Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo
Nextren -TikTok, aplikasi video hiburan yang satu ini masih belum habis diperbincangkan.
Aplikasi yang awalnya sempat diremehkan, TikTok nyatanya berhasil jadi salah satu aplikasi dengan jumlah unduhan terbanyak di tahun 2020.
Baca Juga: Viral! Begini Komentar Menohok Bowo untuk Para Artis yang Baru Ikut Main TikTok
Melihat kesuksesan ini perusahaan induk TikTok, yakni ByteDance, pastinya ingin terus memberikan inovasi.
Yang terbaru, TikTok disebut sedang menyiapkan desain tampilan baru untuk halaman Profile aplikasi mereka.
Perubahan desain ini pertama kali diketahui oleh reporter New York Times, Taylor Lorenz.
Baca Juga: TikTok Ikut Membantu Pemerintah China Memerangi Wabah Virus Corona
Lewat akun Twitter resminya hari ini, Selasa (4/1), Lorenz membagikan gambar screenshot yang menunjukkan desain tampilan baru tersebut.
"Sepertinya TikTok sedang mendesain ulang profil pengguna agar telihat hampir persis seperti Instagram," tulis Lorenz.
Looks like TikTok is redesigning user profiles to look almost exactly like Instagram (new design vs old) pic.twitter.com/uQAHPwaZohBaca Juga: Demi Bisa Eksis di TikTok, Wulan Guritno Rela Latih Gerakan Sampai Satu Minggu— Taylor Lorenz (@TaylorLorenz) February 3, 2020
Yap, desain baru yang ditampilkan memang sekilas sangat mirip dengan tampilan halaman profil dari Instagram.
Mulai dari foto profil yang ada di bagian kiri, tombol follow di sebelah kanannya, sampai susunan biodata, serta following dan followers list-nya.
Perubahan desain ini juga dibenarkan oleh jurubicara TikTok kepada The Verge.
Baca Juga: 3 Tips Bagi Kamu yang Mau Manfaatkan TikTok Sebagai Alat Marketing Produk
Pihaknya mengonfirmasi kalau saat ini mereka sedang menguji coba desain profil baru demi memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.
"Kami selalu mencari cara untuk meningkatkan user experienxe di TikTok.
"Kamu sedang menguji desain dan fungsionalitas profil untuk akhirnya memberi lebih banyak cara bagi pengguna untuk mempersonalisasikan dan makin terikat dengan profil mereka," ungkapnya.
Baca Juga: Awas! Tren Berbahaya di TikTok dengan Masukkan Koin ke Charger iPhone
Tiru-meniru desain dalam bisnis digital seperti ini memang sudah sangat wajar terjadi.
Saking wajarnya, kesamaan desain yang nyaris 100 persen pun sekarang sudah dimaklumi.
Bukan cuma desain, bahkan banyak layanan yang juga terang-terangan meniru fitur dari layanan lain yang dianggap lebih sukses.
Instagram sendiri dianggap meniru konsep Snapchat untuk digunakan dalam fitur Story yang sekarang justru jauh lebih digilai pengguna. (*)
Baca Juga: Kekayaan Budaya Tegal Hadir di TikTok, Bahasa Ngapak, Sedekah Bumi dan Situs Harta Karun