air Neo

Acara sosialisasi program XLFL kepada mahasiswa kali ini mengangkat tema tentang “Personal Branding’ dan ‘Smart & Smarter’.

Pemateri dari berbagai industri hadir, antara lain Marlon Akay, Industrial Finance Manager PT Unilever Indonesia dan Co-Founder IBS-MTT, Lois Merry Tangel, Putri Pariwisata Indonesia 2016 dan Runner-up 2 Miss Tourism Cosmopolitan International 2017.

Ada pula Fardi Yandi, CEO/Founder and Digital Marketing Officer @socialkreatif Social Media Marketing coach serta Dwi Kartika Sari, XL Future Leaders Program Leader dan Aumi Angreny, Asisten Analis Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Sulawesi Selatan dan Alumni XLFL Batch 1.

Baca Juga: Gokil! KFC Goda Pelanggan Dengan Perangkat Gaming 4K Berbentuk Ember

Group Head CorporateCommunication XL Axiata,Tri Wahyuningsih, dalam keterangannya kepada Nextren (15/6) mengatakan bahwa tingkat persaingan untuk bisa menjadi bagian dari peserta XLFL setiap tahun semakin berat.

Tahun lalu, peserta yang mendaftar tembus angka 17 ribu mahasiswa dari berbagai universitas seluruh penjuru tanah air.

Angka ini membuat calon peserta hampir seperti bersaing untuk bisa diterima di perguruan tinggi negeri favorit.

Fenomena ini diklaim tidak terlepas dari semakin sadarnya kalangan mahasiswa Indonesia atas kualitas materi yang diajarkan dan besarnya manfaat yang bisa didapatkan.

Baca Juga: Inilah 5 Aplikasi Pendukung Saat WFH dan WFO Menjelang New Normal

"Acara-acara yang bersifat pembekalan bagi peminat XLFL akan berguna sebagai persiapan untuk mengikuti seleksi yang sangat ketat,”ujarTri Wahyuningsih.

Pendaftaran XLFL telah dibuka sejak 20 Februari 2020 lalu dan akan ditutup pada 30 Juni 2020?.

Tahun ini, kuota yang tersedia di XLFL minimal sebanyak 150 mahasiswa terpilih.

Tahapan seleksi meliputi Tahap 1, Tes kelengkapan administrasi (Pengumuman yang lulus Juli 2020).

Lalu Tahap 2 adalah Online Test - English Test GMAT, pada Juli 2020 dan pengumuman lulus Agustus 2020.

Baca Juga: Penasaran Harga Sony PS5? Sudah Muncul Lagi di Situs Belanja Online

Berikutnya di Tahap 3, ada Online/Offline Case Study, yang dilaksanakan pada Agustus 2020 dan pengumuman lulus Agustus 2020.

Di Tahap 4, ada Forum Group Discussion (FGD), Presentasi dan Interview/Wawancara yang akan dilaksanakan Agustus – September 2020.

Terakhir, pengumuman peserta yang lolos masuk angkatan 9 akan dilakukan pada Oktober 2020. Dalam webinar ini, semua pembicara akan berbagi pengetahuan dan pengalaman yang mereka dapatkan selama menekuni bidang masing-masing, sesuai tema dalam webinar yakni tentang Managing Change, Personal Branding dan Smart & Smarter.

Baca Juga: Yuk Kenali Side Fingerprint Unlock di Oppo A92 yang Praktis dan Responsif

Sampai saat ini, kegiatan sosialisasi XLFL dalam bentuk e-Youth Townhall dan e-University Townhall yang dilakukan secara daring telah berjalan di 14 kota di Indonesia, yakni Banda Aceh, Medan, Palembang, Padang, Jakarta, Bogor, Bandung, Jatinangor, Yogyakarta, Jawa Timur, Palu, Banjarmasin, dan Indonesia Timur yang diikuti oleh peserta dari Kalimantan, Sulawesi, NTT, sampai Papua.

Sebanyak lebih dari 5.300 peserta terdaftar mengikuti kegiatan yang telah berlangsung sejak 11 April lalu hingga kini.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya