Hands-On OPPO A92: Neo Display , Side Fingerprint dan Quad Camera 48MP

Senin, 04 Mei 2020 | 17:16
OPPO

OPPO A92 dan boks

Nextren.com - Pasar smartphone kelas menengah begitu besar, membuat semua merek smartphone memiliki seri khusus untuk kelas ini.
Apalagi perkembangan teknologi membuat smartphone kelas menengah ini bisa dibekali berbagai fitur yang canggih.
Kini satu lagi smartphone kelas menengah terbaru diperkenalkan di Indonesia, yaitu Oppo A92.Oppo A92 ini membidik target pasar anak muda di Indonesia.Nextren sudah mendapatkan bocoran seperti apa desain lengkapnya, spek utama dan isi kotak penjualan.
Baca Juga: Tokopedia Menanggapi Data Pembayaran Pengguna yang Bocor Akibat HackKotak PenjualanDi kotak penjualan, seperti biasa ada logo OPPO dan OPPO A92, lalu desain hape serta keterangan spek singkatnya.Di dalam kotak penjualannya, berisi unit OPPO A92, kartu garansi, kartu manual penggunaan, SIM Ejector, dan softcase bawaan.Lalu ada pula kabel data, adaptor charger, dan earphone bawaan. Kabel data dan adaptor charger OPPO A92 ini sudah mendukung fast charging 18W VOOC Flash Charge 3.0 sehingga pengisian daya baterai bisa lebih cepat.
Baca Juga: Anak Twitter Wajib Tahu Nih, 10 Slang Baru Untuk Buat ThreadLayar legaDi sisi depan layarnya yang sangat lega, yaitu 6,5 inci, lengkap dengan kamera selfie 16MP di dalam layar sebelah kiri atas. Berteknologi Neo Display, layar beresolusi Full HD+ tersebut tampak begitu lega dengan screen-to-body ratio mencapai 90.5% dan screen ratio 20:9.
Tampilan layarnya terlihat tajam dengan warna cemerlang.Kamera selfie di dalam layar membuat layarnya tampak sangat luas tanpa halangan, apalagi bezelnya sangat tipis.
Baca Juga: Mengisi Waktu Luang Bersama Keluarga Lewat Permainan Seru di OPPO A12
OPPO
way

Isi boks penjualan OPPO A92

Desain
Desain bodinya memakai teknologi 3D Quad-curve yang dipakai untuk mengoptimalkan bentuk lengkungan yang lebih halus sehingga lebih nyaman digenggam.
Dengan berat 192 gram dan ketebalan hanya 8.9 mm, Oppo A92 ini kokoh digenggam meski punya kapasitas baterai besar.
Desain kiri dan kanan bodi belakang yang melengkung membuat pengguna lebih mudah memegang OPPO A92 dengan satu tangan saja.Untuk pertama kalinya, Constellation Design pertama kali diterapkan untuk produk Oppo.
Baca Juga: Bos Amazon Panen Uang! Kekayaannya Tembus Angka 2.137 triliun Rupiah!
Desain tersebut terinspirasi dari perubahan warna langit kutub, A92 ini menyerupai perubahan langit dari siang ke malam.
Sedangkan garis-garis cahaya yang tampak, akam berkilau saat digerakkan sehingga seperti pendaran cahaya yang bersinar di langit.
Ada dua pilihan warna disediakan, warna hitam setenang malam hari di kutub, dan warna Shining White seperti cahaya galaksi yang bersinar.
Beralih ke bodi belakangnya, memakai bahan polikarbonat yang mengkilat meirip kaca.
Kamera
Di bodi belakangnya, ada empat kamera utama yang tersusun dalambentuk huruf L, didampingi satu flash. Quad Cameranya terdiri dari kamera utama 48 MP f/1.7, kamera ultrawide 8 MP, kamera monokrom 2 MP, dan kamera portrait 2 MP.
Di sebelah kanan kamera belakangnya terdapat tulisan Designed for A-Series dan LED Flash, ditambah logo OPPO di bagian bawahnya. Sedangkan kamera selfie-nya beresolusi 16MP dan f/2.0, diletakkan di dalam layar sehingga layar terlihat rapai dan lega.
Baca Juga: Cara Dapat Cashback 30 Persen Beli Pertamax dan Dexlite Lewat Aplikasi MyPertamina
Sensor sidik jari
Hal unik lain adalah Side fingerprint unlock alias sensor sidik jari di samping.
Lokasi sensor sidik jari seperti ini sangat nyaman diakses dengan satu tangan, atau bahkan tanpa mengangkat ponsel.
Apalagi sensor sidik jari fisik seperti ini memang lebih cepat dibandingkan membuka kunci sidik jari di layar dengan tingkat pengenalan yang lebih tinggi, hanya sekitar 0,3 detik untuk membuka kunci layar.
Sensor sidik jari di samping ini juga menjaga case belakang agar tetap utuh, juga tidak perlu mengotori layar dengan bekas jari.
Baca Juga: Pengguna Oppo Reno2 Kini Sudah Bisa Menikmati ColorOS 7 Versi Final
Dibandingkan dengan sensor sidik jari di sisi belakang, maka lokasi di samping bodi ini memiliki beberapa kelebihan :
- Sisi belakang case lebih sederhana dan lebih enak dilihat
- Lebih mudah dan lebih cepat membuka kunci layar tanpa mengotori layar dengan sidik jari
- tidak perlu mengangkat ponsel untuk membuka kunci layar, dan terasa lebih alami saat digunakan dengan satu tangan.
Sementara jika dibandingkan dengan sensor sidik jari di dalam layar, maka sensor fisik di samping ini membuat kamu bisa membuka kunci layar lebih cepat, dan akurasi lebih tinggi.
Baca Juga: Pengguna Bisa Cegah Data Bocor di Tokopedia Dengan Cara Ini!
PortDi sisi bawah OPPO A92 ini ada jack audio 3,5mm, USB Type-C dan lubang speaker, sementara tombol power ada kanan sekaligus fingerprin.Adapun di sisi kiri tersedia slot SIMCard dan microSD, serta tombol volume.
Ada tiga slot tersedia, yaitu untuk dua nando simcard dan satu slot microSD.
Nyaman DigenggamDengan berat 192 gram dan ketebalan 8,9mm, OPPO A92 ini begitu ringan dan kokoh saat digenggam. Bodi Oppo A92 terlihat cukup tipis dengan ukuran 8,9mm sehingga bisa dikantongi di celana dengan nyaman.Menggunakan sistem operasi antarmuka ColorOS 7.1 berbasis Android 10, maka antarmuka OPPO A92 ini tampak minimalis namun dilengkapi banyak fitur berguna.
Baca Juga: IDC Laporkan 5 Penjualan Smartphones Terbanyak Selama Q1 2020
KinerjaKinerja OPPO A92 ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 665 yang kuat, sehingga bisa menjalankan beragam aplikasi dan game dengan lancar, serta melakukan multitasking dengan santai.Meski ada slot khusus microSD, memori internalnya cukup besar untuk hape kelas menengah, yaitu 128 GB dengan standar UFS2.1 yang kencang.Dengan memori internal sebesar itu dan UFS2.1, maka tak perlu khawatir banyak memotret dan merekam video resolusi tinggi.
Kinerja kencangnya disokong oleh baterai berkapasitas besar, 5000mAh yang didukung fast chargin 18W.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya