Kapasitas Jaringan Broadband di 3 Rumah Sakit Darurat Khusus COVID-19 Diperkuat Telkomsel

Senin, 23 Maret 2020 | 18:30
way

tim Telkomsel memperkuat kapasitas di RS pasien Covid-19

Nextren.com - Pemerintah RI melalui Kementerian BUMN RI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI telah mempersiapkan tiga lokasi yang akan menjadi Rumah Sakit Darurat khusus untuk penanganan pasien pandemi COVID-19.
Ketiga rumah sakit itu adalah Hotel Patra Comfort Jakarta, Rumas Sakit Pertamina Jaya Jakarta, dan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.
Untuk mendukung komunikasi seluruh petugas kesehatan dan pasien, operator telah melakukan penguatan infrastruktur jaringan, terutama untuk kemudahaan akses layanan berbasis broadband di tiga lokasi tersebut hingga beroperasi penuh nantinya.
Sebelumnya, bersama seluruh Kementerian dan pemangku kepentingan terkait lainnya, Telkomsel telah melakukan pengecekan langsung di tiga lokasi tersebut.
Baca Juga: Sepekan Penerapan Kerja dan Belajar dari Rumah Trafik Data XL Axiata Naik 10 Persen, Ruang Guru dan Netflix Paling Melonjak
Sejumlah upaya peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang telah dilakukan Telkomsel antara lain melakukan optimalisasi pemanfaatan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz yang tersedia di seluruh BTS.
Menurut Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel, mereka juga menambah kapasitas jaringan broadband 3G dan 4G dari sejumlah BTS Easy Makro sekitar yang selama ini menjangkau ketiga lokasi tersebut.
Khusus di Wisma Atlet Kemayoran, telah dilakukan penambahan infrastruktur jaringan dengan pengoperasian 1 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) berteknologi 4G dengan pemanfaatan spektrum 1800 dan 2300 MHz.
Baca Juga: Selain Kominfo, WHO Juga Hadir Sebagai Chatbot Lewat WhatsApp
Diharapkan upaya peningkatan kapasitas ini dapat melayani kebutuhan aktivitas komunikasi di tower 1, 3, 4, 5, 6, dan 7 Wisma Atlet Kemayoran secara keseluruhan.
Seluruh aktivitas pengamanan jaringan di tiga lokasi tersebut kini telah selesai dan siap dimanfaatkan semua pihak, terutama para petugas kesehatan, pasien serta para pemangku kepentingan lainnya.
Update Lonjakan Trafik Telekomunikasi
Sejak diberlakukannya himbauan belajar dan bekerja dari rumah oleh Pemerintah RI, Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi payload layanan berbasis data dan digital hingga 7,3% dibandingkan periode sebelumnya.
Sedangkan, untuk layanan voice dan SMS cenderung stabil dibandingkan periode yang sama.
Baca Juga: Inilah Lonjakan Trafik Data 4 Operator dan Paket Data Khusus Untuk Belajar dan Bekerja Dari Rumah
Kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital itu disumbang oleh tumbuhnya layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) yang mencapai 236%, games online sebesar 117%, komunikasi pesan instan sebesar 19% serta layanan digital berbasis cloud storage yang meningkat hingga 18%.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya