Kemendikbud Siapkan Aplikasi Android dan Portal Belajar Jarak Jauh, Cegah Sebaran Covid-19 di Sekolah

Senin, 16 Maret 2020 | 16:15
Hero Images

Belajar di rumah secara online

Nextren.com - Keputusan untuk meliburkan siswa skolah SD hingga SMA di berbagai kota, menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran wabah virus corona.

Masing-masing Gubernur, Bupati atau Walikota tentunya sudah berkoordinasi dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk menentukan jadwal libur, jadwal sekolah kembali, serta kemungkinan untuk memundurkan Ujian Nasional.

Lalu selama siswa diliburkan, bagaimana cara mereka agar bisa tetap belajar dengan baik?

Dalam keterangan di situs resmi Kemdikbud, Mendikbud Nadiem Anwar Makarim memahami kebijakan penghentian aktivitas bersekolah yang diambil Pemerintah Daerah (Pemda), dalam mencegah penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19).

Baca Juga: Cegah Virus Corona Menyebar, Startup WeKiddo Ini Bisa Jadi Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Lewat Smartphone

Hal ini dilakukan setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pemantauan dan koordinasi dengan semua kementerian, lembaga, dan Pemda.

Terkait dengan langkah beberapa Pemda untuk menghentikan sementara aktivitas bersekolah, Kemendikbud menyatakan siap mendukung implementasi penundaan Ujian Nasional (UN) jika diperlukan.

Hal ini demi memastikan keamanan dan keselamatan semua warga sekolah.

Baca Juga: Apakah Benar, Anak Bisa Belajar Efektif Dengan Aplikasi Smartphone

"Dampak penyebaran Covid-19 akan berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Kami siap dukung kebijakan yang diambil Pemda. Keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan itu yang utama," dijelaskan Mendikbud di Jakarta, Sabtu (14/03/2020).

Mendikbud mengapresiasi langkah proaktif yang dilakukan di semua lini pemerintahan daerah serta mitra di kalangan swasta.

"Kemendikbud siap dengan semua skenario termasuk penerapan bekerja bersama-sama untuk mendorong pembelajaran secara online untuk para siswa," ujar Nadiem.

Saat ini, Kemendikbud telah mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar.

Portal Rumah Belajar dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id.

Baca Juga: Socratic, Aplikasi Bantu Pelajar Kerjakan Beragam Soal, Tidak Hanya Matematika

Beberapa fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal.

Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya