Nextren.com - Sony secara resmi telah memperkenalkan apa yang akan dibawa oleh perangkat gim konsol terbarunya yaitu PS5.
Hal itu diungkapkan langsung oleh perusahaan pada acara bertajuk "Future of Gaming" yang diselenggarakan pada hari Jumat (12/6).
Saat peluncuran Jim Ryan, selaku CEO Sony Interactive Entertainment menyatakan bahwa kehadiran PS5 akan menjadi sebuah terobosan terbaru.
Hal tersebut dikarenakan banyak transformasi yang dilakukan dari perangkat PS5.
Baca Juga: 5 Meme Kocak Warganet Tentang PS5 yang Baru Dirilis Hari Ini
Dapat dilihat dari desainnya saja, PS5 memiliki bentuk yang unik dan terkesan futuristik dengan sentuhan warna putih dan hitam.
Selain itu alat pengontrol yang biasanya berwarna hitam pekat juga memiliki warna senada dengan perangkat konsolnya.
Peningkatan dari segmen grafis tentunya juga diberikan oleh Sony dengan penyematan GPU AMD yang memiliki 36 Computes Units dengan daya komputasi 10,28 Teraflops.
Baca Juga: Spesifikasi dan Desain PS5 Terbaru Resmi Dirilis, Bikin Ngiler Para Gamer
Tipe memori Solite State Drive (SSD) berukuran 825GB juga digadang-gadang akan memberikan pengalaman loading yang lebih cepat dari sebelumnya.
Terkait hal baru yang ada di perangkat PS5 juga dibeberkan oleh salah satu petinggi lainnya yaitu Matt Laurin.
Pria yang menjabat sebagai VP of UX Design PlayStation ini juga mengungkapkan tentang bagaimana sistem antarmuak (UI) yang akan dibawa.
"Karena ini UI, pertama-tama praktis, tetapi ini adalah bahasa visual yang sama sekali baru dan penataan ulang lengkap antarmuka pengguna," kata MacLaurin.
Baca Juga: 5 Game Keren yang Akan Hadir Untuk PlayStation 5, Dijamin Seru!
Dia juga mengatakan bahwa UI yang ada di PS5 akan lebih halus dan tidak mencolok.
Selain itu, Maclaurin juga menjelaskan kalau sistem antarmuka PS5 adalah bentuk perbaikan secara 100 persen dari apa yang dimiliki oleh PS4.
"Ada beberapa konsep baru yang akan dibawa nantinya," tulis dalam LinkedIn yang sudah dihapus, seperti yang dikutip dari AndroidCentral.
Sebagai informasi, sistem operasi asli PlayStation 4 adalah Orbis OS, yang merupakan fork versi FreeBSD 9.0 yang dirilis pada 12 Januari 2012.
Baca Juga: Penasaran Harga Sony PS5? Sudah Muncul Lagi di Situs Belanja Online
PlayStation 4 menampilkan dua API grafik, API tingkat rendah bernama Gnm dan API tingkat tinggi bernama Gnmx.
Sebagian besar pengembang memulai dengan Gnmx, yang membungkus Gnm, yang pada gilirannya mengelola detail GPU yang lebih esoteris.
Jika memang apa yang diungkapkan oleh Maclaurin adalah benar, maka tidak ada salahnya bahwa kita berharap sistem UI pada PS5 akan jauh lebih baik dari apa yang dipunya oleh PS4.
(*)