Nextren.com - Dalam wabah COVID-19 yang belum berakhir di beberapa negara, perusahaan teknologi pun berusaha membantu.
Seperti halnya Samsung dan Google yang dikabarkan akan memberikan layanan perbaikan gratis untuk pengguna smartphone brand tersebut.
Keduanya bekerjasama dengan perusahaan uBreakFix yang merupakan perusahaan perbaikan handphone di Amerika Serikat.
uBreakFix diketahui memiliki layanan curbside atau pinggir jalan dan pengerjaan di rumah untuk membantu social distancing.
Baca Juga: Daftar Kenaikan Harga Samsung, OPPO, Vivo, Realme, Xiaomi Efek Pandemi Corona
Selain itu perusahaan tersebut dikatakan telah menerapkan protokol pembersihan dan keselamatan yang ketat untuk membantu cegah penyebaran COVID-19.
Samsung menyebutkan layanan ini dinamakan 'Free Repairs for The Frontline' yang akan menerima perbaik untuk pengguna smartphone Samsung.
Perbaikan tersebut termasuk untuk perbaikan layar yang rusak dan penggantian baterai hanya untuk responden pertama atau first respondent dan para pekerja profesional kesehatan.
"Provide free repair services for Samsung smartphones, including cracked screen and battery replacement, to all first responders and healthcare professionals through June 30," ujar Samsung yang dikutip dari The Verge.
Baca Juga: Samsung Galaxy Fold 2 Dirumorkan Akan Hadir Dengan S-Pen Seperti Tab
Artinya layanan perbaikan smartphone Samsung tersebut akan dihadirkan sampai 30 Juni nanti.
Untuk pengguna yang berhak atau pantas mendapatkan layanan gratis tersebut bisa mengunjungi uBreakFix atau mengirim email.
Samsung juga memberikan diskon kepada first responden dan pekerja kesehatan sebesar 30 persen untuk pembelian produknya di samsung.com.
Google pun melakukan hal yang sama untuk pengguna smartphone Pixelnya dan juga untuk para first responden dan pekerja kesehatan.
Baca Juga: Google Phone Bikin Fitur Perekaman Terbaru yang Bisa Dipakai Diam-Diam
Pengguna Google Pixel hanya perlu memperlihatkan ID card mereka kepada uBreakFix yang tersedia di 500 lokasi di Amerika Serikat.
uBreakFix akan menerima smartphone tanpa melihat model asalkan brand yang bekerjasama dengannya dan tanpa melihat kerusakannya.
Di Indonesia sendiri layanan perbaikan gratis dari brand smartphone belum terlihat, namun beberapa perusahaan teknologi memberikan kemudahan untuk pengguna berkomunikasi dan membeli via online.
Salah satunya ialah Oppo yang memiliki layanan BetterAtHome yang bisa digunakan pengguna untuk berkomunikasi ke pihak Oppo terkait transaksi dan layanan perbaikan.
Baca Juga: Inilah 4 Fitur Cerdas OPPO A12 Untuk Kemudahan Pemakaian, Mengemudi Hingga Main Game
Bila beberapa perusahaan teknologi di Indonesia menghadirkan inovasi ini, mungkin bisa memudahkan pengguna yang sedang berjuang di garda terdepan.
(*)