Inilah Rahasia China Kalahkan Virus Corona, Ternyata Pakai Herbal, Akupunktur Hingga Tai Chi

Jumat, 27 Maret 2020 | 21:32
businessinsider.sg

Virus Corona menyebar dengan cepat

Nextren.com - Derah Wuhan di China dianggap sebagai awal mula munculnya wabah penyakit virus corona covid-19.
Meski diserang Covid-19 pertama kali tanpa informasi apapun tentang virus itu, nyatanya China berhasil menghentikan penularannya dengan cukup cepat.
Bahkan tingkat kematian juga terbilang rendah, artinya jauh lebih banyak yang sembuh. Lalu apa rahasianya?
Pada 23 Maret 2020, provinsi Hubei di China tengah, belum melaporkan kasus yang diduga atau dicurigai virus corona, selama lima hari berturut-turut.
Baca Juga: Peneliti Inggris Kembangkan Alat Rapid Test Corona Menggunakan Ponsel
Salah satu kunci utama di balik kesuksesan dalam memerangi epidemi ini adalah pengobatan tradisional Tiongkok (traditional chinese medicine/TCM), seperti dilansir dari People's Daily.
Waktu itu, Tim TCM nasional pertama tiba di Rumah Sakit Jinyintan di Wuhan, provinsi Hubei, pada 25 Januari.
Tanpa apotek atau formula TCM khusus, mereka harus memulai upaya mereka dari awal, dan mengambil alih bangsal rawat inap di rumah sakit.
"Ini adalah pertama kalinya pekerja medis TCM mengambil alih bangsal independen di rumah sakit dalam keadaan darurat, sejak Republik Rakyat Tiongkok didirikan," kata Huang Luqi, presiden Akademi Ilmu Kedokteran Tiongkok Tiongkok (CACMS) seperti dikutip People's Daily.
Baca Juga: Begini Cara China Awasi Rakyatnya yang Dicurigai Kena Corona Lewat Aplikasi Alipay
Para pekerja medis TCM ini membuka front perlawanan baru terhadap virus corona dengan mengandalkan TCM.
Pada saat yang sama, dengan membentuk tim medis TCM dan memperbaiki perawatan TCM untuk pneumonia, para pekerja medis TCM juga bertanggung jawab pada rumah sakit darurat Jiangxia di kota.
Selama 26 hari beroperasi, rumah sakit sementara Jiangxia telah menerima total 564 pasien pneumonia.
Sebanyak 394 di antaranya bisa disembuhkan dan dipulangkan dengan menggunakan metode pengobatan TCM, termasuk obat-obatan, akupunktur, dan seni bela diri Tai Chi.
Baca Juga: Karyawan NASA di Kennedy Space Positif Terjangkit Virus Corona
Menurut Yu Yanhong dari Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional China, sebanyak 74.187 pasien pneumonia telah dirawat menggunakan obat tradisional Tiongkok, ini setara dengan 91,5% dari total kasus di China.
Sementara itu, pengamatan klinis menunjukkan bahwa TCM terbukti efektif pada lebih dari 90% kasus.
Untuk mengendalikan penyebaran virus corona di Wuhan, Tong Xiaolin, kepala peneliti dengan CACMS, dan para ahli lainnya merumuskan resep yang disesuaikan untuk mengobati pasien dengan kategori pneumonia ringan, kasus yang dicurigai dan mereka yang suhu tinggi dan mereka yang harus dikarantina.
Baca Juga: Harga Smartphone di Indonesia Bakal Naik dan Pasokannya Turun Akibat Wabah Virus Corona
Obat itu kemudian diberikan kepada pasien di Wuhan dengan dukungan pemerintah.
Menurut Tong, obat tersebut ditemukan untuk mencegah pasien dengan gejala ringan menjadi gejala yang parah, dan menjaga kasus yang parah di bawah tingkat kontrol.
Di Distrik Wuchang Wuhan, salah satu distrik yang dilanda epidemi terparah, lebih dari 90% kasus yang dicurigai menjadi kasus terkonfirmasi positif pada 28 Januari.
Intervensi TCM dimulai dari 2 Februari, dan tingkat diagnosis turun menjadi 30% pada 6 Februari dan kemudian sekitar 3% pada 5 Maret.
Artikel ini tayang di kontan.co.id, dengan judul : China bongkar rahasia keberhasilan dalam memerangi virus corona, ini dia...

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya