Zoom Hingga Webex Diuji Bandwidth Oleh Tri Indonesia, Benarkah Irit Kuota?

Selasa, 31 Maret 2020 | 14:00
Google Play

Aplikasi Zoom Meeting

Nextren.com - Dalam memilih aplikasi telekonferensi harus ada beberapa hal yang diperhatikan sebelum digunakan.

Seperti virtual lancar tanpa lag mengganggu atau kebutuhan bandwidth yang rendah serta memiliki koneksi internet yang stabil.

Diketahui setiap layanan telekonferensi memiliki kebutuhan bandwidth yang berbeda-beda, sesuai dengan fitur dan kapabilitas yang ditawarkan oleh tiap aplikasi.

Aplikasi yang sering digunakan sebagai media telekonferensi ialah Hangouts, Zoom, Skype, dan Webex.

Baca Juga: Cara Mengganti Background di Aplikasi Zoom Saat Video Conference

Tri Indonesia sebagai jaringan telekomunikasi di Indonesia melaksanakan pengujian internal terbatas pada empat aplikasi tersebut.

Hangouts, Zoom, Skype dan Webex dikatakan menjadi empat layanan telekonferensi populer dan paling banyak digunakan di jaringan Tri.

Tri Indonesia mengatakan pengujian ini untuk membantu memilih aplikasi yang bisa digunakan pengguna dalam melakukan telekonferensi dari rumah.

Pengujian ini diklaim menggunakan perangkat yang sama dalam telekonferensi selama 30 menit dengan lima partisipan.

Baca Juga: Inilah 7 Aplikasi Rapat Online Untuk Bekerja Dari Rumah, Ada Yang Dukung 250 Pengguna Sekaligus

Dari data yang dikirimkan kepada wartawan Nextren, aplikasi Zoom membutuhkan bandwidth sekitar 700kbps, Skype 977kbps, Hangouts 1100kbps, dan Webex 1700kbps.

Menurut Tri Indonesia berdasarkan pengujiannya, bandwidth yang kecil biasanya membutuhkan data yang kecil juga.

Dengan begitu pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan untuk telekonferensi.

Adapun bandwidth yang besar bukan berarti tidak direkomendasikan, melainkan aplikasi atau layanan yang membutuhkan bandwidth besar memiliki kualitas video lebih baik.

Baca Juga: Penggunaan Skype Naik Hingga 70 Persen Selama Masa Work From Home

Tri Indonesia juga mengingatkan bahwa kebutuhan bandwidth tiap aplikasi dapat bervariasi pula tergantung dari perangkat elektronik yang digunakan.

Sejalannya dua minggu kita bekerja, belajar dan rapat di dalam rumah penggunaan layanan aplikasi telekonferensi meningkat pesat.

Menurut data Tri Indonesia penggunaannya meningkat hingga 693 persen, khususnya pada waktu jam kerja.

Tri Indonesia turut menghadirkan produk AlwaysOn Unlimited yang memberikan kuota unlimited dari jam 1 pagi hingga jam 5 sore.

Baca Juga: Benarkah Validasi IMEI Diundur Karena Wabah Corona? Ini Jawaban Resmi Dari Kementerian Perindustrian

Dengan produk tersebut dijanjikan oleh Tri dapat digunakan untuk mengakses aplikasi yang menunjang untukwork from home(WFH) atau sekolah dari rumah.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto