Layanan Mengajar dari Rumah Versi Bahasa Indonesia Dari Google Resmi Meluncur

Kamis, 16 April 2020 | 14:00
Google

Layanan Mengajar dari Rumah milik Google dengan versi Bahasa Indonesia.

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com- Google merupakan perusahaan multinasional yang saat ini sedang gencar membantu masyarakat memerangi virus corona.

Langkah Google untuk menekan angka penyebaran pandemi ini terlihat dari dibuatnya situs khusus informasi tentang Covid-19.

Selain itu, perusahaan berlisensi Amerika Serikat tersebut juga memblokir sejumlah informasi yang bertentangan dengan informasi valid terkait wabah Coronavirus.

Hal ini dilakukan Google untuk mencegah adanya disinformasi yang terjadi di masyarakat yang akan menyesatkan.

Baca Juga: Update Terbaru Google Play Store Mudahkan Pencarian Aplikasi Anak

Kebijakan karantina atau work from home di sejumlah negara belahan dunia juga membuat perusahaan ini mencoba untuk ikut andil untuk membantu.

Bantuan Google dalam aturan ini adalah penyediaan layanan yang diklaim bisa menjadi alternatif aplikasi yang membantu kegiatan pekerjaan.

Diketahui memang saat ini Google memiliki puluhan aplikasi yang bertugas untuk melayani kegaitan penggunaan smartphone.

Maka dari itu, perusahaan tersebut juga menyediakan layanan khusus pengajaran yaitu Teach-from-Home atau Mengajar dari Rumah.

Baca Juga: Update Terbaru Cara Amankan Data Pribadi di Aplikasi Zoom Dari Hacker

Layanan ini sudah dihadirkan oleh Google pada beberapa waktu lalu.

Namun, diketahui bahwa hari ini (16/4), Google telah merilis versi Bahasa Indonesia untuk para pengguna layanan tersebut di Indonesia.

Inisiatif yang dikembangkan oleh Google for Education ini didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Para pengajar dan siswa akan bisa mengakses materi pelajarannya di g.co/mengajardarirumah serta situs Bersama Hadapi Korona milik Kemendikbud.

Baca Juga: Google Hadirkan Fitur Pengingat Untuk Cuci Tangan di Smartwatch

Google juga mengklaim bahwa saat ini sudah ada sekitar 1,8 juta akun pengajar dan siswa dari 4.600 sekolah di Jakarta yang bisa digunakan untuk mengakses G Suite for Education.

"Mudah-mudahan ekosistem pendidikan Indonesia semakin terpacu kesiapannya untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran," ungkap Dr. Iwan Syahril, Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pembelajaran dalam pernyataan tertulis.

Randy Jusuf, selaku Managing Director Google Indonesia juga mengatakan bahwa inisiatif ini merupakan langkah tambahan untuk membantu Indonesia agar bisa keluar dari tekanan di masa pandemi.

"Mengajar dari Rumah adalah pengembangan dari langkah-langkah yang telah kami lakukan untuk mendukung pendidikan jarak jauh, dengan menyediakan fitur-fitur premium Google Meet secara gratis bagi semua pelanggan G Suite dan G Suite for Education hingga September 2020, serta menyediakan pelatihan dan tips melalui Google, YouTube dan YouTube Learning," tuturnya.

Baca Juga: Google Berikan Akses Layanan Kesehatan Online, Daftar Dulu di Gmaps

Google juga menyatakan bahwa sudah meluncurkan beberapa webinar (seminar online) untuk membantu para guru dan orang tua untuk bisa menjalankan proses belajar jarak jauh menggunakan G Suite for Education.

Untuk yang belum tahu, G Suite for Education merupakan rangkaian dari beberapa aplikasi layanan Google yang bisa digunakan untuk program belajar mengajar seperti, Google Meets (video call), Google Slide (lembar tanya jawab real-time), Google Calendar (pencatatan jadwal mengajar), Google Forms (kuis online), dan Google Jamboard (papan tulis online).

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa langsung kunjungi situs teachfromhome.google untuk bisa melihat aplikasi apa saja yang dapat kamu gunakan.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya