3 Hal Penting Agar Tak Rugi Saat Ingin Endorse Influencer

Jumat, 12 Juni 2020 | 13:30
instagram.com/lunamaya

Wajah natural Luna Maya saat endorse skincare sukses jadi sorotan netizen: cantik dari lahir.

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com- Mempromosikan barang dagangan di jaman seperti sekarang memang sudah banyak metodenya.

Penggunaan spanduk ataupun poster yang ditempel di jalan-jalan pun sudah bukan menjadi metode yang efektif.

Saat ini, metode yang paling sering digunakan untuk bisa meningkatkan penjualan adalah endorsement melalui media sosial.

Endorsement merupakan taktik promosi dengan cara mengirimkan produk dagangan dalam jumlah atau dengan bayaran tambahan kepada figur publik yang mengiklankannya.

Baca Juga: Cari Uang Jadi Lebih Mudah, Instagram Akan Buat Pendapatan dari IGTV

Cara ini dapat dinilai berhasil mengingat jumlah pengguna smartphone yang memiliki media sosial sudah mencapai ratusan juta orang.

Mungkin sebagian dari kamu ingin melakukan hal tersebut juga untuk menaikkan bisnis.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisa mengendorse dengan efektif.

Penasaran kan? Simak yuk beberapa poin yang harus dipahami sebelum melakukan endorsement.

Menentukan Influencer

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menentukan influencer atau figur publik yang ingin kamu endorse.

Mungkin terdengar sepele tapi ini merupakan hal penting mengingat kamu ingin membuat usaha kamu lebih berkembang.

Kamu harus melihat dulu seperti apa personal influencer yang sesuai dengan barang dagangan kamu.

Baca Juga: Kucing Jadi Artis TikTok dan Selebgram, Biaya Endorse Capai 800 Juta!

IG @awkarin

Berbalut Handuk Sambil Makan Buah-buahan, Penampilan Seksi Awkarin Banjir Pujian dari Netizen: Berasa Lihat Konglomerat Dubai!

Jangan hanya karena followers influencer tersebut banyak, maka kamu dengan cepat tergiur memilihnya.

Selain itu, pastikan kalau influencer tersebut memiliki followers yang aktif dengan cara melihat jumlah likes dan komentar di dalam satu foto.

Batasi Budget Endorsement

Untuk kamu yang baru memulai sebuah bisnis dan pertama kali ingin mencoba endorsement, maka hal ini perlu diperhatikan.

Membatasi budget merupakan sesuatu yang penting mengingat kondisi keuangan bisnis yang mungkin belum stabil.

Dengan pembatasan budget ini, kamu juga dapat lebih cepat mengklasifikan influencer mana yang cocok untuk mempromosikan bisnismu.

Jadi, kamu tidak asal dalam memilih influencer seperti yang dijelaskan pada poin pertama.

Perhatikan Sistem Kerjasama

Hal akhir yang wajib untuk kamu pahami adalah sistem kerja sama antara kamu dan influencer.

Baca Juga: Awas! Hindari Hal Ini Kalau Kamu Ingin Jadi Influencer Instagram

Sebab setiap influencer memiliki aturan kerjasama yang berbeda-beda dengan sistem pembagian keuntungan yang berbeda pula.

Kalau pihak influencer tidak memiliki kejelasan timbal balik untuk kamu, maka sebaiknya menolak tawaran tersebut.

Kamu juga disarankan untuk membuat perjanjian secara tertulis MoU yang jelas mengenai proses kerjasama endorsement ini.

Baca Juga: Pengguna Instagram Kini Dilarang Asal Menyisipkan Konten Orang Lain, Ini Awal Mulanya

Itu lah cara yang Nextren sarankan untuk kamu bisa memulai kegiatan endorsement untuk meningkatkan bisnis.

Semoga informasi ini dapat membantu kalian yang bingung untuk mengembangkan usahanya.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya