Nextren.com - Snapchat termasuk media sosial yang ikut berkontribusi dalam mencegah disinformasi terkait kondisi virus Corona di Indonesia.
Melalui kerjasama dengan berbagai pihak, Snapchat pun memberikan efek baru, stiker baru, dan fitur baru yang bisa menemani pengguna sekaligus mengedukasi.
Dengan upaya tersebut, Snapchat mengumumkan tiga hal yang platform tersebut dapatkan selama kondisi yang mengharuskan semua belajar dan bekerja di rumah.
Tiga hal yang diumumkan oleh Snapchat ialah tentang meningkatnya aktivitas pengguna, mengulas tren yang muncul di Snapchat dan mengulas upaya untuk menyediakan informasi.
Baca Juga: Yuk Adu Pintar Seputar COVID-19 Lewat Filter Aplikasi Snapchat Ini!
Meningkatnya aktivitas pengguna menurut Snapchat terlihat dari data pengguna yang mengirimkan snap antar teman.
Walau tidak menyebutkan angka dalam peningkatannya, Snapchat membandingkannya dengan penggunaan saat di hari Natal dan hari raya lainnya.
Penggunaan obrolan grup dikatakan mencapai puncak pada periode ini dan penggunaan untuk berkomunikasi yang menggunakan efek AR tumbuh sekitar 50 persen selama akhir Maret.
Snap Games yang termasuk fitur baru Snapchat juga mengalami peningkatan dari sejak peluncuran.
Baca Juga: Snapchat Bantu Cegah Disinformasi Virus Corona Dengan 3 Fitur Baru
Snapchat juga menyimpulkan pengguna yang menggunakan lensa AR capai 25 persen lebih tinggi hingga akhir Maret.
Termasuk Snapchat Shows, konten tentang news, health & wellness, dan gaming.
Selain peningkatan yang didapat, Snapchat juga mengumumkan tren yang muncul di Snapchat sepertik iklan.
Jumlah pemasangan iklan aplikasi meningkat 36 persen dan keseluruhan tingkat swipe up juga meningkat 19 persen.
Baca Juga: Snapchat Bantu Cegah Disinformasi Virus Corona Dengan 3 Fitur Baru
Tren yang muncul seperti situs berita, aplikasi perdagangan ekuitas, belanja online, layanan kesehatan dan kebugaran.
Untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan pengguna, Snapchat menyediakan informasi di menu discover.
Informasi tersebut disediakan dari hasil kerjasama Snapchat dengan CDC, WHO dan beberapa organisasi pemberitaan.
Hingga saat ini, Snapchat mengklaim lebih dari 445 Discover Stories atau Shows telah diproduksi mengenai COVID-19, dan 68 juga Snapchatters dari seluruh dunia telah melihat konten mengenai COVID-19 di Snapchat.
Baca Juga: Snapchat Rilis World Lens Baru, Punya Efek yang Bisa Ubah Daratan Menjadi Lautan
Snapchat selain diketahui memiliki fitur baru bernama 'Here For You' atau untuk kamu, platform tersebut juga menyediakan serangkaian Creative Tools.
Creative Tools dikatakan berguna untuk membantu pengguna berbagi praktik terbaik dengan teman atau keluarga, termasuk filter di seluruh dunia dengan informasi yang bersumber dari WHO.
Snap Lab diketahui juga membuat kacamata Spectacles untuk pelindung wajah medis yang sangat dibutuhkan.
Nantinya, Snapchat mengatakan barang tersebut akan disumbangkan untuk menambah masker N95 yang kamu berikan kepada rumah sakit.
Baca Juga: Snapchat Ujicoba Desain Terbaru, Benarkah Mirip Tampilan Instagram?
(*)
Apabila kamu berminat untuk berlangganan media cetak dari group Kompas Gramedia, kamu bisa klik di GRIDSTORE.ID. Di sana ada berbagai macam media cetak ternama seperti National Geographic, Intisari, Info Komputer, IDEA, Bobo, Mombi, Donal Bebek, Tabloid Otomotif, JIP, NOVA, dan Saji.