Tips Agar Proyekmu Didukung di Situs Urun Dana

Rabu, 08 Juli 2015 | 09:50
Screenshot

Cuplikan screenshot beberapa situs Crowdfunding di Indonesia: KitaBisa, Wujudkan dan AyoPeduli.

Ketika kamu punya ide menarik yang bisa dituangkan menjadi produk atau jasa, tantangan berikutnya adalah menghimpun dana sebagai modal awal. Nah, saat ini mulai banyak situs penghimpun dana (crowdfunding) yang mempertemukan penggagas dan pemberi modal.

Sebut saja Kickstarter dan IndieGoGo yang sudah terkenal seantero ranah maya. Di level lokal, ada pula situs penghimpun dana Wujudkan.com dan Kitabisa.comJika wadah mencari duit sudah ada, kamu harus berpikir bagaimana caranya produk atau jasa yang kamu tawarkan bisa dilirik netizen dan menggerakkan mereka untuk menyumbang.

Ini bukan hal mudah. Sebab, ada ribuan proyek yang tiap harinya butuh donasi. Tapi, ada beberapa tips dasar yang bisa kamu jadikan patokan untuk "menjual" ide kamu agar didukung banyak orang. Berikut di antaranya.

1. Bikin gambar proyek yang menarik perhatian.

Gambar produk yang kamu pampang pada situs penghimpun dana adalah kesan pertama yang dilihat netizen. Jika gambarnya kurang menarik, netizen akan malas membaca konsep proyekmu dan hal-hal lainnya.

Maka pastikan gambar produkmu punya nilai estetis yang tinggi, tak rumit, dan memiliki paduan warna yang pas. Resolusi gambar pun harus diperhatikan. Jangan sampai kamu memamerkan gambar produk dengan kualitas foto buram atau pecah.

2. Penjelasan yang sistematis.

Jelaskan proyekmu dengan sistematis dan sisipkan banyak unsur visual. Jangan bertele-tele dengan konsep atau latar belakang. Jangan pula menggunakan bahasa ruwet.

Bikin kemasan presentasi yang enak dipandang, dibaca dan dimengerti.

3. Bikin video proyek sekreatif mungkin.

Bikin video tak harus menggunakan modal besar agar terlihat elegan dan mahal. Kamu bisa bikin video yang unik.

Video tak perlu panjang. Yang penting, videomu mampu membuat netizen paham tentang konsepmu. Sebab, beberapa hal tak bisa dijelaskan hanya dengan tulisan.

Ingat, kamu perlu menyisipkan keterangan atau judul untuk tiap-tiap fitur produk pada tayangan video. Hal ini akan membuat video kreatifmu lebih terakses oleh siapapun.

4. Perbarui informasi produkmu

Kamu harus sering-sering memperbarui informasi terkait produk godokanmu. Sisipkan pula foto dan video saat kamu memberikan informasi teranyar.

Jika informasimu dianggap menarik untuk dibagi, netizen akan menyebar informasi itu. Sehingga semakin banyak yang tahu produkmu. Dari situ, makin banyak pihak yang akan mendukung proyekmu.

5. Libatkan pendukungmu

Kamu bisa membuat pendukungmu punya rasa keterikatan dengan proyek yang kamu buat dengan melibatkan peran mereka. Misalnya dengan meminta saran dari mereka dalam menamai produkmu.

6. Jangan fokus pada uang saja.

Jelaskan pada dunia bahwa apa yang kamu lakukan adalah hal keren dan berguna bagi orang banyak. Jangan biarkan mereka berpikir bahwa mendukung produkmu berarti membeli barang yang nantinya akan usang.

Proyek terbaik tak memberikan pengalaman berbelanja, namun menciptakan peradaban dan budaya baru.

7. Jangan remehkan imbalan.

Beri imbalan yang unik bagi para pendukungmu. Hal ini bisa memacu hasrat mereka untuk mendukung, dan bahkan untuk mendukung dengan nominal besar.

Tag :

Editor : Reza Wahyudi

Sumber : Kickstarter

Baca Lainnya