Nextren.com - Meluasnya virus Corona di Indonesia, membuat beberapa sekolah diliburkan hingga kantor menganjurkan karyawannya untuk bekerja di dalam rumah.
Termasuk perusahaan besar Gojek, yang menganjurkan karyawan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) satu atau dua hari.
Ada 10 tips yang dibagikan Gojek untuk karyawannya saat bekerja dari rumah yang mungkin bisa saja sobat Nextren ikuti.
Taat Dengan Jam Kantor
Baca Juga: 7 Cara Bekerja Dari Rumah Agar Efektif dan Berhasil
Taat dengan jam kantor merupakan tips dari Gojek untuk karyawan menaruh jadwal jam kantor mereka pada Google Calender sehingga yang lain juga bisa mengikuti.
Update Status
Tips yang satu ini dimaksudkan untuk para karyawan menyalakan notifikasi online pada pesan instan atau aplikasi yang digunakan oleh perusahaan.
Daripada berekspektasi, Gojek menganjurkan karyawan untuk lebih responsif selama bekerja dari rumah.
Baca Juga: Socratic, Aplikasi Bantu Pelajar Kerjakan Beragam Soal, Tidak Hanya Matematika
Buat ruang kerjamu sendiri, walau bekerja dari rumah karyawan juga harus membuat sebuah ruangan menjadi nyaman untuk bekerja.
Beritahu orang rumah ketika kamu sedang bekerja, tips ini dapat membuat kamu bekerja tanpa harus diganggu orang yang ada di rumah.
Bagi yang memiliki anak
Gojek memberikan saran untuk kamu tidak berpikir anak tidak akan mengganggu waktu jam kerja kamu.
Baca Juga: TaniHub Rencanakan Ekspansi Ke Luar Negeri Setelah Lolos Training GVV Grab dan Wabah Corona
Walau mengganggu, tidak apa untuk sesekali anak kamu diajak pada saat rapat, teman sekantor juga harus memaklumi karena jika bekerja dari rumah peran mu ada dua.
Yaitu menjadi seorang karyawan dan seorang orang tua.
Istirahat
Walau bekerja dari rumah, karyawan juga memerlukan waktu istirahat yang dianjurkan satu atau dua jam.
Baca Juga: Grab dan BRI Ventures Bekerjasama Kembangkan Startup di GVV Angkatan 3
Mempertimbangkan penerapan Async Stand-Ups
Async Stand-Ups atau Asynchronous Daily Stand-ups merupakan model komunikasi dalam lingkungan pekerjaan.
Karyawan bisa menanyakannya lewat via Slack atau email, sebagai alternatif menggunakan video call.
Memakai Emoji
Baca Juga: Sesuai Dugaan, Emoji Berbentuk Hati Jadi Emoji Paling Populer di Hari Valentine
Emoji dikatakan dapat mengekspresikan tulisan pada pesan instan yang tidak memiliki intonasi suara.
Jangan menahan pertanyaan, bila pada grup besar pada pesan instan banyak informasi yang tidak menentu dan kamu tahu akan hal itu jangan ditunda untuk disuarakan. Lebih baik ditanyakan daripada tidak.
Lakukan kegiatan lain
Selagi kamu bekerja dari rumah, ada waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan hobi yang sebelumnya hanya bisa dilakukan pada waktu weekend.
Baca Juga: Inilah 5 Aplikasi Wajib Untuk Kalian yang Hobi Olahraga Sepeda
Contoh yang bisa dilakukan ialah menghapal resep untuk diujicobakan, merapikan tanaman di halaman rumah, atau belajar bahasa baru.
Itulah 10 tips bekerja dari rumah untuk karyawan Gojek yang bisa kamu lakukan juga saat sedang bekerja.
(*)