Selama Masa WFH, Trafik Total XL Axiata Naik 18 Persen Trafik Streaming Naik 66 Persen

Rabu, 22 April 2020 | 16:03
way

Petugas XL Axiata sedang melakukan pemeliharaan BTS

Nextren.com - Saat ini aktifitas masyarakat sudah sangat berubah, akibat wabah virus covid-19 sehingga mengharuskan mereka beraktifitas di dalam rumah.

Tak heran jika kebutuhan akses internet menjadi sangat tinggi, karena masyarakat harus bekerja dan belajar dari dalam rumah.

Oleh karena itu, operator seluler XL Axiata berupaya terus meningkatkan kualitas jaringan data di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Instagram Hadirkan AR FIlter Dengan Konten Menarik

Penguatan jaringan data ini terus dilakukan, seiring dengan meningkatnya trafik penggunaan layanan data, karena semakin banyaknya aktifitas masyarakat untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.

Dan selama bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini, aktifitas berkomunikasi masyarakat menggunakan layanan seluler termasuk layanan data di rumah diperkirakan juga akan terus meningkat, dengan adanya larangan pemerintah kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik.

Masyarakat diharapkan tetap tinggal dan beraktifitas di rumah termasuk aktifitas beribadah, silaturahmi kepada keluarga dan handai taulan, serta beramal dan berbagi kebaikan selama bulan suci ini.

Baca Juga: Hasil Uji Jaringan Telkomsel dan Penguatan Virtual Monitoring Untuk Ramadhan dan Idul Fitri 1441H

Karena itu, XL Axiata mendukung menyiapkan jaringan dan berbagai paket layanan yang menarik selama Ramadan dan Lebaran di rumah melalui program #DiRumahLebihBaik dan #TerusSebarKebaikan.

Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Dian Siswarini, mengatakan, “Demi memenuhi kebutuhan pelanggan selama periode Ramadan dan sekaligus berdiam di rumah terkait Covid-19, kami telah meningkatkan kapasitas jaringan data hingga 2x lipat."

Menurut Dian, XL juga menawarkan sejumlah paket spesial selama Ramadan hingga Lebaran nanti, baik untuk pelanggan prabayar maupun pascabayar, termasuk juga XL Home.

Baca Juga: Cara Mencegah Pencurian Hak Cipta di Youtube, Ini Solusi Dari Channel duniaManji

Dian menambahkan saat ini beberapa area mengalami peningkatan trafik data yang relatif merata seperti regional Sumatera sekitar 15,9%, regional Jabodetabek dan sebagian Kalimantan 15,8%, regional Central:Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan sebagian Kalimantan 15,5%, East:Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan sekitarnya 15,8%.

Dari pola penggunaan data dan aplikasi, layanan berbasis streaming mendominasi mencapai sekitar 66%, Instant Messaging 16%, Social Network 11,5%, dan lain-lain sekitar 6,5%.

Baca Juga: Mantan Kepala Teknologi Axiata Group, Medhat Elhusseiny Kini Jadi CTIO Indosat yang Baru

Secara keseluruhan, selama periode waktu diberlakukanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah (SFH), untuk trafik layanan seluler terjadi peningkatan trafik sekitar 18% dari kondisi normal, sedangkan untuk layanan XL Home peningkatan trafik sekitar 20% dari kondisi normal.

Kenaikan trafik terjadi secara merata di berbagai kota/wilayah khususnya di wilayah perumahan/residensial.

XL Axiata juga memanfaatkan Mobile BTS untuk ditempatkan diberbagai rumah sakit yang saat ini merawat pasien Covid-19 seperti Rumah Sakit Rujukan, Rumah Sakit Darurat, Pemukiman/residensial dan lokasi-lokasi strategis lainnya untuk mendukung Lebaran 2020 sehingga pelanggan tetap bisa berkomunikasi bersama keluarga dan sanak saudara.

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Nextren.com

Baca Lainnya